Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Punya Kenikmatan yang Berbeda, Kamu Tim Ikan Goreng atau Ikan Bakar?

List Artikel
28 Juni 2023 | 0 Komentar

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki banyak kandungan nutrisi sehingga bagus dikonsumsi setiap hari. Baik itu ikan air tawar maupun ikan air laut, sama-sama bisa diolah menjadi beragam kuliner enak yang bisa membuat kamu ketagihan. Masyarakat Indonesia sering mengolah ikan dengan cara digoreng dan dibakar. Meskipun sama-sama dibuat dari bahan dasar yang sama yakni ikan, cara memasak yang berbeda tentu membuat rasa, tekstur, dan aromanya jadi ikut berbeda. Sebagian orang ada yang lebih menyukai ikan goreng dan beberapa orang pasti ada yang lebih menyukai ikan bakar. Lantas, bagaimana perbedaan dari keduanya? Mari kita cek bersama perbedaannya untuk mengetahui apakah kamu merupakan tim ikan goreng atau tim ikan bakar.


 

Sumber: pergikuliner.com


Dari Segi Aroma

Jika kamu melihat ikan goreng dan ikan bakar dari segi aromanya, sudah pasti keduanya memiliki aroma yang berbeda. Bukan karena bumbu yang digunakan, melainkan karena proses memasaknya. Meski ikan sama-sama dibumbui dengan bumbu kuning atau bumbu merah, ikan yang dibakar akan memiliki aroma lebih wangi dikarenakan adanya proses karamelisasi ketika bagian kulit ikan terbakar. Di dalam kulit ikan terdapat kandungan lemak yang jika dibakar akan menghasilkan proses karamelisasi sehingga membuat aromanya menjadi lebih wangi. Berbeda dengan ikan goreng yang dimasak dengan minyak panas. Meski wangi, tetap saja wangi dari ikan goreng tidak sekuat ikan bakar.

 

Dari Segi Tekstur

Untuk segi teksturnya, ikan goreng sudah pasti akan memiliki tekstur yang lebih garing dan renyah jika dibandingkan oleh ikan bakar. Bagian luar ikan yang digoreng akan menjadi lebih garing dikarenakan panas dari minyak goreng. Tekstur garing inilah yang membuat orang merasa ketagihan. Uniknya, meski digoreng garing pada bagian luarnya, bagian dalamnya akan tetap empuk tapi padat. Berbeda dengan ikan bakar yang cenderung memiliki tekstur bagian luar yang tidak garing tetapi bagian dalamnya akan memiliki tekstur yang sangat lembut. Jadi, kalau kamu lebih suka tekstur garing maka pilihlah ikan goreng! Namun, kalau lebih suka tekstur yang lembut maka pilihkan ikan bakar!



Sumber: pergikuliner.com 


Dari Segi Rasa

Selanjutnya perbedaan dari segi rasanya. Rasa dari ikan goreng berbeda dengan ikan bakar. Karena pembakaran dari ikan bakar menghasilkan proses karamelisasi, maka sudah pasti akan ada campuran rasa manis yang bisa kamu rasakan dari ikan bakar. Lain halnya dengan rasa dari ikan goreng yang cenderung jauh lebih gurih karena dimasak dengan cara digoreng. Meski demikian, tetap saja rasa dari ikan bakar dan ikan goreng akan menjadi lebih enak tergantung dari bumbu yang digunakan.

 

Dari Segi Penyajian

Perbedaan yang terakhir dari ikan goreng dengan ikan bakar adalah dari segi penyajiannya. Untuk ikan bakar, cara penyajiannya lebih terbatas karena rata-rata hanya disajikan bersama dengan sambal dan lalapan sayur-sayuran seperti daun kemangi, kubis, daun selada, hingga tomat. Berbeda dengan ikan goreng yang cara penyajiannya akan lebih beragam. Ikan goreng bisa disajikan bersama dengan sambal dan lalapan, tapi juga bisa disajikan dengan aneka siraman saus seperti saus asam manis, saus padang, saus Bangkok, dan sebagainya. Dengan banyaknya saus yang bisa dipilih, sudah pasti akan mempengaruhi dari rasa ikan goreng secara keseluruhan.

 

Setelah melihat perbedaan dari ikan goreng dengan ikan bakar, kira-kira manakah yang lebih kamu suka? Apakah kamu tim ikan goreng atau ikan bakar? Nah,  buat yang suka dengan aneka olahan ikan, di bawah ini ada beberapa rekomendasi rumah makan yang punya olahan ikan lezat!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Radja Gurame

Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame

Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan

Foto Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan
Foto Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan
Foto Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan

Roemah Legit

Foto Roemah Legit
Foto Roemah Legit
Foto Roemah Legit

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?