Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Persiapan Musim Hujan: Makanan dan Minuman Penghangat Badan

List Artikel
28 Februari 2019 | 0 Komentar
Akhir-akhir ini hujan sering mengguyur kota dan pelosok desa walau belum masuk musim penghujan. Kehangatan pun dibutuhkan di kala dingin kerap menyerang tubuh ini. Entah itu kehangatan makanan, minuman, atau pelukan (iya, pelukan!). Tapi berhubung cara terbaik melawan suhu dingin adalah dengan menghangatkan tubuh dari dalam, maka kali ini kita akan membahas makanan dan minuman apa yang mampu menghangatkan. Bukan pelukan semacam apa yang bisa menghangatkan.

 


Sumber : Pergikuliner.com


Proses menghangatkan tubuh melalui makanan atau minuman dapat disebut dengan proses thermogenesis. Setelah makanan masuk ke dalam tubuh, sistem pencernaan akan memulai tugasnya, yaitu mencerna makanan selama beberapa saat. Makanan yang sudah dicerna ini akan diubah tubuh menjadi semacam energi untuk menggerakkan tubuh, yang bisa menghangatkan tubuh dari luar. Sebagian energi sisanya diubah menjadi panas yang digunakan untuk memelihara temperatur dalam tubuh.

Dilansir dari Live Strong, The National Council of Strength and Fitness melaporkan bahwa jumlah panas yang dihasilkan dari makanan tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi dan jumlah kalori dalam makan tersebut. Berikut beberapa makanan dan minuman yang mampu menghangatkan badan untuk persiapan di kala dingin menyerang.


Kopi



Sumber : Pergikuliner.com


Seperti yang kita tahu, kopi mengandung kafein yang bersifat termogenik yang berarti membantu meningkatkan metabolisme sehingga menstimulasi pelepasan asam lemak dari jaringan lemak tubuh. Asam lemak yang dihasilkan ini akan mampu menaikkan suhu dari dalam dikala tubuh membutuhkannya. Selain memberi kehangatan dari dalam tubuh, kopi dan kegiatan ngopi juga akan mampu membuat hubungan kamu dengan si dia hangat.


Oatmeal



Sumber : Healthy Vega


Bukan hanya sebagai menu sarapan, semangkuk oatmeal hangat sangat cocok dinikmati di saat musim penghujan. Oatmeal merupakan whole grain (biji-bijian utuh) sehingga mengandung serat dan protein yang tinggi. Tubuh senantiasa merasa hangat ketika perut kenyang. Mengonsumsi oatmeal juga akan menjaga perut tetap kenyang dalam jangka waktu panjang.


Kacang-kacangan



Sumber : Point Alaligne


Kacang diketahui memiliki kandungan tinggi vitamin B3 yang melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Kedua hal ini akan mampu membantu meningkatkan suhu tubuh. Dengan lemak sehat dan protein yang tinggi, kacang bisa menjadi pilihan camilan yang sehat untuk menghangatkan tubuh. Kamu bisa memilih semangkuk bubur kacang hijau hangat lengkap dengan campuran ketan hitam sebagai persiapan menghadapi musim hujan.


Daging Rendah Lemak



Sumber : Pergikuliner.com


Kekurangan zat besi dalam tubuh akan menjadikan kita kerap merasa kedinginan. Yang paling terasa adalah pada bagian telapak tangan dan kaki. Banyak sayuran dan biji-bijian yang memiliki kandungan zat besi. Namun jika kamu bosan untuk mengkonsumsi sayuran atau biji-bijian, kamu juga bisa mendapatkan zat ini lewat mengkonsumsi daging. Pilihlah daging rendah lemak agar lebih sehat dan mantap dalam memberikan kehangatan.


Jahe



Sumber : Pergikuliner


Jahe mampu meningkatkan proses termogenik sehingga dapat menghangatkan tubuh. Di sisi lain, jahe juga mampu menekan nafsu makan. Jahe sudah dikenal mampu menghangatkan perut dan menghilangkan mual. Selain menambahkan jahe sebagai bumbu ke dalam masakan, kamu juga bisa mengkonsumsi jahe sebagai minuman olahan. Seperti wedang ronde, bajigur, bandrek dan sebagainya dengan tambahan pisang rebus sebagai cemilan pelengkap.


Minyak Kelapa



sumber: Alodokter


Seperti kacang-kacangan, kelapa juga kaya lemak baik yang menghangatkan tubuh. Minyak kelapa memicu metabolisme tubuh sehingga memberikan energi untuk menghangatkan tubuh. Minyak kelapa juga memiliki fungsi anti virus dan menstabilkan gula darah. Kamu bisa menambahkan minyak kelapa ke dalam masakan untuk memberikan energi baru dan kehangatan dari dalam tubuh.


Cabai



Sumber : Idntimes


Proses mencerna capsaicin, zat yang memberi rasa pedas pada cabai, juga akan memberi perasaan hangat pada tubuh. Walau nantinya zat yang dihasilkan cabai ini akan menghasilkan keringat, namun sensasi panas dari capsaicin akan mampu menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang mampu memberi kehangatan dari dalam tubuh, jika untuk berpelukan kamu tak mampu, maka ada pilihan makanan dan minuman yang bisa menjadi senjata untuk memerangi cuaca dingin yang melanda akhir-akhir ini. Jika kehabisan ide mengenai makanan yang mampu menghangatkan tersebut, kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Seblak Jeletet Murni

Foto Seblak Jeletet Murni
Foto Seblak Jeletet Murni
Foto Seblak Jeletet Murni

Ayam Gepuk Pak Gembus

Foto Ayam Gepuk Pak Gembus
Foto Ayam Gepuk Pak Gembus

One Eighty Coffee and Music

Foto One Eighty Coffee and Music
Foto One Eighty Coffee and Music
Foto One Eighty Coffee and Music

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?