Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Santap Aneka Olahan Ayam Khas Oriental yang Jadi Favorit di Indonesia

List Artikel
8 November 2018 | 0 Komentar

Ayam menjadi salah satu makanan yang paling banyak disukai semua orang. Kenapa bisa demikian? Karena selain memiliki nilai gizi yang sangat tinggi, ayam bisa diolah menjadi beragam olahan makanan, baik itu digoreng, dikukus, direbus, hingga ditumis. Bagi para penggemar ayam, pastinya kamu selalu penasaran untuk mencicipi aneka olahan ayam, mulai dari olahan ayam khas Indonesia, barat, hingga oriental. Mendengar nama masakan oriental yang berbahan dasar ayam, kuliner apa yang langsung  terbayang olehmu? Di Indonesia ada beberapa olahan ayam khas oriental yang patut kamu coba lho. Simak satu-satu yuk!

 

1. Ayam Kuluyuk



Sumber : Blog.kulina.id


Pertama, ada ayam kuluyuk yang memiliki cita rasa gurih, asam dan manis pada saat yang bersamaan. Ayam kuluyuk dibuat dengan cara digoreng tepung terlebih dahulu, lalu nantinya akan ditumis bersama dengan saus kuluyuk yang terbuat dari bawang putih, bawang bombay, cabai merah, saus tomat, cuka, gula, garam, potongan mentimun dan nanas. Olahan ini sangat cocok jika disantap ketika masih panas bersama dengan nasi putih.


2. Ayam Hoisin



Sumber : Slimmingeats.com


Untuk olahan ayam khas oriental yang satu ini lebih memiliki cita rasa yang cenderung manis karena menggunakan bahan campuran bawang bombay, bawang putih, daun bawang, dan pastinya saus hoisin yang memiliki cita rasa manis agak pedas. Daging ayam yang sudah digoreng terlebih dahulu kemudian ditumis bersama dengan bahan campuran dan bumbu tersebut. Sebenarnya saus hoisin ini lebih banyak digunakan untuk memanggang, tapi masyarakat Tionghoa ternyata juga sering menggunakannya untuk menumis.


3. Ayam Tausi


Sumber : Gudangresep88.blogspot.com


Selanjutnya, ada ayam tausi yang merupakan olahan ayam khas oriental yang cita rasanya terbilang cukup unik karena menggunakan tausi. Tausi sendiri merupakan saus yang dibuat dari fermentasi kedelai hitam. Sekilas rasanya mirip dengan saus tauco, tapi rasanya jauh lebih ringan. Untuk membuat ayam tausi ini, kamu nggak hanya menggunakan saus tausi saja, tapi juga tambahan bumbu bawang putih, jahe, lada bubuk, minyak wijen, dan garam. Setelah ayam digoreng hingga matang, kemudian ayam ditumis dengan bumbu hingga meresap.

 

4. Ayam Kungpao



Sumber : Pergikuliner.com


Ayam kungpao atau yang lebih dikenal dengan nama kungpao chicken merupakan salah satu olahan ayam khas oriental yang paling sering dijumpai di restoran chinese food. Ayam kungpao terbuat dari ayam fillet yang digoreng terlebih dahulu hingga kecoklatan kemudian ditumis kembali bersama dengan bumbu bawang putih, bawang bombay, cabai, saus tiram, saus tomat, kecap manis dan minyak wijen. Aroma dari ayam kungpao ini sangat wangi dan menggoda.


5. Ayam Saus Lemon



Sumber : Kirbiecravings.com


Terakhir, ada ayam saus lemon yang sudah pasti memiliki campuran cita rasa asam di dalamnya. Ayam saus lemon ini terbuat dari ayam yang digoreng tepung terlebih dahulu lalu diberi siraman saus lemon yang dibuat dari air perasan jeruk lemon, madu, jahe, gula, garam dan larutan tepung maizena yang dimasak hingga matang. Selain cita rasa asam, ayam saus lemon ini juga ada campuran rasa manis di dalamnya.


Jadi, itu dia lima aneka olahan ayam khas oriental yang jadi favorit di Indonesia. Kamu sudah pernah coba yang mana saja nih? Jangan lupa mampir ke salah satu restoran chinese food yang menyajikan aneka olahan ayam tersebut ya di bawah ini!

Jia Dining - Hotel Shangri-La

Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La
Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La
Foto Jia Dining - Hotel Shangri-La

House Of Yuen - Fairmont Jakarta

Foto House Of Yuen - Fairmont Jakarta

Fook Yew

Foto Fook Yew
Foto Fook Yew
Foto Fook Yew

Sun City Restaurant - Sun City Hotel

Foto Sun City Restaurant - Sun City Hotel
Foto Sun City Restaurant - Sun City Hotel
Foto Sun City Restaurant - Sun City Hotel

Sanur Mangga Dua

Foto Sanur Mangga Dua
Foto Sanur Mangga Dua

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?