Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sama-sama Bulat dan Bolong di Tengah, Apa Beda Bagel dengan Donat?

List Artikel
10 Juni 2019 | 0 Komentar
Bagi para pecinta kuliner manis, pastinya sudah kenal dengan donat. Kue yang memiiliki bentuk unik dengan bulatan dan bolong di tengahnya ini memang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Kita mengenal adanya donat kampung dan donat modern. Untuk donat kampung hanya memiliki topping meises, keju, dan gula halus saja, sedangkan untuk donat modern toppingnya bisa lebih beragam. Berbicara tentang donat, tahukah kamu kalau ada kuliner lain yang memiliki bentuk mirip dengan donat yakni bulat dan ada bolong di tengahnya. Kuliner yang bernama bagel memang dari tampilannya mirip dengan donat, tapi sebenarnya kuliner ini sangat berbeda dari donat. Lantas apa yang membedakan keduanya?

Sumber : Forwardcdn.com 


Bentuk dan Ukuran
Jika dilihat dari segi bentuk dan ukurannya, donat memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil dibanding dengan bagel. Rata-rata diameter donat hanya berada di angka 8-10 cm saja. Sedangkan untuk bagel ukurannya bisa mencapai hingga 15 cm. Hal ini dikarenakan donat termasuk dalam kuliner camilan yang sengaja dibuat untuk disantap dalam beberapa gigitan saja. Sedangkan bagel pada dasarnya dibuat sebagai menu sarapan sehingga ukurannya sudah pasti lebih besar supaya bisa membuat orang yang memakannya menjadi kenyang.

Bahan dan Cara Pembuatannya
Untuk bahan pembuat bagel dan donat sudah pasti sangat berbeda. Donat dibuat dengan bahan utama telur, tepung terigu, gula, dan soda kue atau baking powder. Sedangkan untuk bagel akan diberi tambahan fermipan yang digunakan untuk membuat roti dan penggunaan gulanya lebih sedikit karena ada tambahan biji-bijian. Sedangkan untuk cara pembuatannya, pembuatan donat tidak memakan waktu yang lama karena setelah adonan diuleni hingga kalis, donat bisa langsung digoreng. Lain halnya dengan bagel yang harus didiamkan dulu beberapa jam atau hingga semalaman supaya adonan bisa mengembang sempurna sebelum dipanggang.

Tekstur dan Cita Rasa
Berhubung bahan dan cara pembuatannya berbeda, maka tekstur dan cita rasanya juga berbeda. Tekstur donat lebih lembut dan empuk ketika dikunyah, sedangkan tekstur bagel terasa lebih padat dan kenyal. Sementara untuk cita rasanya, donat cenderung lebih manis karena digunakan sebagai dessert atau cemilan. Sedangkan cita rasa bagel lebih gurih sehingga sering dipadukan atau disantap bersama dengan smoked beef, sosis, keju, selada, mayonaise dan lain sebagainya.

Harga Jual
Perbedaan terakhir yang paling terlihat adalah dari segi harga jualnya. Berhubung bahan pembuat donat tidak sebanyak bagel dan ukurannya lebih kecil, maka sudah pasti harganya lebih murah dibanding harga jual bagel. Rata-rata harga jual bagel setara dengan harga empat sampai lima buah donat. Apalagi jika bagel tersebut disajikan atau dijual dengan topping yang sangat beragam.

Nah, itulah perbedaan dari donat dan bagel. Terlihat sekali bukan perbedaan dari keduanya? Jadi, jangan sampai salah mengenali keduanya lagi ya! Jika ingin menyantap keduanya, kamu bisa mencarinya di beberapa tempat di bawah ini ya!

Lala Coffee & Donuts

Foto Lala Coffee & Donuts
Foto Lala Coffee & Donuts

Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

Donut Gemes

Foto Donut Gemes

Happiness Kitchen & Coffee

Foto Happiness Kitchen & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?