Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Psst, Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Menyantap Sushi!

List Artikel
1 Januari 2019 | 0 Komentar

Sushi dikenal sebagai makanan khas negara Jepang yang keberadaannya sangat populer di dunia. Sushi dibuat dari bahan dasar nasi dan irisan ikan mentah yang memiliki ukuran satu kali makan. Dalam satu porsi atau satu piring, biasanya hanya terdapat 2-6 buah sushi. Ini dikarenakan agar kita bisa bisa menyantap jenis sushi yang berbeda-beda sehingga tidak merasa bosan menyantapnya. Ketika menyantap sushi, ternyata ada beberapa hal yang bisa dikatakan sebagai hal yang tabu untuk dilakukan karena dianggap kurang sopan atau bisa merusak cita rasa dari sushi. Agar tahu apa saja hal yang harus dihindari ketika menyantap sushi, kamu bisa cek langsung di bawah ini!



Sumber : Pergikuliner.com 


Mencampur Wasabi dengan Soy Sauce

Pertama jangan sekali-kali mencampur wasabi dengan soy sauce. Kita pasti sering melakukan hal ini agar sajian sushi yang disantap bisa memiliki cita rasa asin dan pedas sekaligus. Tapi sebenarnya, para pembuat sushi menyajikan wasabi dengan soy sauce secara terpisah agar kamu juga menyantapnya secara terpisah karena jika dicampurkan menjadi satu, maka cita rasa akan rusak meskipun kamu hanya mencelupkan sushi sedikit saja ke dalam campuran wasabi dan soy sauce. Jadi lebih baik untuk menyantapnya secara terpisah ya!


Mencelupkan Semua Sushi ke Soy Sauce

Dalam sajian sushi, kita memang tidak menemukan rasa gurih dan asin yang kuat. Oleh karena itu sushi selalu disajikan dengan soy sauce supaya kita bisa menyesuaikan sendiri cita rasa gurih dan asin yang diinginkan. Tapi sayangnya, beberapa orang cenderung mencelupkan semua sushi ke dalam soy sauce hingga tenggelam ke bagian nasi. Cara menyantap sushi yang benar adalah dengan cara hanya mencelupkan bagian ikan saja ke dalam soy sauce. Jika kamu juga mencelupkan bagian nasi, maka soy sauce akan cepat menyerap dalam nasi dan cita rasa jadi lebih asin.

 

Menyantap Acar Jahe dengan Sushi

Siapa di antara kamu yang sering menyantap acar jahe berbarengan dengan sushi? Perlu kamu ketahui kalau acar jahe yang tersedia pada piring sushi sebenarnya bukan untuk disantap karena di negara asalnya, acar jahe dipergunakan sebagai pembersih piring setelah kamu menyantap sushi dan ingin mencoba jenis sushi yang lain. Tapi berhubung acar jahe dipercaya bisa menghilangkan kadar racun dalam ikan mentah, maka acar jahe justru menjadi santapan pendamping sushi oleh masyarakat Indonesia.

 

Meletakkan Sumpit Di Atas Meja atau Atas Mangkuk

Tak hanya Indonesia saja yang punya etiket makan, tapi Jepang juga punya. Terutama pada saat menyantap sushi. Etiket makan sushi yang paling umum adalah tidak meletakkan sumpit di atas meja atau di atas mangkuk begitu saja. Jika ingin meletakkan sumpit di atas meja, maka bungkuslah sumpit terlebih dahulu dengan tisu agar sumpit tidak langsung menyentuh permukaan meja. Sedangkan jika kamu meletakkan sumpit di atas mangkuk, maka kamu akan dianggap melakukan upacara pemakaman. Sebenarnya ketika menyantap sushi, masyarakat cenderung lebih suka menggunakan tangan ketimbang sumpit.


Nah, itu dia hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika menyantap sushi. Sekarang praktekan di restoran sushi rekomendasi PergiKuliner di bawah ini yuk!

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Umamya Sushi

Foto Umamya Sushi
Foto Umamya Sushi
Foto Umamya Sushi

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?