Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pizza Italia vs New York, Bisakah Kamu Membedakan Keduanya?

List Artikel
30 Oktober 2019 | 0 Komentar

Pizza dikenal sebagai salah satu kuliner khas Italia yang memiliki banyak sekali penggemar di dunia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya restoran pizza yang sudah tersebar di seluruh dunia, seperti Indonesia. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar roti yang di atasnya diberi aneka topping lalu dipanggang. Pizza disukai tidak hanya karena cita rasanya saja yang lezat, tetapi juga karena porsinya yang terbilang cukup banyak sehingga bisa disantap beramai-ramai. Pizza dengan ukuran small bahkan bisa dimakan berdua. Meski asalnya dari Italia, tapi Amerika juga terkenal akan pizzanya. Pizza Amerika yang paling terkenal adalah pizza New York. Pizza New York ini diperkenalkan oleh imigran Italia dan dipopulerkan oleh para tentara Amerika yang bertugas di Perang Dunia II saat kembali ke Amerika. Meski namanya sama-sama pizza, tapi keduanya ini berbeda. Memang apa perbedaannya?



Sumber : Pergikuliner.com


1. Kulit Pizza

Perbedaan yang pertama bisa kamu lihat dari kulitnya. Kulit pizza Italia memiliki ukuran yang cukup tipis dengan adonan yang sedikit mengembang di bagian pinggirnya. Tekstur kulitnya sangat renyah dan mengandung banyak udara. Sementara kulit pizza New York ini memiliki adonan yang lebih kokoh dengan ketebalan yang agak lebih tebal dibanding kulit pizza Italia sehingga ketika diangkat, toppingnya tidak akan berjatuhan.

 

2. Diameter Pizza

Untuk diameter kedua pizza ini memang terlihat sangat berbeda. Pizza New York memiliki ukuran diameter yang lebih besar dibanding pizza Italia. Sedangkan untuk diameter pizza Italia lebih kecil. Rata-rata diameter pizza New York berukuran 55 cm, sementara diameter pizza Italia hanya 30 cm saja. Inilah yang menyebabkan mengapa pizza New York juga dijual dalam bentuk slice karena ukuran slicenya saja juga cukup besar.

 

3. Topping Pizza

Berikutnya ada perbedaan dari segi topping pizza. Untuk pizza Italia akan selalu ada tiga bahan utama, yakni keju, tomat dan basil. Sementara untuk topping pizza New York lebih bervariasi. Selain itu topping pizza New York juga lebih banyak dan tebal karena bagian kulitnya juga lebih tebal sehingga topping tidak akan membuat kulit menjadi lembek.

 

4. Metode Memasak

Metode memasak keduanya ini sangat berbeda. Untuk pizza Italia dipanggang dengan menggunakan oven kayu dalam suhu yang tinggi, sedangkan pizza New York dipanggang dengan menggunakan oven arang atau oven listrik dengan suhu yang lebih rendah. Berhubung metode memasaknya berbeda, pizza Italia ini punya aroma khas yang lebih wangi karena dipanggang menggunakan oven kayu.

 

5. Cara Menyantapnya

Perbedaan yang terakhir adalah dari cara menyantapnya. Untuk pizza Italia yang adonan kulitnya terbilang cukup tipis cenderung sulit disantap dengan menggunakan tangan sehingga kebanyakan lebih suka disantap dengan garpu dan pisau. Sedangkan untuk pizza New York lebih sering disantap dengan tangan begitu saja karena kulitnya lebih tebal.

 

Itulah beberapa perbedaan dari pizza Italia dengan pizza New York. Jadi mulai sekarang kamu sudah bisa membedakan keduanya bukan? Nah, sekarang mari santap aneka pizza berikut ini yuk!

Osteria Gia

Foto Osteria Gia

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Pizza Place

Foto Pizza Place
Foto Pizza Place
Foto Pizza Place

Pizza Marzano

Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano

Sliced Pizzeria

Foto Sliced Pizzeria
Foto Sliced Pizzeria
Foto Sliced Pizzeria

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?