Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sama-sama Susu Fermentasi, Cek bedanya Yoghurt vs Kefir!

List Artikel
4 Februari 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sering menyantap yoghurt setiap hari? Yoghurt merupakan salah satu kuliner yang dihasilkan dari fermentasi susu. Tapi tahukah kamu kalau ada kefir yang tampilannya serupa dengan yoghurt? Bagi masyarakat Indonesia, yoghurt mungkin lebih dikenal dibanding kefir, tapi di negara-negara Eropa dan sekitarnya, termasuk di Turki, kefir sama terkenalnya dengan yoghurt. Sekilas kamu pasti tidak akan bisa membedakan keduanya karena sama-sama memiliki warna putih sebagai warna originalnya. Meski sama-sama dibuat dari susu yang difermentasikan, tapi keduanya ini ternyata berbeda. Bagaimana cara membedakannya? Coba kita lihat!



Sumber : Medicalnewstoday.com


1. Dari Segi Bahan Pembuatannya

Seperti yang dikatakan di atas, yoghurt dengan kefir sama-sama merupakan susu yang difermentasikan dalam jangka waktu yang lama dengan menggunakan bakteri baik. Jenis bakteri yang digunakan untuk membuat yoghurt adalah bakteri asam laktat. Sementara pada kefir, bakteri yang digunakan adalah simbiosis ragi (ragi grains). Perbedaan bahan pembuatnya juga bisa dilihat dari jenis susu yang digunakan, yoghurt bisa dibuat dari susu sapi atau susu kedelai. Sementara kefir lebih banyak menggunakan susu kambing. Meski demikian, ada juga yang menggunakan susu domba dan susu sapi.

 

2. Dari Segi Tekstur

Jika sudah dijual dalam bentuk jadi, pastinya kamu akan kesulitan jika yoghurt dan kefir yang dijual tidak ada label bahan-bahan yang digunakan. Oleh karena itu, kamu harus membedakannya dari segi teksturnya. Untuk tekstur kefir jauh lebih cair dan encer jika dibandingkan dengan yoghurt. Oleh karena itu, kefir lebih sering dikelompokkan dalam kategori minuman. Sedangkan untuk yoghurt teksturnya jauh lebih kental dan mudah disendok sehingga lebih banyak dikategorikan sebagai makanan.

 

3. Dari Segi Cita Rasanya

Jika ingin membedakannya dari segi cita rasanya juga bisa. Aslinya, yoghurt memang memiliki citarasa yang cukup asam. Sedangkan untuk kefir cita rasanya tidak terlalu asam dengan ada rasa gurih di dalamnya. Selain itu, kefir hanya memiliki satu varian saja, yakni original. Sementara pada yoghurt ada banyak variannya karena banyak dicampur dengan buah-buahan seperti blueberry, strawberry, mangga, hingga cokelat. Dengan begitu, jika kamu menemukan susu fermentasi yang memiliki beragam warna, maka sudah pasti itu adalah yoghurt, bukan kefir ya!

 

Itulah beberapa perbedaan dari yoghurt dan kefir. Jadi, jangan sampai salah mengenali keduanya ya! Buat kamu yang ingin menyantap yoghurt, bisa datang ke sini aja ya!

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Yogurtland

Foto Yogurtland
Foto Yogurtland
Foto Yogurtland

J.CO Donuts & Coffee

Foto J.CO Donuts & Coffee
Foto J.CO Donuts & Coffee

Sour Sally Mini

Foto Sour Sally Mini
Foto Sour Sally Mini

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?