Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pertanda Kamu Kekurangan Zat Besi, Langsung Makan Ini Yuk!

List Artikel
5 Maret 2019 | 0 Komentar
Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin, mineral dan juga zat besi yang mencukupi. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka tubuh bisa dengan mudah terserang penyakit. Berbicara tentang zat besi, kandungan gizi ini memang wajib dipenuhi oleh tubuh dengan kadar yang tepat karena ternyata bisa muncul beragam masalah jika tubuhmu kekurangan zat besi. Untuk mengetahui apakah tubuhmu kekurangan zat besi, ada beberapa pertanda yang bisa kamu ketahui, yaitu:


Sumber : Tasteofhomemade.com

1. Mudah Lelah
Pertanda yang pertama adalah tubuhmu akan mudah terasa lelah. Padahal kamu tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini dikarenakan zat besi digunakan oleh tubuh untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ-organ di tubuh. Jadi wajar saja kalau tubuhmu akan merasa kelelahan karena tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang mencukupi.

2. Wajah Terlihat Pucat
Pertanda selanjutnya adalah wajah yang terlihat lebih pucat seperti tidak tidur semalaman. Bagaimana cara mengetahui kalau wajah kita terlihat pucat? Kamu bisa mengenalinya dari warna bibir yang tidak merah alias cenderung berwarna merah muda pucat, kelopak bagian bawah mata yang kehitaman, hingga gusi yang berwarna keputihan. Jika terjadi tanda-tanda seperti itu, tubuhmu sudah pasti kekurangan zat besi.

3. Memiliki Nafas yang Pendek
Kadar zat besi yang kurang mencukupi tubuh akan membuat kamu sering kehabisan nafas alias sering ngos-ngosan. Apalagi jika sedang melakukan kegiatan fisik yang ringan seperti naik tangga hingga berjalan kaki. Nafas yang pendek ini bisa diakibatkan oleh oksigen yang tidak bisa disalurkan dengan baik ke saluran pencernaan.

4. Debaran Jantung Tidak Teratur
Pertanda lain bisa dilihat dari debaran jatung yang tidak beraturan selama beberapa detik hingga menit.  Padahal kamu tidak melakukan aktivitas apapun. Ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan zat besi sehingga membuat debaran jantung jadi tidak menentu. 

5. Mudah Sakit
Pertanda yang terakhir adalah tubuhmu lebih mudah sakit, terutama terkena flu dan demam. Ini disebabkan karena kurangnya zat besi sehingga daya tahan tubuh dan metabolisme tubuh jadi lebih menurun. Turunnya daya tahan tubuh bisa membuat kamu tentan terkena penyakit meskipun kamu tidak terlalu lelah. 

Jika kamu mengenali tanda-tanda di atas, maka segera konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, bayam, kangkung, brokoli, hingga sayuran hijau lainnya ya. Dengan begitu, tubuh akan segera memproduksi zat besi yang bisa disebarkan ke seluruh tubuh. Bagi kamu yang tak mau repot untuk berbelanja dan memasaknya sendiri, kamu bisa langsung saja datang ke tempat-tempat makan berikut ini ya!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

The Betawi Salad

Foto The Betawi Salad
Foto The Betawi Salad
Foto The Betawi Salad

Oranje Juicery

Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery

Nalu Bowls

Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?