Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sebelum Makan di Restoran Korea, Ketahui Dulu Etika Makan dari Negeri Ginseng Ini

List Artikel
14 Maret 2018 | 0 Komentar

Seiring dengan semakin terkenalnya musik dan drama Korea di Indonesia, maka semakin mudah kamu bisa menemukan restoran Korea dengan cita rasa autentik di berbagai penjuru Indonesia. Selayaknya negara-negara Asia lainnya yang sarat akan kebudayaan, Korea juga memiliki kebudayaan etika saat sedang makan. Meski tidak sedang berada di negera Korea, tapi ketika kamu sedang makan di restoran Korea, setidaknya kamu menerapkan etika makan dari negeri ginseng ini agar nantinya jika kamu pergi ke Korea, kamu sudah terbiasa dengan etika makan di sana. Ingin tahu seperti apa etika makan dari negeri ginseng, simak penjelasannya berikut ini!


Sumber : Pergikuliner.com 


1. Ucapan Wajib Sebelum dan Sesudah Makan

Sebelum menyantap makanan, ada ucapan yang harus kamu ucapkan terlebih dahulu yakni "Jalmeokhoseumnida’\" yang memiliki arti selamat makan dengan baik. Ucapan ini bertujuan agar kamu bisa menghargai makanan yang tersaji di atas meja. Setelah makan, kamu juga harus mengucapkan kata "Masigaemeokgoseumnida"  atau yang memiliki arti kalau kamu telah menikmati makanan yang tersaji dengan baik.

 

2. Persilahkan Orang yang Lebih Tua Terlebih Dahulu

Perlu kamu tahu kalau tingkat kesopanan masyarakat Korea sangat tinggi sehingga kamu diharuskan untuk selalu bertoleransi kepada orang yang lebih tua, terutama dalam etika menyantap makanan. Kamu diharuskan untuk mempersilahkan orang yang lebih tua untuk mengambil dan mencicip makanan terlebih dahulu. Jika kamu menyentuh makanan terlebih dahulu, maka kamu bisa dianggap kurang sopan.

 

3. Makan dengan Tempo yang Tidak Terburu-buru

Buat kamu yang terbiasa makan dengan cepat, maka jangan pernah melakukannya saat berasa di restoran Korea ya! Karena bagi masyarakat Korea, menyantap makanan dengan terburu-buru menandakan kalau kamu tidak menikmati hidangan yang tersaji. Makanlah dengan tempo yang sedang sehingga kamu bisa menikmati dan mencecap setiap cita rasa pada makanan yang masuk ke dalam mulut kamu.

 

4. Jangan Mengangkat Mangkuk atau Piring

Meski terdengar sepele, tapi jangan pernah sekali-kali kamu makan dengan mengangkat mangkuk atau piring. Hal ini tak hanya berlaku di restoran Korea saja, tapi juga di restoran Chinese dan Jepang karena dianggap kurang sopan. Lebih baik wajah kamu yang mendekat ke mangkuk. Selain itu, jangan sampai sumpit yang kamu gunakan dimasukkan atau ditancapkan ke dalam mangkuk seusai makan. Sebaiknya letakkan kembali sumpit di samping mangkuk setelah selesai makan.

 

5. Tak Boleh Ada Makanan Tersisa

Terakhir adalah kamu tak boleh menyisakan makanan alias makanan harus disantap hingga habis. Menyisakan makanan bisa dianggap kurang bersyukur dan tidak menikmati makanan. Berhubung makanan Korea ada banyak sekali makanan pendampingnya, usahakan untuk tidak menyentuh makanan pendamping yang tidak menarik minatmu dan menurutmu tidak akan kamu bisa habiskan.


Itu dia beberapa etika makan yang ada di Korea. Kamu juga bisa mempraktekannya jika berkunjung ke restoran-restoran Korea yang PergiKuliner di bawah ini!

Magal Korean BBQ

Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ
Foto Magal Korean BBQ

School Food Blooming Mari

Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari
Foto School Food Blooming Mari

Arasseo

Foto Arasseo
Foto Arasseo
Foto Arasseo

Born Ga

Foto Born Ga
Foto Born Ga
Foto Born Ga

Dubu Jib

Foto Dubu Jib
Foto Dubu Jib
Foto Dubu Jib

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?