Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pie vs Pia, Bisakah Kamu Membedakan Keduanya?

List Artikel
27 Juli 2019 | 0 Komentar

Siapa yang suka menyantap cemilan? Indonesia yang menjadi surganya kuliner memiliki beragam cemilan, baik itu cemilan tradisional maupun asing. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka nyemil ini menjadi salah satu alasan kenapa ada banyak sekali cemilan yang bisa dengan mudah kamu temukan di Indonesia. Jenis cemilan yang memang banyak ditemukan adalah cemilan bercita rasa manis seperti pie dan pia. Jika orang-orang di luar negeri, terutama negara Eropa dan Amerika Serikat lebih suka menyantap cemilan bercita rasa manis sebagai menu dessert, masyarakat Indonesia justru sangat jarang menyantap cemilan untuk menu dessert. Mereka justru lebih suka menyantapnya saat sedang iseng. Berbicara tentang pia dan pie, keduanya ini memang terdengar serupa dan seringkali orang salah mengenalinya. Padahal keduanya sangat berbeda. Coba lihat apa saja perbedaannya yuk!



Sumber : Piaeiji.com


1. Asal Muasalnya
Jika dilihat dari asal muasalnya, pie dan pia sangatlah berbeda. Pie atau egg tart merupakan cemilan yang asalnya dari China. Egg tart ini bisa dikatakan menjadi salah satu jenis pai yang diadaptasi oleh masyarakat China dengan bentuk yang lebih mungil jika dibandingkan pai kebanyakan. Sedangkan untuk pia merupakan singkatan dari bakpia yang seperti kamu ketahui berasal dari daerah Yogyakarta. Sebenarnya jika dirunutkan sejarahnya, bakpia ini juga disinyalir berasal dari China. Tapi pendapat ini bisa dipatahkan karena di China pia merupakan roti yang isinya daging. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan pia khas Yogyakarta yang isiannya kacang hijau.
 
2. Bahan dan Cara Pembuatan
Untuk bahan pembuatannya, pie dan pia sudah pasti berbeda. Untuk membuat adonan kulit pia diperlukan bahan yang sudah difermentasikan supaya hasilnya kulitnya padat, ditambah lagi pia harus menggunakan tepung terigu. Sedangkan untuk pie ada bahan margarin beku dan tepung maizena kalau ingin tekstur luarnya renyah tapi bagian dalamnya lembut. Untuk cara pembuatannya juga ada perbedaan. Pie harus dioven dua kali setelah bagian kulitnya matang, sedangkan pia tidak perlu dipanggang dua kali. Hanya saja, kamu perlu membolak-baliknya supaya matangnya merata.


3. Tampilan dan Isian
Sebenarnya cara mudah untuk membedakannya adalah dengan melihat tampilannya luarnya karena dari tampilan bisa terlihat perbedaan yang sangat jelas. Untuk pie, berhubung merupakan salah satu jenis pai, maka tampilannya memang seperti pai yang berbentuk bulat mangkok dengan bagian pinggir yang agak bergelombang atau bergerigi. Sedangkan untuk pia tampilannya bulat agak gepeng. Kalau isiannya, untuk pie biasanya diberi topping isian krim susu, keju, dan buah-buahan. Tapi ada juga yang diberi isian daging sapi atau ayam cincang. Sedangkan untuk pia, isiannya khasnya adalah kacang hijau. Tapi ada juga yang di dalamnya berisi kacang merah, keju, durian, ubi ungu, hingga green tea.
 
4. Tekstur dan Cita Rasa
Tekstur pie dan pia tentu saja berbeda. Tekstur pie pinggiran atau kulitnya tidak mudah hancur meski terlihat tipis. Untuk bagian dalam isiannya terbilang sangat lembut dan legit. Untuk pia, tekstur kulit luarnya cenderung mudah rapuh dan hancur dengan isian yang padat dan empuk. Kalau untuk cita rasanya, pie memiliki cita rasa yang manis legit dan pia memiliki cita rasa manis gurih.
 
Itulah beberapa perbedaan dari keduanya. Semoga setelah membaca penjelasan di atas, kamu bisa membedakan pie dan pia dengan mudah ya. Nah, jika kamu ingin menikmati sajian kue lezat lainnya, kamu bisa datangi beberapa tempat di bawah ini ya!

Eighteen Pies

Foto Eighteen Pies

Uncle Tetsu

Foto Uncle Tetsu
Foto Uncle Tetsu
Foto Uncle Tetsu

Hokkaido Baby

Foto Hokkaido Baby
Foto Hokkaido Baby
Foto Hokkaido Baby

Lareia Cake & Co

Foto Lareia Cake & Co
Foto Lareia Cake & Co

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?