Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Perbedaan Lumpia dan Risoles, Kamu Wajib Tahu!

List Artikel
6 Oktober 2020 | 0 Komentar

Buat kamu yang suka ngemil pastinya mengenal dua cemilan ini, yakni risoles atau yang sering dikenal dengan sebutan risol dan lumpia. Keduanya sangat mudah ditemukan di toko jajanan tradisional atau ditoko kue online. Berbicara tentang risoles dan lumpia, tak sedikit orang yang salah mengenali keduanya. Kadang risoles disebut lumpia, begitupula sebaliknya. Ada satu hal yang membuat risoles dan lumpia salah dikenali yakni karena bentuknya yang sama-sama persegi panjang dengan lipatan di kedua sisinya. Padahal jika dilihat lebih teliti lagi banyak banget nih perbedaan antara lumpia dan risoles. Mau tau apa bedanya? Baca artikel ini sampai habis ya!


 

Sumber: Detik.net.id


Dari Segi Kulit

Perbedaan yang pertama dari segi kulitnya. Kulit lumpia bisa dengan mudah dijumpai di pasaran sedangkan untuk kulit risoles, kamu harus membuatnya dulu. Kulit lumpia dibuat dari campuran air, tepung, putih telur, minyak, dan garam. Sedangkan kulit risoles dibuat dari campuran telur, susu, dan margarin. Berhubung menggunakan susu, maka tekstur dari kulit risoles lebih kenyal sedangkan kulit lumpia lebih tipis dan mudah pecah.


Dari Segi Tekstur

Kalau dilihat dari segi teksturnya, sebelum digoreng, kulit lumpia teksturnya kasar sedangkan kulit risoles teksturnya halus dan lentur. Tapi setelah digoreng, tekstur kulit lumpia jauh lebih krispi dan renyah karena tidak ada bahan pelapis. Sementara untuk tekstur kulit risoles sama-sama garing karena ada lapisan tepung panirnya, tapi tidak serenyah kulit lumpia yang sudah digoreng.


Dari Segi Isian

Kalau dilihat dari segi isiannya, lumpia dan risol bisa memiliki isian yang berbeda-beda. Kebanyakan risoles memiliki isian ragout, smoked beef dan mayonaise, hingga tumisan daging cincang. Hanya saja untuk lumpia isiannya bisa berupa rebung seperti lumpia khan Semarang maupun tumisan bihun dan sayur. Isian risoles dan lumpia sebenarnya bisa saja ditukar, yakni isian risoles untuk lumpia, begitu pula sebaliknya karena keduanya ini nantinya akan sama-sama digoreng.



Sumber: Idntimes.com 


Dari Segi Bentuk dan Tampilan

Sebenarnya, cara yang paling mudah untuk mengenali keduanya adalah dengan melihat bentuk dan tampilannya. Untuk bentuk lumpia hanya persegi panjang saja dengan tampilan yang glossy dan permukaan atasnya halus. Sedangkan untuk risol, ada yang berbentuk persegi panjang dan ada juga yang berbentuk segitiga. Risoles punya tampilan luar yang kasar karena ada lapisan tepung panirnya.


Dari Segi Cita Rasa

Terakhir dari segi cita rasanya. Sebenarnya citarasa dari risol dan lumpia ini bisa dibedakan tergantung dari isiannya. Karena beda isian, maka pasti citarasanya akan berbeda. Tapi kebanyakan lumpia punya rasa gurih asin, sedangkan risoles punya rasa yang gurih dan creamy.


Itulah beberapa perbedaan antara lumpia dan risoles. Gimana, beda banget kan teman kuliner? Setelah membaca artikel ini, semoga teman kuliner tidak keliru lagi ya membedakan keduanya. Biasanya baik lumpia maupun risoles dapat dengan mudah ditemui di tempat-tempat yang menjual gorengan atau di toko-toko kue tradisional seperti rekomendasi Pergikuliner di bawah ini. 

Kafe Lumpia Semarang

Foto Kafe Lumpia Semarang
Foto Kafe Lumpia Semarang

RM Boulevard Lumpia Semarang Asli

Foto RM Boulevard Lumpia Semarang Asli

Verina Risoles

Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?