Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Rumput Plastik yang Diselipkan Pada Sushi Punya Manfaat Penting, Benarkah?

List Artikel
17 Juli 2019 | 0 Komentar
Sushi merupakan salah satu kuliner khas Jepang yang sangat populer di dunia, terutama di Indonesia. Hal ini bisa kamu buktikan dengan mudahnya mencari restoran sushi di Indonesia, baik itu yang ada di mall maupun luar mall, baik itu yang setaraf restoran maupuk kedai kaki lima. Kesukaan masyarakat Indonesia akan sushi bisa jadi diakibatkan karena salah satu bahan utama sushi adalah nasi yang juga menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia sehingga banyak yang menjadikan sushi sebagai makanan berat untuk makan siang maupun makan malam. Sushi adalah kuliner Jepang yang terbuat dari nasi yang dipadu dengan bahan utama lainnya seperti makanan laut, daging, sayuran dan juga telur. Nasi yang ada pada sushi ini memiliki cita rasa sendiri karena telah telah dibumbui dengan cuka beras, garam dan gula.


 Sumber : Pergikuliner.com


Tapi pernahkah kamu memperhatikan kalau setiap penyajian sushi, terutama sushi box yang di dalamnya terdapat banyak jenis sushi seperti maki sushi, nigiri sushi, inarisushi, dan lain sebagainya, pasti akan selalu ada daun atau rumput plastik yang berada di dalamnya. Dengan adanya daun atau rumput plastik tersebut, tampilan sushi akan menjadi lebih cantik. Tapi tahukah kamu kalau ternyata peletakan daun atau rumput plastik pada sushi bukan hanya sebagai pelengkap yang bisa mempercantik sushi saja, tetapi ternyata ada makna di baliknya. Pemberikan daun atau rumput plastik pada sushi merupakan sebuah tradisi dalam kebudayaan Jepang yang sudah dijalankan selama berabad-abad.


 Sumber : Pergikuliner.com


Jadi pada awalnya masyarakat Jepang selalu memberikan daun anggrek atau lily saat menyajikan sushi. Pemberikan daun ini dinamakan dengan tradisi haran. ‘Ha’ artinya daun dan ‘ran’ yang berarti anggrek atau lily. Pada jaman dulu, masyarakat Jepang menggunakan haran untuk mencegah aroma dan rasa sushi yang bisa bercampur menjadi satu. Seperti yang kamu tahu dalam satu sajian kotak sushi selalu terdapat lebih dari satu jenis sushi. Tentunya beda jenis sushi berbeda pula cita rasanya. Dengan adanya haran yang diletakkan sebagai pembatas atau alas sushi, maka makanan yang dibuat tidak mudah bercampur aromanya. Ditambah lagi sushi juga tidak mudah terkontaminasi bakteri. Dalam haran, ada seni memotong daun menjadi pola-pola cantik yang diberi nama dengan sasagiri.  Jadi jangan heran kalau haran ini selalu terlihat cantik karena potongannya yang berbeda-beda.


 Sumber : Pergikuliner.com


Tapi seiring dengan perkembangan zaman, haran tak lagi menggunakan daun asli, melainkan daun plastik sehingga tidak mudah layu dan tahan lama, serta tidak mudah rusak.  Kamu juga tak perlu repot mengguntingnya dengan teknik sasagiri karena sudah banyak haran dengan bentuk yang unik dan bisa langsung digunakan. Selain terdapat pada sushi, haran ini juga sering kita jumpai pada sajian sashimi Jepang. Tujuannya juga sama dengan peletakan haran pada sushi yakni untuk mencegah tercampurnya rasa antara satu potongan sashimi dengan sashimi lainnya. Itulah penjelasan mengenai rumput plastik yang selalu diselipkan pada sushi. Jadi bukan tanpa alasan rumput atau daun plastik tersebut diletakkan ya! Nah, kalau kamu ingin memastikannya sendiri dan sekalian menyantap nikmatnya sushi tersebut, lebih baik langsung mampir saja ke beberapa gerai sushi yang ada di bawah ini ya!

Umamya Sushi

Foto Umamya Sushi
Foto Umamya Sushi
Foto Umamya Sushi

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Sushi Apa

Foto Sushi Apa
Foto Sushi Apa
Foto Sushi Apa

Kintaro Sushi

Foto Kintaro Sushi
Foto Kintaro Sushi
Foto Kintaro Sushi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?