Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sarapan dengan 5 Kuliner Ini Agar Mood Kamu Jadi Lebih Baik

List Artikel
7 Desember 2018 | 0 Komentar
Sudah bukan hal yang asing lagi jika kita mengawali hari dengan mood yang buruk alias mengalami bad mood di pagi hari, maka seharian nanti kita akan terus menggerutu dan merasa sebal. Mengawali hari dengan mood yang bagus dan ceria bisa membuat aktivitas seharianmu nanti akan jadi lebih menyenangkan lho. Tapi tahukah kamu kalau ternyata kita bisa membuat mood jadi lebih ceria di pagi hari dengan menyantap atau sarapan kuliner-kuliner tertentu. Masa iya? Faktanya ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan hormon pencipta rasa bahagia (serotonin, oksitosin, dopamin, dan endorfin). Apa saja kulinernya? Coba kita simak langsung yuk!

1. Susu

Sumber : Pergikuliner.com

Di urutan pertama ada susu yang merupakan minuman kaya akan protein dan zat besi. Susu memang sering disantap pada pagi hari. Tapi hal ini ada alasannya juga lho. Susu mengandung senyawa yang disebut dengan nama tryptophan yang akan dikonversi menjadi hormon serotonin. Seperti yang kamu ketahui, hormon serotonin ini bisa membuat mood jadi lebih baik. Selain itu, suasana hatimu juga akan jadi lebih tenang karena ada kandungan laktium di dalam susu yang bisa menenangkan.

2. Alpukat


Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada alpukat yang mengandung asam lemak omega-3 yang tidak hanya baik untuk otak saja, tetapi juga ampuh untuk membuat mood jadi lebih baik. Di dalam alpukat terdapat vitamin B3 yang sangat tinggi yang bisa meningkatkan hormon serotonin. Kamu bisa mengonsumsi alpukat dengan dijadikan salad atau dibuat smoothie dengan tambahan campuran yoghurt rendah lemak.
 
3. Tomat

Sumber : Fedandfit.com


Selain alpukat, ada tomat yang juga bisa kamu santap jika ingin mood jadi lebih ceria di pagi hari. Tomat, terutama tomat jenis tomat ceri yang kaya akan sumber likopen. Likopen ini merupakan zat antioksidan yang bisa melindungi otak serta memerangi depresi. Selain itu, likopen juga bisa mencegah penumpukan senyawa pro-inflamasi yang berhubungan dengan depresi. Kamu bisa mengolah tomat menjadi aneka kuliner untuk sarapan seperti dipanggang atau dijadikan smoothie.

4. Kacang-kacangan



Sumber : Healthline.com


Siapa bilang kalau kacang-kacangan hanya cocok untuk dijadikan sebagai camilan saja. Kacang-kacangan juga bisa kamu tambahkan ke dalam menu sarapan untuk membuat mood jadi lebih ceria. Dalam kacang-kacangan terkandung vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium, dan zinc yang bisa menjaga hormon kortisol agar tetap rendah. Hormon kortisol ini merupakan hormon pemicu stres. Nah, jenis kacang-kacangan yang bisa kamu santap adalah almond, walnut dan kenari.

5. Dark chocolate


Sumber : Eatthis.com


Terakhir ada dark chocolate yang dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga bisa meningkatkan mood secara alami. Selain itu di dalamnya ada kandungan N-Acylethanolamine yang bisa menstimulasi otak untuk melepas hormon endorfin. Tapi ingat, lebih baik kamu tidak menambahkan gula ke dalamnya ya, sebagai gantinya kamu bisa tambahkan madu atau konsumsi dengan yoghurt dan buah-buahan agar lebih sehat.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan kuliner apa saja yang bisa buat mood jadi lebih baik saat pagi hari. Jika saat ini kamu sedang bad mood, kamu bisa langsung cicipi salah satu menu dari beberapa tempat di bawah ini ya untuk memperbaiki mood kamu!

Avocado Lovers

Foto Avocado Lovers

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Aroi Mango

Foto Aroi Mango

BRUN Premium Chocolate

Foto BRUN Premium Chocolate
Foto BRUN Premium Chocolate

Nalu Bowls

Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?