Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ragam Omelet Unik dari Asia, Kamu Suka yang Mana?

List Artikel
16 Mei 2017 | 0 Komentar

Omelet merupakan variasi hidangan telur goreng yang dibuat dengan cara mengocok telur hingga putih dan kuningnya menyatu rata, lalu diberi tambahan bumbu serta aneka isian, baru kemudian digoreng atau di panfry dengan minyak goreng atau mentega hingga matang. Hampir semua negara yang ada di dunia memiliki variasi omelet yang berbeda-beda tergantung dari apa saja bahan tambahannya. Di negara-negara Asia, kamu bisa menemukan aneka omelet unik dengan cita rasa yang berbeda-beda. Ingin tahu ada omelet apa saja, mari kita lihat!

 

1. Fuyunghai



Sumber: pergikuliner.com


Fuyunghai adalah omelet khas Tionghoa yang dibuat dari telur yang dikocok dan campur dengan aneka sayuran seperti kol, wortel, daun bawang, serta daging dan seafood. Fuyunghai memiliki bentuk seperti mangkok dengan ukuran yang sangat besar sehingga bisa membuat kamu kekenyangan. Selain bentuknya yang unik, fuyunghai memiliki saus siraman yang terbuat dari tomat, nanas, dan kacang polong sehingga rasa yang di ciptakan dari fuyunghai ini bercita rasa asam manis.

 

2. Kerak Telor



Sumber: pergikuliner.com


Membahas tentang omelet khas Indonesia, sudah pasti kerak telor jawabannya. Kerak telor merupakan kuliner khas Jakarta yang terbuat dari telur ayam atau telur bebek, beras ketan putih, lalu diberi taburan ebi yang dipadu dengan bawang merah goreng serta kelapa parut sangrai yang sudah dibumbui dengan cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir. Cara pembuatannya sangat unik yakni dibakar dengan wajan menghadap ke bawah.

 

3. Pajeon



Sumber: pergikuliner.com


Pajeon bisa kamu jumpai hampir di semua restoran Korea yang ada di Indonesia karena pajeon menjadi menu pendamping wajib. Pajeon terbuat dari campuran telur, tepung, daun bawang, daging cincang serta seafood. Yang unik dari pajeon ini adalah kamu tak memasukkan daun bawang ke dalam adonan telur tapi daun bawang ditata di atas wajan yang sudah diberi minyak wijen, baru kemudian adonan telur di siram di atasnya. Pajeon disantap dengan dicocol saus yang terbuat dari kecap asin, minyak wijen, bawang bombay cincang, serta bubuk cabai.

 

4. Banh Xeo



Sumber: findvietnam.com


Banh Xeo yang berasal dari Vietnam ini sekilas mirip dengan pancake karena penyajiannya yang dilipat. Banh Xeo memiliki bahan pembuat yang cukup unik yakni telur, tepung, santan,  kunyit bubuk, serta bawang bombay yang dipanfry hingga matang. Banh Xeo disajikan dengan ditambahkan tumisan jamur, tauge, seafood, daging, dan lain sebagainya lalu ditutup sehingga bentuknya menjadi setengah lingkaran.

 

5. Tortang Talong



Sumber: mystylerecipe.net


Melihat visualnya saja kamu sudah tahu kalau tortang talong ini menggunakan terong ungu. Tortang talong merupakan omelet khas Filiphina yang terbuat dari campuran telur dan terong ungu. Sebelum dipadukan dengan telur, terong di bakar terlebih dahulu hingga empuk lalu dipenyet, baru kemudian disiram dengan adonan telur dan dipanfry hingga matang. Tortang talong biasa disantap dengan nasi putih hangat dan saus sambal.

 

6. Khai Yat Sai



Sumber: 3hungrytummies.blogspot.co.id


Thailand memang terkenal akan kulinernya, salah satunya adalah khai yat sai yang merupakan omelet khas Thailand. Khai yat sai ini memiliki bentuk yang agak besar dan menggembung karena memiliki isian di dalamnya. Cara pembuatannya adalah telur dimasak dadar terlebih dahulu lalu diletakkan di dalam mangkuk kemudian diberi isian tumisan yang terbuat dari daging babi, tomat, bawang bombay, daun ketumbar, cabai, kecap ikan, kecap asin, dan lain sebagainya. 


7. Omurice



Sumber: pergikuliner.com


Penyuka kuliner Jepang pasti tahu omurice yang merupakan perpaduan omelet dan nasi yang sering dijadikan menu makan malam. Omurice terbuat dari telur yang dimasak dengan cara didadar tipis lalu diberi isian nasi di dalamnya dan disajikan dengan kuah kari yang diberi daging di dalamnya sehingga kuliner ini kaya akan nutrisi. Omurice biasanya ditambahkan aneka gorengan seperti tempura atau katsu.


Nah, teman PergiKuliner sudah tau kan apa saja jenis omelete dari berbagai negara di Asia. Kalau teman PergiKuliner berminat untuk mencicipi ketujuh jenis omelet tersebut, nggak perlu jauh-jauh pergi ke Negaranya ya, karena di Jakarta sudah banyak terdapat restoran dari Korea, Jepang, Vietnam, Thailand dan sebagainya yang pastinya sangat wajib untuk di kunjungi. Dan kalau teman PergiKuliner ingin mencicipi sajian omurice dan pajeon, bisa langsung cek rekomendasi restorannya di bawah ini!

Chung Gi Wa

Foto Chung Gi Wa

Born Ga

Foto Born Ga

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Coco Ichibanya

Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya
Foto Coco Ichibanya

A Wen Seafood

Foto A Wen Seafood

Ada banyak tempat makan enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya yang bisa bikin kamu kalap. Dimana aja ? Cari tau di Pergikuliner.com dong!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?