Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Perut Sering Kembung Setelah Makan Salad, Ini Dia Alasannya!

List Artikel
24 September 2019 | 0 Komentar

Salad merupakan salah satu jenis kuliner yang terbuat dari bahan-bahan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta kacang-kacangan. Bahan-bahan tersebut ada yang disajikan dalam keadaan mentah dan ada yang dalam keadaan matang. Sebelum disajikan, salad disiram dengan dressing saus terlebih dahulu agar citarasanya jadi lebih enak. Salad bisa disantap oleh siapa saja, tapi orang-orang yang paling banyak mengonsumsinya adalah orang yang sedang diet atau sedang menerapkan pola makan sehat. Ketika menyantap salad, ada satu kendala yang paling sering dialami, yakni perut yang terasa kembung. Sebenarnya apa alasan perut menjadi kembung? Coba kita cek dulu!



 Sumber : Pergikuliner.com


Pemilihan Dressing Salad
Alasan pertama perutmu sering kembung setelah makan salad adalah karena memilih dressing salad yang tidak benar. Coba ingat-ingat lagi, apakah dressing saladmu punya kandungan minyak, garam dan gula? Jika iya, bisa jadi itu adalah penyebab perutmu kembung. Coba ganti dressing salad dengan perasan air jeruk lemon supaya bisa menstimulasi enzim pencernaan.
 
Sayur yang Disantap Masih Mentah
Alasan kedua adalah karena kamu menyantap salad yang masih mentah. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu menyantap salad yang terbuat dari sayur-sayuran. Sayur yang masih mentah mengandung serat yang lebih banyak. Akibatnya perut akan cepat kembung karena tubuh tidak bisa menrolerir asupan nutrisi besar dalam waktu bersamaan. Jika ingin tetap makan salad sayuran mentah, kamu bisa mengurangi porsinya dan menambahkan beberapa sayuran matang.
 
Terlalu Banyak Garam dan Gula
Penyebab lain perutmu terasa kembung setelah makan salad bisa jadi karena saladmu tersebut mengandung banyak garam dan gula. Memangnya dalam salad ada kandungan garam dan gulanya? Jika kamu menambahkan kacang-kacangan yang digoreng atau keripik, sudah pasti akan ada kandungan minyaknya. Sedangkan kandungan gula bisa didapat dari salad dressingnya atau buah-buahan kering yang dicampurkan di dalamnya.
 
Porsi Salad Terlalu Besar
Kita selalu menganggap kalau makan salad sebanyak apapun tidak akan bisa gemuk. Salad memang kuliner yang menyehatkan, tapi bukan berarti kamu bisa menyantapnya hingga kekenyangan. Porsi salad yang terlalu besar bisa membuat perutmu kembung. Apalagi kalau dalam satu porsi saladmu tersebut isinya hanya serat saja alias sayur-sayuran dan buah-buahan tanpa adanya daging atau telur yang menjadi sumber protein.
 
Makan Salad dalam Keadaan Perut Keroncongan
Alasan yang terakhir adalah kamu makan salad dalam keadaan perut yang sedang lapar berat. Berhubung kadar serat yang ada pada salad terbilang tinggi, jadi ketika kamu menyantapnya, maka perut akan memproduksi gas lambung. Jika ingin tetap makan salad saat lapar, cobalah untuk meminum air putih terlebih dahulu baru menyantap salad secara pelan dan mengunyahnya hingga lembut.
 
Itulah beberapa alasan logis mengapa perutmu sering kembung setelah makan salad. Sekarang sudah tahu kan alasannya? Nah, mari intip dulu yuk beberapa rekomendasi salad yang bisa kamu coba cicipi berikut ini!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Salad Bar by Hadi Kitchen

Foto Salad Bar by Hadi Kitchen
Foto Salad Bar by Hadi Kitchen

The Local Garden

Foto The Local Garden
Foto The Local Garden
Foto The Local Garden

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?