Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Perbedaan Nasi Liwet Solo vs Nasi Liwet Bandung

List Artikel
8 Juni 2017 | 0 Komentar

Suka makan makanan tradisional khas Indonesia? Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kuliner nasi liwet yang merupakan nasi putih yang disajikan bersama dengan lauk pauk seperti ayam, daging, telur, hingga aneka sayuran. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada dua jenis nasi liwet yang ada di Indonesia, yakni nasi liwet Solo dan nasi liwet Bandung. Meski keduanya sama-sama dinamai nasi liwet, tapi ternyata ada perbedaan yang sangat jelas di antara keduanya.



Nasi Liwet Solo (Sumber: pergikuliner.com)

 

Nasi liwet Solo awalnya berasal dari kebiasaan masyarakat Jawa yang selalu menyajikan nasi samin saat upacara keagamaan, kenduri, serta sekaten. Berhubung nasi samin sulit dibuat, maka diadopsilah sebagian resep nasi samin menjadi nasi liwet Solo yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan beserta rempah-rempah sehingga aromanya sangat wangi. Sedangkan nasi liwet Bandung berasal dari kebiasaan masyarakat Bandung yang sangat suka menyantap makanan beramai-ramai agar terjalin rasa kekeluargaan.



Nasi Liwet Bandung (Sumber: pergikuliner.com)

 

Tak seperti nasi liwet Solo yang menggunakan santan, nasi liwet Bandung tidak menggunakan santan sama sekali. Sebagai gantinya ada ikan teri atau ikan asin dan bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, sereh, salam, langkuas, serta jahe yang dimasukkan saat memasak nasi sehingga aroma rempahnya tak kalah wangi. Tidak adanya penggunaan santan pada nasi liwet Bandung karena daerah Bandung yang merupakan dataran tinggi, tidak seperti daerah Jawa Tengah yang memiliki banyak pantai sehingga kelapa bisa dengan mudah didapat.



Nasi Liwet Solo (Sumber: pergikuliner.com)


Dari segi lauk pauknya, nasi liwet Solo disajikan dengan kuah areh yang terbuat dari santan kelapa, suwiran daging ayam opor, telur pindang, ati ayam, sayur labu siam, dan tak ketinggalan sambal. Sedangkan nasi liwet Bandung disajikan dengan aneka lauk pauk goreng dan bakar seperti ayam goreng, ikan bakar, tempe tahu goreng, sambal terasi atau sambal dadak, dan lalapan segar.



Nasi Liwet Bandung (Sumber: pergikuliner.com)

 

Dari segi penyajiannya juga sangat berbeda. Nasi liwet Solo yang dijual di daerah asalnya disajikan dalam pincuk yang dialasi daun pisang. Sedangkan yang dijual di Jakarta disajikan di atas piring dengan alas daun pisang. Meski sama-sama disajikan beralaskan daun pisang, nasi liwet Bandung disajikan secara vertikal dalam jumlah porsi lebih dari empat orang. Cara memakannya pun berbeda karena harus menggunakan tangan agar citarasanya jadi lebih sedap.

 

Sekarang sudah tahu khan perbedaan keduanya. Bagaimana jika kamu langsung mencobanya di restoran yang direkomendasikan PergiKuliner ini!

Dapur Solo

Foto Dapur Solo
Foto Dapur Solo

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

Opah Mami

Foto Opah Mami
Foto Opah Mami

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?