Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Perbedaan Ikan Kakap Merah dan Ikan Kakap Putih yang Perlu Diketahui

List Artikel
6 Januari 2024 | 0 Komentar

Indonesia terkenal dengan kekayaan ragam hasil lautnya, salah satunya adalah ikan kakap. Ikan kakap merupakan ikan laut yang paling banyak digunakan dalam dunia kuliner Indonesia. Ikan ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan daging yang tebal. Tak heran kalau banyak orang yang menyukainya. Meski begitu, harganya terbilang cukup tinggi, rata-rata dibanderol seharga mulai dari Rp100.000. Oleh karena itu, ikan kakap biasanya dijual dalam bentuk potongan supaya harganya lebih murah. Ikan kakap yang utuh biasanya disajikan untuk 2-4 porsi, mengingat ukuran ikan kakap lebih besar dari ikan-ikan lainnya.


Menariknya, perlu kamu ketahui bahwa ikan kakap memiliki dua jenis, yakni yang berwarna putih dan yang berwarna merah. Kebanyakan orang hanya bisa membedakan berdasarkan warna luarnya saja. Namun, ternyata keduanya juga memiliki perbedaan dalam tekstur, rasa, dan penggunaan dalam masakan. Hal inilah yang memunculkan preferensi orang yang lebih suka ikan kakap merah atau ikan kakap putih. Kamu sendiri, kira-kira lebih suka yang mana? Kalau masih bingung, di bawah ini ada beberapa perbedaan ikan kakap merah dan ikan kakap putih yang perlu kamu ketahui.



Sumber: 123rf.com

 

Dari Segi Tekstur dan Tampilan


Perbedaan yang pertama antara ikan kakap merah dan ikan kakap putih terletak pada teksturnya. Meski sama-sama ikan kakap, tekstur dari ikan kakap merah berbeda dengan tekstur ikan kakap putih. Ikan kakap merah memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah hancur jika dibandingkan dengan ikan kakap putih yang cenderung lebih kenyal. Tampilan ikan kakap merah juga jauh lebih menarik jika dibandingkan dengan ikan kakap putih. Warna kulit ikan kakap merah cenderung putih agak merah jambu, sedangkan ikan kakap putih memiliki kulit luar yang agak hitam keabuan dengan warna daging yang putih.


Dari Segi Rasa


Jika dilihat dari segi rasa, ikan kakap merah dan ikan kakap putih sudah pasti berbeda. Ikan kakap putih cenderung memiliki rasa yang agak asin layaknya seafood pada umumnya. Jadi, saat mengolah ikan kakap putih, biasanya hanya diberi sedikit tambahan garam agar rasanya tidak terlalu asin. Meski rasa ikan kakap putih agak asin, ada campuran rasa manis di dalamnya. Sementara itu, ikan kakap merah memiliki rasa yang cenderung lebih gurih. Perbedaan rasa inilah yang membuatnya digunakan dalam masakan yang berbeda-beda. Kalau kamu lebih suka ikan yang ada sedikit rasa manis pada dagingnya, pilihlah ikan kakap merah, tetapi kalau mau yang rasanya lebih gurih, pilihlah ikan kakap putih.

 

Dari Segi Penggunaan


Pilihan antara ikan kakap merah dan putih dapat ditentukan berdasarkan kebutuhan dalam olahan masakan. Karena tekstur dan rasanya berbeda, maka penggunaan dalam masakannya juga berbeda-beda. Ikan kakap merah yang dagingnya lebih lembut dan mudah hancur biasanya disajikan dalam keadaan utuh atau dalam potongan besar untuk hidangan seperti gulai, sup, atau langsung dibakar. Sebaliknya, ikan kakap putih yang tekstur dagingnya cenderung kenyal biasanya dipotong kecil-kecil saat diolah karena tidak mudah hancur. Kebanyakan ikan kakap putih sering kali dijadikan fillet yang digoreng tepung atau dimasak lagi dengan siraman saus asam manis atau saus padang.

 

Itulah perbedaan ikan kakap merah dan ikan kakap putih yang perlu kamu ketahui. Semoga setelah membaca perbedaan di atas, kamu bisa lebih mudah menentukan pilihan antara ikan kakap merah atau ikan kakap putih sesuai kebutuhan masakan dan preferensi. Buat yang suka menyantap olahan ikan, di bawah ini ada beberapa tempat makan yang bisa kamu datangi. Yuk, coba lihat!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Bakso Ikan Asli Alie

Foto Bakso Ikan Asli Alie
Foto Bakso Ikan Asli Alie
Foto Bakso Ikan Asli Alie

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Dapoer Pandan Wangi

Foto Dapoer Pandan Wangi
Foto Dapoer Pandan Wangi
Foto Dapoer Pandan Wangi

Tsamara Resto & Function Hall

Foto Tsamara Resto & Function Hall
Foto Tsamara Resto & Function Hall
Foto Tsamara Resto & Function Hall

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?