Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Perdebatan Abadi "Tomat, Sayur atau Buah?" Kini Terjawab Sudah

List Artikel
14 April 2019 | 0 Komentar

Sama seperti ayam dan telur yang menjadi perdebatan abadi: mana yang duluan, tomat juga jadi bahan perdebatan di dunia kuliner. Tomat selama ini diragukan 'statusnya'. Apakah ia termasuk sayur atau buah? Bukan tanpa alasan, perdebatan yang terjadi tentang tomat ini hadir karena dilihat dari bentuknya, tomat seharusnya masuk dalam keluarga buah-buahan. Seperti penyebutannya juga, kita menyebut ‘buah tomat’. Namun dalam praktik penggunaan sang tomat, tomat digunakan bukan selayaknya buah melainkan lebih seperti sayur.



Sumber : Alodokter.com


Bukan main-main, perdebatan ini berlangsung setidaknya hingga abad ke-19. Perdebatan ini, saking membuat “gaduh”, akhirnya membuat pihak pengadian Amerika, US Supreme Court, membawanya ke sidang pengadilan dengan kasus: "Apakah tomat termasuk sayur atau buah?" Menilik sejarah, perdebatan ini sesungguhnya dimulai setelah importir buah beradu argumen soal tomat. Hal ini karena berpengaruh pada pajak yang dikenakan kepada para importir. Kala itu tomat digolongkan sebagai buah alih-alih sayur. Untuk buah, tidak akan dikenakan pajak, sementara sayur dikenakan pajak 10 persen untuk impor. 


Mengutip The Daily Meal, secara botani, tomat tergolong kepada buah. Dalam urusan botani, pengkategorian buah mengacu pada struktur benih pada tanaman yang berbunga. Oleh karenanya pengadilan akhirnya mengambil keputusan bahwa tomat bukanlah buah melainkan sayur. Hal ini merujuk pada penggunaan tomat yang umum sebagai bagian dari sayuran, misalnya salad, sup, dan sandwich.


Sebaliknya, hingga saat ini, tomat belum ditemukan digunakan sebagai bagian dari kue kering, kue bolu, makanan pencuci mulut, dan makanan lain yang umum menggunakan buah. Maka tomat pun secara legal, dengan masih bersepakat dengan dunia botani yang mengkategorikannya sebagai buah karena struktur, digolongkan sebagai sayuran. Oleh karenanya, hari ini tomat dikenai pajak sayuran untuk impor.


Nah, sudah ada jawaban pasti dari ketidakjelasan tomat selama ini. Selamat, kamu bisa menjawab pertanyaan sok menjebak teman kamu dengan fakta mulai saat ini.

Liang Sandwich Bar

Foto Liang Sandwich Bar
Foto Liang Sandwich Bar
Foto Liang Sandwich Bar

The Betawi Salad

Foto The Betawi Salad
Foto The Betawi Salad
Foto The Betawi Salad

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?