Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Punya Sisa Opor Lebaran? Simpan dengan Cara Ini Agar Awet  

List Artikel
13 April 2023 | 2 Komentar

Opor merupakan salah satu lauk pauk yang sangat identik dengan menu lebaran. Pasalnya, opor sangat enak sekali jika disantap bersama dengan ketupat sayur. Opor banyak dijumpai di daerah yang ada di Pulau Jawa. Bahan dasar dari opor biasanya ayam, tapi ada juga yang menggunakan telur, tahu, dan tempe. Opor memiliki rasa yang gurih asin karena di dalamnya terdapat campuran santan. Ada dua jenis opor di Jawa, yakni yang berwarna putih pucat dan yang berwarna kekuningan karena diberi tambahan kunyit. Rasa dari keduanya ini tak jauh berbeda. Menjadi kuliner yang cocok disantap bersama dengan ketupat sayur saat lebaran, kita kerap kali mendapati sisa opor di keesokan harinya. Berhubung opor dibuat dari campuran santan kelapa, maka kuliner ini akan mudah basi. Jika Teman Kuliner punya sisa opor lebaran, coba saja simpan dengan cara-cara di bawah ini!

 


Sumber: Masakapahariini.com


1. Panaskan Opor Sebelum Disimpan

Salah satu hal yang membuat opor mudah basi adalah karena santan yang digunakan tidak dimasak dengan baik alias masih belum matang. Santan tersebut bisa membuat sajian opormu mudah basi. Agar sisa opor lebaran tidak mudah basi, maka panaskan opor sebelum disimpan. Untuk memanaskannya, gunakan api sedang saja agar santan tidak pecah. Sesekali, opor harus diaduk. Panaskan opor selama kurang lebih 15-20 menit atau sampai mendidih betul sehingga santan menjadi benar-benar matang.

 

2. Simpan di Wadah Kedap Udara

Ada dua pilihan saat Teman Kuliner hendak menyimpan opor, tapi tak ingin memasukkannya dalam kulkas, yakni simpan dalam panci atau wadah kedap udara. Setelah dipanaskan hingga mendidih, Teman Kuliner bisa menyimpan opor di panci atau memindahkannya ke dalam wadah kedap udara. Tapi ingat, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Hindari menutup panci atau wadah kedap udara saat opor masih panas. Tunggulah hingga opor dingin terlebih dahulu, baru menutupnya hingga rapat. Hal ini mencegah terjadinya embun pada bagian penutup yang bisa menyebabkan opor mudah basi. Jika menggunakan wadah kedap udara, pastikan wadah tersebut bersih dan kering sehingga tidak menyebabkan bakteri timbul di dalamnya.

 

3. Simpan dalam Kulkas

Opor yang disimpan dalam wadah kedap udara jika dimasukkan ke dalam kulkas akan lebih tahan lama. Daya tahannya bisa bertahan hingga 1-2 hari.  Akan lebih baik lagi jika opor disimpan dalam freezer karena bisa bertahan hingga seminggu lamanya. Jika tidak ada wadah kedap udara, Teman Kuliner bisa memasukkannya ke dalam plastik dan ikat dengan rapat, baru kemudian simpan dalam freezer. Saat akan dipanaskan, biarkan dalam suhu ruangan terlebih dahulu hingga mencair kira-kira selama satu jam.

 

4. Olah Opor Menjadi Kuliner Lain

Cara menyimpan sisa opor lebaran yang terakhir adalah dengan mengolahnya menjadi kuliner lain. Setelah lebaran usai, kita kerap kali bosan menyantap makanan yang sama berulang kali. Jika masih ada sisa opor lebaran, lebih baik diolah menjadi kuliner lain supaya bisa disimpan lebih lama. Teman Kuliner bisa memanaskan opor kembali hingga airnya menyusut dan menyuwir daging ayan. Lalu tumis kembali bersama dengan sedikit gula merah hingga kering dan menjadi abon opor. Dengan diolah menjadi abon, maka opor bisa tahan lama.

 

Sekarang Teman Pergi Kuliner sudah tahu khan jika ada sisa opor lebaran harus disimpan dengan cara apa. Semoga informasi di atas bisa berguna untukmu ya, Teman Kuliner. Selamat mencoba!

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
PYJQAEpWdjwrq
cifeakelonhm@gmail.com | 14 May 2021 pk. 05:59 PM
Foto user umum
sNYTpfuyVx
cifeakelonhm@gmail.com | 14 May 2021 pk. 05:59 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?