Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sayur Asem Ternyata Ada Banyak Jenisnya Lho, Kamu Sudah Tahu?

List Artikel
4 November 2018 | 0 Komentar

Kuliner Indonesia memang memiliki cita rasa yang khas karena masing-masing daerah punya ciri khas rasa yang nggak dimiliki orang lain. Contohnya saja kuliner nasi goreng, sate, serta sambal. Meski namanya sama, tapi jika kamu menyantapnya di daerah yang berbeda, maka rasanya pasti nggak akan sama. Selain ketiga kuliner tersebut, ada kuliner lain yang juga punya cita rasa yang berbeda di masing-masing daerah, yaitu sayur asem. Kita selama ini mengenal sayur asem yang itu-itu saja dan mengira kalau sayur asem di Indonesia sama saja. Padahal sayur asem ada banyak jenisnya jika kamu lihat dari daerah asalnya. Ada tiga sayur asem di Indonesia yang perlu kamu ketahui, yaitu:


1. Sayur Asem Betawi


Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada sayur asem Betawi yang sudah populer dan banyak disukai masyarakat Indonesia. Sayur asem Betawi ini terbuat dari bahan kacang panjang, kacang tanah, nangka muda, pepaya muda, daun melinjo, melinjo, dan jagung. Untuk bumbunya, ada bawang merah, bawang putih, air asem jawa, terasi, kemiri, dan cabai merah keriting. Jika dicicip, sayur asem Betawi punya citarasa gurih, asam, dan manis yang bercampur menjadi satu.

 

2. Sayur Asem Sunda


Sumber : Resepmedia.com


Sayur asem Sunda sering salah dikenali dengan sayur asem Betawi karena sekilas memang mirip. Tapi kalau kamu perhatikan, sayur asem Sunda ini berbeda sekali dengan sayur asem Betawi lho, baik dari segi tampilan serta cita rasanya. Sayur asem Sunda kebanyakan menambahkan cabai rawit di dalam campuran bumbunya sehingga meskipun warna dari kaldunya cenderung berwarna kekuningan dan agak keruh. Citarasa sayur asem Sunda cenderung lebih asam dan ada sedikit rasa pedas di dalamnya. 

 

3. Sayur Asem Aceh



Sumber : Nathaniaangella.wordpress.com


Jika selama ini kamu hanya mengenal sayur asam Betawi dan sayur asam Sunda, ternyata ada sayur asem Aceh yang sering disebut dengan nama sayur asem sunti. Tampilan sayur asem Aceh memang terlihat jauh berbeda jika dibandingkan dua sayur asem di atas karena warnanya cenderung putih pucat. Ini disebabkan sayur asem Aceh memiliki campuran santan di dalamnya. Untuk isiannya nggak jauh berbeda dengan sayur asem kebanyakan. Hanya saja sayur asem Aceh memiliki isian nangka muda yang lebih banyak.


4. Sayur Asem Jawa

Sumber : Id.tastemade.com


Selanjutnya ada sayur asem Jawa yang memiliki ciri khas kuah bening karena bumbu-bumbu yang digunakan tidak dihaluskan melainkan hanya diiris-iris saja. Tapi hal ini lantas tidak membuat sayur asem Jawa terasa tidak sedap karena bumbu yang digunakan sama saja kok dengan bumbu sayur asem kebanyakan. Hanya saja pada sayur asem Jawa terkadang ditambahkan belimbing wuluh sehingga citarasanya jadi lebih asam.

 

5. Sayur Asem Kalimantan



Sumber : Yasinyasintha.com


Terakhir ada sayur asem Kalimantan yang pastinya terdengar asing di telingamu karena sayur asem Kalimantan ini memang nggak banyak dijumpai kecuali di daerah asalnya saja. Sayur asem Kalimantan ini terlihat sangat jauh berbeda jika dibandingkan sayur asem dari daerah lainnya karena sayur asem ini menggunakan campuran ikan patin yang dimasak dengan belimbing wuluh, labu siam, kacang hijau, serta tomat. Rasanya sudah pasti sangat segar dan cocok disantap dengan nasi putih hangat.

 

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan jenis-jenis sayur asem yang ternyata ada banyak itu? Kalau kamu ingin menyantap salah satu menu sayur asem di atas, kamu bisa langsung cek beberapa referensi berikut ini ya!

Warung Mak Dower

Foto Warung Mak Dower

de' Leuit

Foto de' Leuit

Waroeng Sunda

Foto Waroeng Sunda
Foto Waroeng Sunda

Warung Leko

Foto Warung Leko

Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk

Foto Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?