Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sama-sama Sehat, Apa Bedanya Smoothies vs Jus?

List Artikel
10 Januari 2020 | 0 Komentar

Kamu termasuk pecinta pola hidup sehat? Pastinya kamu sering menyantap smoothies dan jus sehari-harinya. Bagi masyarakat Indonesia, jus menjadi yang paling dikenal jika dibandingan dengan smoothies. Meski keduanya ini sama-sama dibuat dari bahan dasar buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa menyehatkan tubuh, tapi tahukah kamu kalau keduanya ini berbeda loh. Jus memang hadir lebih lama dibanding smoothies. Keberadaan smoothies memang baru muncul sejak satu dekade terakhir dan cepat populer di kalangan penggiat pola hidup sehat. Tapi sebenarnya apa sih yang membedakan smoothies dengan jus ini? Untuk mencaritahunya, cek dulu tiga perbedaan dari keduanya di bawah ini!

 


Sumber : Oralhealthawards.co.uk


Dari Cara Pembuatan

Cara membedakan smoothies dengan jus yang pertama kali adalah dari cara pembuatannya. Keduanya ini memiliki cara pembuatan yang sama sekali berbeda. Untuk smoothies dibuat dengan cara dihaluskan tanpa disaring. Jadi nantinya buah dan sayur buah dimasukkan dalam blender dan langsung dituang begitu saja ke dalam gelas dan bisa langsung dinikmati. Berbeda dengan jus, meski sama-sama dihaluskan, tapi jus ini disaring terlebih dahulu sebelum disajikan. Smoothies biasanya dibuat dengan menggunakan blender, tetapi jus bisa dibuat dengan menggunakan blender yang kemudian disaring atau menggunakan juicer atau alat pembuat jus yang sudah ada penyaring di dalamnya sehingga kamu tak perlu repot-repot menyaringnya sebelum diminum.

 

Dari Segi Nutrisinya

Jika dilihat dari segi nutrisinya, smoothies dan jus juga berbeda. Loh kenapa bisa beda? Padahal khan sama-sama dibuat dari sayur dan buah. Seperti yang sudah dikatakan di atas sebelumnya, smoothies dibuat dengan tidak disaring, sementara jus harus disaring terlebih dahulu sebelum disajikan. Inilah yang membuat kandungan nutrisi keduanya berbeda. Untuk smoothies, berhubung tidak disaring maka kandungan seratnya sangat tinggi. Berbeda dengan jus yang tidak disaring. Selain itu, kandungan nutrisi keduanya tidak jauh berbeda.

 

Dari Segi Tekstur dan Tampilan

Sering bingung saat membedakan smoothies dengan jus? Cobalah cek dari segi tekstur dan tampilannya. Untuk smoothies, teksturnya lebih kental karena tidak disaring. Ditambah lagi, smoothies biasanya diberi beberapa bahan tambahan seperti susu, yoghurt dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jus teksturnya lebih encer karena hanya diambil sarinya saja. Ditambah lagi cita rasa jus jauh lebih manis karena pastinya buah dan sayur yang digunakan juga lebih banyak dibanding smoothies.  

 

Itulah perbedaan dari smoothies dan jus, dari keduanya kamu lebih suka menyantap yang mana? Kalau jadi kepengen santap salah satunya bisa coba datang ke salah satu tempat di bawah ini aja ya!

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Acai Parlor

Foto Acai Parlor
Foto Acai Parlor

Juicy Bar

Foto Juicy Bar
Foto Juicy Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?