Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Perlukah Menyemprot Kemasan Makanan dengan Disinfektan?

List Artikel
16 Juli 2020 | 0 Komentar

Krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 belum kunjung berakhir. Hingga sekarang, negara-negara di dunia, termasuk Indonesia masih terus bertarung melawan virus yang tak kasat mata ini. Covid-19 memang bisa ditularkan dari manusia ke manusia melalui udara atau sentuhan langsung, baik itu dengan orang yang tertular maupun benda yang digunakan orang tersebut. Untuk menyikapinya Pemerintah di Indonesia sendiri pernah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan sekarang mulai diberlakukannya era normal baru atau new normal dimana masyarakat Indonesia kini sudah bisa beraktifitas kembali seperti semula meskipun tetap diminta waspada dan menjalankan protokol kesehatan yang ada. 



Sumber: Gulfnews.com


Salah satu kebiasaan masyarakat baik saat sebelum PSBB, masa PSBB hingga masa new normal ini adalah gemar memesan makanan melalui jasa pesan antar atau ojek online. Jika sebelum adanya pandemi kita tidak perlu mengkhawatirkan apapun, tetapi beda di masa sekarang. Terkadang rasa paranoid yang berlebihan membuat kita bertanya-tanya, amankah makanan yang dipesan? Apakah saat makanan tersebut sampai, kita harus membersihkannya atau bahkan menyemprotkan plastik pembungkus makanan yang kita pesan menggunakan disinfektan terlebih dahulu agar aman? Menurut banyak pakar kesehatan, makanan delivery tidak perlu disemprot dengan disinfektan ketika kamu terima. Lantas, apakah aman? Tentu saja aman. 



Sumber: Technesia.com


Ketika kita memesan makanan, biasanya dus makan akan dilapisi dengan plastik untuk memudahkan membawanya. Ditambah lagi saat ini, sudah banyak pihak restoran dan kafe yang memasang tali kait pada bagian plastik sehingga udara luar tidak bisa masuk ke dalam wadah makanan. Dengan adanya dua lapisan tersebut, yakni wadah makanan dan plastik pembungkusnya, maka makanan yang ada di dalamnya tidak akan mudah terkontaminasi oleh paparan virus corona. 

Sebagai pencegahan agar kamu tidak was-was lagi, sebaiknya setelah menerima makanan delivery. Buka bungkusan plastik luarnya lalu buang plastik tersebut. Kemudian cuci tangan terlebuh dahulu karena bagian plastik luar yang rentan terkontaminasi virus corona. Setelah mencuci tangan hingga bersih, barulah buka wadah makanan dan langsung pindahkan ke mangkuk atau piring pribadi milikmu. Dengan begitu, kamu bisa dengan aman menyantap makanan yang dipesan melalui delivery order


Menyemprotkan disinfektan pada makanan justru akan membuat makanan tersebut terkena zat-zat kimia yang berbahaya jika sampai masuk ke dalam tubuh. Jadi, mulai sekarang kamu tak perlu menyemprotkan disinfektan lagi ke kemasan makanan ya! Pihak restoran dan kafe juga sudah menerapkan protokol kesehatan sehingga makanan yang kamu santap sudah pasti terjamin keamanannya.

Lawless Burgerbar

Foto Lawless Burgerbar
Foto Lawless Burgerbar
Foto Lawless Burgerbar

Flip Burger

Foto Flip Burger
Foto Flip Burger
Foto Flip Burger

Burger King

Foto Burger King
Foto Burger King
Foto Burger King

Pizza Place

Foto Pizza Place
Foto Pizza Place
Foto Pizza Place

Pizza Maru

Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?