Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sama-sama Kopi Susu, Ini Perbedaan Caramel Latte dengan Caramel Machiatto

List Artikel
30 Mei 2023 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia. Keberadaan kopi tidak hanya sekadar menjadi minuman untuk mengawali hari, tetapi juga minuman yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh seperti menghilangkan rasa kantuk hingga melepas penat. Kopi memiliki beragam varian, mulai dari yang murni hanya menyajikan seduhan kopi saja hingga yang diberi campuran susu serta krim. Karena rasa kopi terbilang cukup kuat, maka tak heran kalau tak sedikit orang yang suka mengonsumi campuran kopi dengan susu. Ada dua perpaduan kopi dengan susu yang paling sering dipesan di kedai kopi, yakni caramel latte dan caramel machiatto. Keduanya ini kerap kali salah dikenali karena sama-sama dibuat dari campuran kopi dengan susu. Meski dibuat dari bahan dasar yang sama, tetapi caramel latte dan caramel machiatto ini berbeda. Lantas di mana letak perbedaannya? Coba langsung cek saja di bawah ini!



Sumber: allthedifferences.com


Dari Segi Asal-usulnya

Jika dilihat dari asal-usulnya, caramel machiatto diduga muncul lebih awal dibandingkan dengan caramel latte. Caramel machiatto pertama kali ditemukan di Italia. Awalnya masyarakat Italia hanya mengonsumsi kopi saja seperti espresso, tetapi pada tahun 1660-an ada seorang berkebangsaan Belanda bernama Johan Nieuhof yang menambahkan susu ke dalam minuman kopinya karena dia tidak tahan dengan rasa pahit dari kopi murni. Penambahan susu ke dalam kopi ternyata tidak hanya bisa menetralisir rasa pahitnya, tetapi juga bisa menciptakan rasa manis dan creamy sehingga minuman kopi jadi lebih enak. Penambahan susu ke dalam kopi ini kemudian dinamakan dengan nama caramel machiatto. Sementara itu, kemunculan caramel latte tidak diketahui secara pasti. Namun, diduga bahwa caramel latte ini mulai muncul sejak tahun 1900-an di Amerika.

 

Dari Segi Komposisi Bahan

Caramel latte dan caramel machiatto memang memiliki dua bahan dasar yang sama, yakni kopi dan susu. Hanya saja komposisi bahannya berbeda. Komposisi susu pada latte jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan machiatto. Caramel latte menggunakan sekitar 180 ml susu, sedangkan caramel machiatto menggunakan 120 ml susu. Selain perbedaan dari komposisi bahan yang digunakan, ternyata ada bahan lain yang membedakan kedua varian kopi ini, yakni penggunaan karamel. Perlu diketahui kalau hanya caramel machiatto yang menggunakan saus karamel sebagai topping, sedangkan caramel latte hanya menggunakan sirup karamel sebagai pemanisnya.


Dari Segi Tekstur dan Rasa

Perbedaan yang terakhir dari caramel latte dengan caramel machiatto adalah dari segi tekstur dan rasanya. Berhubung komposisi dari keduanya berbeda, maka tekstur dan rasanya juga ikut berbeda. Caramel machiatto memiliki tekstur yang jauh lebih ringan, sedangkan pada caramel latte memiliki tekstur yang jauh lebih kental dikarenakan penggunaan susu yang lebih banyak. Meski demikian, rasa kopi pada caramel machiatto jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan caramel latte. Jadi, kalau kamu suka rasa kopi yang lebih kuat, maka pilihlah caramel machiatto.

 

Itulah letak perbedaan caramel latte dengan caramel machiatto. Semoga dengan adanya penjelasan di atas, kamu bisa lebih mudah dalam membedakan caramel latte dan caramel machiatto saat akan memesannya di kedai kopi. Untuk kamu yang ingin menikmati caramel machiatto atau caramel latte, mampir saja ke salah satu kedai kopi yang ada di bawah ini!

Kozi Coffee

Foto Kozi Coffee
Foto Kozi Coffee
Foto Kozi Coffee

Tomoro Coffee

Foto Tomoro Coffee
Foto Tomoro Coffee
Foto Tomoro Coffee

Coffee & Thyme

Foto Coffee & Thyme
Foto Coffee & Thyme
Foto Coffee & Thyme

Rumah Kopi Papowi

Foto Rumah Kopi Papowi
Foto Rumah Kopi Papowi
Foto Rumah Kopi Papowi

Coffee Talevu

Foto Coffee Talevu
Foto Coffee Talevu
Foto Coffee Talevu

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?