Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ragam Kuliner Khas Madura yang Perlu Kamu Ketahui

List Artikel
17 November 2015 | 0 Komentar

Indonesia kaya akan keragaman kulinernya, tidak akan ada habis rasanya jika kita mencicip berbagai citarasa masakan yang ada di seluruh penjuru negeri ini. Mulai dari Sabang hingga Merauke, semua daerah memiliki kuliner khas yang sangat otentik dan tidak akan ditemukan di daerah lain. Jika kamu sedang berkunjung ke ujung timur pulau Jawa, tepatnya Madura, kamu akan menemukan beragam kuliner yang mampu menggoyang lidah. Yuk, kenali beberapa kuliner khas Madura di bawah ini:



1. Rujak Cingur



Sumber: anyar.info


Kata rujak sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Jika rujak pada umumnya berupa buah yang dicocol dengan bumbu kacang yang pedas, maka tidak dengan rujak cingur dari Madura ini. Rujak cingur mempunyai ciri khas yaitu bumbu petis yang merupakan khas Jawa Timur dan cingur yang merupakan tulang rawan pada mulut dan hidung sapi. Bumbu petis yang dicampur dengan cingur tersebut disiram di atas sayuran, mie, tahu, serta lontong.



2. Bebek Songkem



Sumber: anyar.info


Jika di daerah lain bebek dimasak dengan cara digoreng atau dipenyet, lain halnya dengan bebek yang ada di Madura. Badannya ditengkurapkan hingga menjadi seperti bebek yang sedang menundukkan kepala, dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus secara utuh. Setelah dikukus, kamu bisa memakannya begitu saja atau diolah lagi dengan cara dipanggang agar warnanya terlihat kecoklatan. Kata songkem sendiri berasal dari Bahasa Madura yang artinya menunduk dan melipat tangan atau kaki. Bebek songkem ini disajikan hangat dengan bumbu rempah yang masih menempel.



3. Sate Bumbu



Sumber: resepkecilku.com


Saat kalian mendengarkan kata sate, pasti yang terlintas adalah Madura. Sate memang berasal dari pulau ini dan di tempat inilah kalian bisa menikmati sate yang asli dengan berbagai jenis dan bumbu seperti sate bumbu merah yang dipanggang, sate kecap dengan irisan bawang merah sebagai pelengkap, sate lalat yang satenya sangat kecil imut menggemaskan, sate gulai yang dicampur dengan kuah gulai daging, serta sate-sate lainnya. Masyarakat Madura biasanya mengolah daging ayam, kambing, dan sapi untuk dijadikan sate. 



4. Soto Madura



Sumber: trinitar.com


Sekilas tak ada yang berbeda dari soto-soto di Indonesia pada umumnya, tapi soto Madura ini cukup berbeda dengan soto kebanyakan. Dalam soto Madura, kamu bisa menemukan babat, usus, dan paru sapi. Rasanya sangat gurih dan segar. Dimakan bersama pelengkap telur rebus, kentang goreng, tauge, serta ketupat yang bisa membuat kamu lebih kenyang.



5. Lorjuk



Sumber: tokopedia.com


Lorjuk adalah kerang bambu yang bentuknya agak panjang namun kecil. Masyarakat Madura biasa mengolah lorjuk dengan nasi kering (rengginang) atau dengan kacang goreng. Lorjuk sangat cocok dijadikan camilan dan bisa kamu temui di toko yang menjual berbagai camilan khas Madura. Selain dimakan sebagai camilan, lorjuk juga bisa dijadikan lauk atau teman makan nasi.



6. Otok



Sumber: bisnisrumahukm.com


Jika kacang panjang biasanya diolah untuk lalapan dijadikan tumisan, di Madura kamu bisa mencicipi kacang panjang sebagai camilan. Otok terbuat dari biji yang ada di dalam kacang panjang. Biji kacang panjang tersebut diolah dan diberi bumbu. Masyarakat Madura biasanya mengolah otok menjadi dua rasa yaitu rasa gurih dan pedas manis. Banyak wisatawan yang membeli otok sebagai cemilan oleh-oleh khas dari Madura.



Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Roemah Kuliner

Foto Roemah Kuliner

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?