Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Salad Bisa Jadi Kuliner yang Menyehatkan dan Tidak Jika Dipadukan dengan Ini!

List Artikel
30 Juni 2018 | 0 Komentar

Bagi pecinta kuliner sehat, salad merupakan salah satu makanan favorit yang sering disantap. Salad tak hanya identik dengan kuliner sehat, tapi juga identik dengan kuliner yang sering disantap untuk diet. Pasalnya, salad ini terbuat dari berbagai macam potongan sayur atau buah-buahan yang kemudian diberi siraman saus dressing sehingga cita rasanya jadi lebih kaya. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya salad ini bisa menjadi kuliner yang menyehatkan dan tidak menyehatkan, tergantung dari bahan-bahan tambahan yang digunakan di dalamnya, seperti:


Bahan Tambahan Salad yang Menyehatkan


1. Minyak Zaitun


Sumber: besthealthmag.ca


Salada memang lebih baik disantap tanpa dressing, tapi jika ingin menambahkan sesuatu agar cita rasanya jadi lebih enak, kamu bisa menambahkan minyak zaitun yang lebih sehat dibanding salad dressing lainnya. Padukan minyak zaitun ini dengan perasan lemon agar rasanya jadi lebih segar. Jika tak ada minyak zaitun, kamu bisa menggantinya dengan minyak nabati lainnya.


2. Kacang-kacangan


Sumber: usnews.com


Jika bosan menyantap salad sayur dan buah, kamu bisa menambahkan kacang-kacangan ke dalam santapan salad kamu. Jenis kacang yang dipilih bisa beragam, mulai dari jenis kacang kering seperti kacang almond, kenari, dan walnut yang dipanggang atau disangrai. Jenis kacang basah seperti, kacang kacang merah, kacang lentil, atau kacang kedelai juga bisa digunakan.


3. Biji-bijian


Sumber: jawaban.com 


Berhubung sekarang sedang tren kuliner yang menggunakan topping biji-bijian seperti smoothies bowl, kamu juga bisa menambahkan biji-bijian dalam sajian saladmu karena biji-bijian ini termasuk dalam golongan superfood yang kaya gizi. Jenis biji-bijian yang cocok untuk salad adalah biji labu, biji matahari, poppy seed, flaz seed, hingga chia seed. Kamu bisa membelinya dalam kemasan yang sudah matang dan menaburkannya di atas salad sayuran.


4. Madu Alami


Sumber: daysoftheyear.com


Tak jarang ada orang yang menambahkan gula ke dalam sajian salad buah mereka agar cita rasanya jadi lebih manis. Padahal penambahan gula ini bisa membuat sajian salad jadi tak sehat lagi. Jika ingin rasa yang lebih manis, kamu bisa menambahkan madu, tapi pastinya madu yang digunakan adalah madu alami ya Teman PergiKuliner, agar kandungan gulanya masih alami.


Bahan Tambahan Salad yang Kurang Menyehatkan


1. Roti Kering


Sumber: pioneerwomen.wordpress.com


Kamu pasti sering menemukan atau bahkan pernah mencicip salad yang diberi tambahan roti tawar kering yang berbentuk potongan dadu. Roti kering biasanya ditambahkan pada salad agar tekstur jadi lebih bervariasi dan juga agar ada tambahan kandungan karbohidrat. Tapi pada dasarnya roti kering ini biasanya terbuat dari roti tawar yang tidak fresh lagi, kemudian dipanggang atau dikeringkan.


2. Daging Kemasan atau Daging Goreng


Sumber: taste.com.au


Untuk melengkapi kebutuhan protein hewani yang ada pada salad, potongan daging akan ditambahkan. Jika potongan daging yang ditambahkan adalah daging yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus tidak apa-apa. Tapi jika daging yang digunakan adalah daging yang digoreng dengan tepung atau daging kemasan seperti sosis, sudah pasti santapan saladmu tidak akan sehat lagi.


3. Keripik


Sumber: paleonewbie.com


Selanjutnya ada tambahan keripik yang belakangan ini sering ditambahkan ke dalam salad sebagai pelengkap agar tekstur dan rasa salad jadi lebih enak. Jenis keripik yang digunakan kebanyakan adalah keripik kentang, tapi ada juga yang menambahkan keripik ubi atau keripik jagung atau nachos. Padahal keripik selalu dimasak dengan cara digoreng sehingga pastinya ada kandungan lemak dari minyak.


4. Dressing Mayonaise


Sumber: berrykitchen.com


Ada banyak jenis salad dressing yang ada di dunia, salah satunya adalah mayonaise. Mayonaise memang terasa sangat lezat jika dijadikan dressing salad sayuran. Tapi jika dibandingkan dengan salad dressing lainnya yang menggunakan campuran minyak zaitun, perasan lemon, atau yoghurt, tentunya mayonaise bisa dikatakan kurang sehat karena ada campuran kuning telur di dalamnya sehingga tidak bagus untuk orang yang sedang berdiet.

 

Selain bahan-bahan tambahan di atas, menurut kamu masih ada tidak bahan tambahan yang bisa membuat sajian salad jadi menyehatkan dan tidak menyehatkan?

The Good Stuff

Foto The Good Stuff
Foto The Good Stuff
Foto The Good Stuff

The Betawi Salad

Foto The Betawi Salad
Foto The Betawi Salad

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Ninety-Nine

Foto Ninety-Nine

B'Steak Grill & Pancake

Foto B'Steak Grill & Pancake
Foto B'Steak Grill & Pancake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?