Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pilih Greek Yoghurt Atau Yoghurt Biasa?

List Artikel
13 April 2017 | 0 Komentar

Apakah kamu salah satu penggemar yoghurt? Kebanyakan orang menyukai yoghurt karena sensasi rasanya yang asam dan menyegarkan. Banyak sekali kita temui berbagai olahan dessert yang berasal dari yoghurt. Selebihnya, yoghurt pun sangat enak untuk dicampurkan ke beberapa makanan seperti salad dressing, jus buah, atau beberapa hidangan lainnya. Kandungan yoghurt yang rendah kalori dan kaya akan probiotik sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat dikala diet.



sumber: eatthis.com


Nah jika kamu sudah asing lagi dengan istilah yoghurt maka kini saatnya kamu mengenal salah satu jenis yoghurt yang juga sangat bagus untuk diet. Greek yoghurt, sesuai dengan namanya yoghurt ini memang berasal dari Yunani. Sejatinya, yoghurt ini juga berbahan dasar dari yoghurt biasa namun sudah mengalami proses penyaringan sehingga teksturnya menjadi lebih kental. Banyak yang mengatakan kalau yoghurt jenis ini memiliki kandungan manfaat yang lebih banyak dari yoghurt biasa. Bahkan, yoghurt ini diketahui sudah menjadi salah satu rahasia diet wanita Italia. Kira-kira apa yang membedakan greek yoghurt ini dengan jenis yoghurt biasa ya? Padahal baik greek yogurt yanani maupun yogurt biasa sama-sama memiliki kalori yang rendah dan probiotik. Nah daripada semakin bingung, ada baiknya kamu mengetahui kandungan manfaat dari masing-masing yoghurt ini, Teman PergiKuliner!


1. Proses Pembuatan

Dari segi produksi, sebenarnya tak ada yang jauh berbeda antara greek yoghurt dengan yoghurt biasa. Keduanya sama-sama dibuat melalui proses fermentasi susu dan bakteri yang disebut juga dengan proses probiotik. Hanya saja greek yoghurt masih memiliki tahap penyaringan setelah melewati fermentasi. Proses fermentasi tersebut dilakukan menggunakan paper bag guna menghilangkan kandungan whey atau ampas susu yang terdapat di dalamnya. Sehingga nantinya greek yoghurt akan nampak lebih kental daripada yoghurt biasa. 



sumber: abcnews.go.com


2. Kandungan Gizi

Sementara untuk kandungan gizinya, yoghurt memiliki sejumlah protein yang baik untuk pembentukan otot dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar terbebas dari penyakit. Zat protein juga yang mampu membuat perut menjadi kenyang lebih lama sehingga kita akan merasa lapar jika memakan yoghurt. Namun pada kandungan greek yoghurt justru sumber protein ini lebih tinggi sehingga tubuh akan mampu menyerap lebih optimal semua manfaat yang diberikan.


Kemudian yoghurt juga memiliki sumber kalsium yang sangat penting bagi tubuh dalam membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Pada jenis yoghurt biasa, kandungan kalsiumnya sangat tinggi sehingga mampu mencukupi kebutuhan kalsium kamu sehari-hari. Sedangkan pada jenis greek yoghurt, kandungan kalsiumnya lebih rendah. Oleh sebab itu, bisa dikatakan yoghurt biasa lebih bagus untuk dikonsumsi terutama bagi anak-anak yang masih dalam pertumbuhan dan para lansia guna mencegah terjadinya penyakit tulang seperti osteoporosis.


Terakhir adalah kandungan gula, sodium, dan karbohidrat yang terdapat pada kedua jenis yoghurt ini. Dimana kandungan tersebut masih banyak ditemukan pada jenis yoghurt biasa, sementara greek yoghurt karena sudah melewati proses penyaringan saat pengolahan maka kandungan gula, sodium, dan karbohidrat menjadi lebih sedikit. Hal inilah yang membuat greek yoghurt banyak dipilih sebagai camilan sehat oleh para penderita diabetes.


3. Lemak dan Kalori



sumber : pergikuliner.com


Informasi ini mungkin dianggap paling penting dari semuanya sebab banyak sekali anggapan bahwa greek yoghurt sangat rendah lemak dan kalori. Benar tidak ya? Ternyata anggapan itu adalah salah. Kandungan lemak dan kalori pada greek yoghurt justru lebih tinggi jika dibandingkan dengan yoghurt biasa. Namun karena beberapa alasan greek yoghurt dipilih untuk diet seperti karena alasan teksturnya yang creamy membuat greek yoghurt lebih cepat mengeyangkan. Tetapi apabila kamu adalah seseorang yang sedang menjalani program diet rendah lemak dan kalori, sebaiknya pilihlah jenis yoghurt biasa.


Gimana, kamu sudah tahu kan kandungan dan manfaatnya? Jadi, kamu tidak perlu bingung atau bertanya-tanya lagi. Baik greek yoghurt maupun yoghurt biasa memiliki kehebatannya masing-masing, sisanya tinggal kamu yang memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan gizi tubuh kamu

Nah sekarang waktunya kamu melipir ke kedai-kedai penjual yoghurt di bawah ini. Di jamin ketagihan dan buat kamu sehat!

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Llao Llao

Foto Llao Llao
Foto Llao Llao
Foto Llao Llao

Mau tau lebih banyak lokasi tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu dong sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?