Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Rempah Utama yang Terkandung pada Mie Aceh, Kuliner Aceh Paling Populer

List Artikel
2 Mei 2016 | 0 Komentar

Aceh adalah salah satu daerah penghasil rempah-rempah yang ada di Indonesia. Makanan khas Aceh dikenal sebagai makanan dengan rasa rempah yang kuat. Salah satu makanan khas Aceh yang paling populer adalah mie Aceh. Tak sulit untuk menemukan tempat makan mie Aceh, terutama di Jakarta dan sekitarnya. Ciri khas dari mie Aceh adalah rasanya pedas karena rempah, menggunakan mie kuning tebal, dan daging sapi, kambing, udang sebagai tambahan.


Mie Aceh dimasak dengan rempah-rempah yang berlimpah, ini yang membuat mie Aceh memiliki cita rasa yang sangat khas. Biasanya mie Aceh dapat disajikan dalam dua variasi yaitu goreng basah dan kuah, walaupun begitu rasanya tetap sama-sama kuat. Mau tahu remah-rempah yang digunakan pada mie Aceh sehingga menghasilkan rasa yang sangat khas? Simak ulasan di bawah ini:


1. Jintan

Jintan adalah rempah yang berasal dari Indonesia. Bentuk jintan sekilas mirip dengan gabah, namun soal manfaat tidak bisa diremehkan. Cukup jarang masakan yang menggunakan jintan pada bumbu utamanya. Hal inilah yang membuat mie Aceh memiliki rasa yang berbeda dari kuliner mie lainnya.


2. Kunyit

Rempah yang berwarna kuning ini menjadi salah satu bumbu utama dalam pembuatan mie Aceh. Rasa kunyit yang khas dapat membuat masakan memiliki rasa yang berbeda dan begitu juga dengan warna masakannya. Kunyit banyak sekali manfaatnya untuk tubuh salah satunya untuk meningkatkan sistem imun dan mengontrol diabetes.


3. Cabai Merah

Jenis rempah yang satu ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Cabai membuat masakan menjadi pedas dan nikmat. Walau pun rasanya pedas, cabai diketahui mengandung banyak manfaat.


4. Kapulaga

Kapulaga adalah rempah yang berasal dari Negara India. Selain untuk obat-obatan, kapulaga juga bisa dijadikan rempah-rempah yang membuat masakan semakin terasa nikmat. Selain itu manfaat yang diberikan kapulaga juga sangat banyak untuk tubuh, salah satunya untuk mengontrol kolesterol.


5. Merica

Merica juga memiliki rasa pedas dan kaya akan manfaat. Selain cabai, pedas yang ada pada mie Aceh berasal dari merica. 


6. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu paling utama dari semua masakan, rasa bawang putih yang khas dapat menciptakan rasa masakan menjadi enak dan sedap. Selain digunakan sebagai bumbu pada masakan, bawang putih biasanya juga diiris dan dijadikan taburan pada beberapa masakan.


Enam bumbu di atas merupakan rempah yang digunakan dalam pembuatan mie Aceh, sehingga rasanya menjadi sangat khas. Dari setiap rempah yang digunakan memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.


Mie Aceh Seulawah

Foto Mie Aceh Seulawah
Foto Mie Aceh Seulawah

Mie Aceh Jaly Jaly

Foto Mie Aceh Jaly Jaly
Foto Mie Aceh Jaly Jaly

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?