Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Rahasia Masakan Asli Nusantara yang Nikmat

List Artikel
17 April 2020 | 0 Komentar

Kalian pasti sudah familiar dengan istilah “Bhinneka Tunggal Ika”, kan? Biasanya, istilah ini kerap kali disangkut pautkan dengan bahasa daerah, warna kulit, hingga sejarah. Nah, ternyata pemahaman “berbeda-beda tetapi tetap satu” tersebut tak hanya sebatas hal itu saja kok, tetapi juga menyangkut kuliner Indonesia lhoTaukah kalian bahwa tiap daerah punya keunikan kuliner tersendiri? Contohnya saja, makanan Sulawesi lebih cenderung pedas dan panas. Berbeda dengan masakan di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta yang cenderung manis. Begitu pula dengan kuliner dari Sumatera yang lebih dominan rasa asin, pedas, dan rasa bumbu yang tajam. Nah, lantas apa kesamaan dari kenikmatan masakan nusantara yang melegenda tersebut? Yuk kita intip dulu!



Sumber : Pergikuliner.com


1. Bumbu Rempah

Negara Indonesia terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya. Ada bumbu dapur dari biji, seperti ketumbar, wijen, jintan, lada. Ada juga dari daun, seperti kunyit, salam, daur pandan. Dan, ada pula bumbu segar, seperti lengkuas dan serai. Nah, untuk membuat makanan yang nikmat, kunci utamanya terletak pada pemakaian rempah-rempah. Hanya saja, walaupun ada banyak macamnya, akan tetapi untuk membuat sebuah masakan yang nikmat khas Indonesia tak perlu menggunakan banyak rempah, cukup utamakan saja rasa yang dominan. Misalnya, rahasia kenikmatan sayur sop adalah pada bawang putih dan merica. Supaya sop tersebut menjadi gurih, bumbu tersebut dimasukkan setelah air mendidih. Untuk bawang putih, sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu sebelum dimasukkan pada sop.


2. Bersantan atau Berkuah Bening

Salah satu faktor penambah kenikmatan kuliner Indonesia adalah makanan yang bersantan dan berkuah. Contohnya, soto betawi, opor ayam, sayur asem. Nah, supaya makanan bersantan dan berkuah bisa terasa nikmat, ada tekniknya lhoUntuk masakan bersantan, hindari merebus santan dengan api besar ya, karena akan membuat santan menjadi pecah atau menggumpal sehingga tekstur dan tampilan masakan menjadi tidak menarik. Sementara itu, untuk masakan berkuah bening yaitu berasal dari kaldu daging atau tulang. Untuk membuat kuah bening cukup dengan menumis beberapa bumbu yaitu bawang, lengkuas atau serai dengan minyak hingga beraroma wangi. Kemudian, masukkan kuah kaldu daging yang telah direbus sebelumnya.


3. Metode Memasak

Jangan remehkan teknik dalam memasak ya, karena metode memasak juga berpengaruh pada hasil akhir juga lho. Salah satunya adalah lama waktu yang dihabiskan untuk membuat masakan. Untuk sup yang berisi sayuran, hindari terlalu lama merebus karena dari segi rasa, dan tekstur menjadi tidak baik. Tak hanya itu saja, untuk segi nutrisi dari sayuran tersebut pun akan semakin minim. Lain halnya, kalau ingin memasak daging seperti rendang, waktu yang diperlukan sekitar 4-6 jam. Daging dimasak bersama dengan bumbu rempah yang telah dihaluskan, di antaranya bawang putih, bawang merah, serai, kunyit, lengkuas, jahe, serai, dan cabai. Rendang juga terkenal dengan bumbu kentalnya yang gurih karena menggunakan santan. Semakin kental santan yang digunakan, bumbu rendang semakin menggugah selera. Di samping itu, semakin lama rendang dimasak, maka dagingnya akan semakin lunak dan bumbu khas tersebut juga makin meresap dalam daging.


Nah, sudah tahu bukan kalau olahan kuliner Indonesia yang khas adalah rasa gurihnya yang berasal dari pemakaian rempah-rempah dalam setiap masakan? Tak terkecuali pada masakan yang mudah dibuat seperti Nasi Goreng juga menggunakan setidaknya bawang merah, bawang putih, cabai, dan lada sebagai penambah selera dan kenikmatan.

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado
Foto Restoran Beautika Manado

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Makin cinta sama masakan negeri sendiri kan?


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?