Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Santap 6 Olahan Daging Terpopular yang Ada Pada Masakan Padang

List Artikel
3 April 2017 | 0 Komentar

Siapa tak suka dengan masakan Padang? Masakan Padang dikenal dengan bumbu rempah-rempahnya yang kuat dan kental. Masakan Padang merupakan masakan tradisional yang berasal dari kawasan Minangkabau, Sumatera Barat. Meski berasal dari daerah Sumatera Barat, tapi kamu bisa menemukan restoran Padang hampir di seluruh penjuru nusantara. Pasalnya, masakan Padang ini seolah sudah menjadi favorit masyarakat Indonesia karena memiliki menu yang beraneka ragam sehingga kamu tak akan bosan menyantapnya. Ada sekitar lebih dari dua puluh menu yang dijual di restoran Padang. Di antara sekian banyak menu tersebut, ada enam olahan daging terpopular yang sering dipesan oleh para penikmat kuliner. Mari kita lihat!

 

1. Rendang



Sumber: pergikuliner.com


Rendang tak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga di luar negeri karena rendang masuk dalam jajaran kuliner terlezat di dunia. Rendang terbuat dari daging sapi yang potong kotak lalu dimasak bersama dengan santan kelapa dan aneka bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, jinten, ketumbar, kunyit, dan jahe. Memasak rendang membutuhkan waktu berjam-jam hingga tidak tersisa kuahnya. Selain daging sapi, rendang juga bisa dibuat dari daging kambing, daging kerbau, dan daging ayam.

 

2. Kalio



Sumber: rahasiadietartis.blogspot.com


Kalio merupakan sebutan untuk rendang yang masih setengah jadi alias masih memiliki kuah. Kalio memiliki warna yang lebih kuning orange jika dibanding rendang yang memiliki warna cokelat pekat. Teksturnya juga lebih lengket dan basah dibanding rendang yang agak kering. Kalio terbuat dari daging sapi yang dipotong-potong lalu dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, jahe, sereh, cabai, daun jeruk, kemiri, daun salam, jintan, dan lengkuas.

 

3. Dendeng Balado



Sumber: pergikuliner.com


Kalau olahan daging yang satu ini kamu pasti sudah tahu kan? Dendeng balado dikenal sebagai olahan daging pedas ala Minangkabau. Makanan ini bisa disimpan lama hingga berhari-hari sehingga banyak dijadikan oleh-oleh saat pergi ke Sumatera Barat. Dendeng Balado terbuat dari daging yang diiris tipis-tipis lalu dijemur atau dikeringkan kemudian digoreng dan diberi aneka bumbu seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, pekak, ketumbar, lada, daun jeruk, dan asam jawa. Tekturnya cripsy dan memiliki citarasa lebih pedas dibanding masakan Padang lainnya.

 

4. Dendeng Batokok



Sumber: resepdanmasakan.com


Dendeng batokok ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan dendeng balado, namun keduanya memiliki beberapa perbedaan. Daging yang digunakan pada dendeng balado harus dikeringkan lalu digoreng begitu saja, sedangkan daging pada dendeng batokok langsung digoreng dan dipukul-pukul hingga tipis sehingga tekstur dagingnya jadi lebih lembut. Kemudian cabai yang digunakan pada dendeng batokok adalah jenis cabai hijau yang ditumbuk kasar sehingga cita rasanya tak terlalu pedas dibanding dengan dendeng balado.

 

5. Cincang



Sumber: dbagus.com


Cincang merupakan salah satu jenis gulai khas Padang yang terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu kecil-kecil sehingga mudah untuk menyantapnya. Daging sapi yang sudah dipotong-potong tersebut dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, adas manis, pala, merica, sereh, lengkuas, daun salam, kecap manis, dan yang tak boleh ketinggalan adalah santan kelapa. Cincang dimasak hingga kuahnya mengental. Biasanya cincang ditambahkan dengan potongan kentang.

 

6. Sate Padang



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada sate Padang yang tak boleh ketinggalan dari menu olahan daging khas Padang. Sate Padang terbuat dari daging sapi yang dicampur dengan lidah sapi yang dipotong kotak-kotak kecil lalu dimasak dengan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, asam kandis, sereh, lengkuas, jahe, jinten, kunyit, daun jeruk, cabai merah, dan adas bubuk. Setelah daging empuk dan bumbu meresap, daging kemudian ditusuk-tusuk dengan tusukan sate kemudian dibakar dengan diolesi minyak. Sate Padang biasa disantap degan irisan lontong atau ketupat dan keripik singkong balado.


Dari ke-enam menu daging khas Padang diatas, kamu paling suka yang mana nih? Jadi pingin nyoba juga? Tenang, PergiKuliner sudah menyiapkan rekomendasi tempat dimana kamu bisa nikmatin makanan-makanan seperti di atas, di bawah ini!

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

Sate Padang Ajo Ramon

Foto Sate Padang Ajo Ramon

Sari Bagindo

Foto Sari Bagindo
Foto Sari Bagindo
Foto Sari Bagindo

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Mau tahu lebih banyak tentang rumah makan Padang enak di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek PergiKuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?