Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sebelum Masak Daging Kurban, Ketahui Dulu Bagian-bagian Terbaik dari Kambing

List Artikel
22 Agustus 2018 | 0 Komentar

Bagi umat Muslim, Hari Raya Idul Adha merupakan perayaan di mana semua orang bisa menyantap daging. Tak hanya orang-orang yang mampu saja, tapi orang-orang yang kurang mampu juga bisa menyantap daging karena telah dibagikan daging kurban sehingga mereka bisa mengolah dan menyantapnya di rumah. Jenis daging yang paling banyak dibagikan saat kurban adalah daging kambing. Daging kambing ini bisa diolah menjadi beragam kuliner khas Indonesia yang rasanya enak seperti, sate kambing, tongseng, semur, sop, hingga gulai. Nah, sebelum memasak daging kurban, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian dari daging kambing karena masing-masing bagian cocok untuk diolah menjadi masakan tertentu. Mari kita lihat bagian-bagian terbaiknya!


Sumber : Detik.net.id


1. Iga

Bagian pertama yang paling banyak diincar adalah bagian iga kambing yang memiliki tekstur daging cukup kenyal. Lemak pada bagian iga ini tergolong cukup banyak sehingga aroma khas daging kambing lebih tercium kuat dibanding bagian lain. Meski begitu, kamu bisa menghilangkan baunya dengan membalurkan nanas atau tomat. Iga kambing cocok dibakar begitu saja atau dijadikan sup iga kambing yang segar.


2. Has Dalam

Bagian selanjutnya ada has dalam atau tenderloin yang menjadi salah satu bagian terbaik dari daging kambing. Tekstur daging has dalam ini sangat lembut dan empuk dan tidak sulit untuk memotong-motongnya. Oleh karena itu, daging kambing has dalam ini sangat cocok jika dijadikan berbagai macam olahan masakan berbahan dasar daging kambing seperti gulai, tongseng, sate, rendang, atau steak.

 

3. Has Luar

Ada has dalam, pastinya ada has luar alias sirloin juga donk. Daging kambing has luar ini memiliki tekstur yang juga empuk, tapi jika dibandingkan dengan has dalam, teksturnya agak lebih kenyal sedikit. Ini dikarenakan pada daging has luar terdapat lemak yang membuat daging terasa kenyal. Tapi dengan adanya lemak ini membuat rasa daging jadi lebih gurih. Daging kambing has luar lebih banyak diolah menjadi sate atau kuliner berkuah seperti tongseng, sop, dan gulai.

 

4. Bahu

Bagian bahu kambing atau punuk ini adalah bagian terbaik dan memiliki harga jual yang paling mahal jika dibandingkan bagian-bagian daging kambing lainnya. Pasalnya bagian ini memiliki daging yang banyak dengan lemak yang sangat sedikit sehingga teksturnya paling empuk. Bahu kambing ini cocok diolah menjadi kuliner apa saja, tapi yang paling enak dijadikan rendang, dendeng, atau steak ala barat.

 

5. Panggul

Biasanya bagian daging kambing yang paling banyak dibagian adalah bagian panggul. Bagian ini memiliki kadar lemak yang tidak terlalu banyak sehingga memiliki tekstur daging yang lumayan empuk. Meski begitu, aroma kambingnya cukup tercium, jadi saat mengolahnya usahakan untuk menambahkan banyak rempah. Bagian panggul sangat cocok dijadikan gulai, tongseng, dan juga sate.

 

6. Kaki Depan

Bagian daging kambing selanjutnya adalah kaki depan yang memiliki tekstur kenyal dan agak keras karena memiliki lebih banyak otot dibanding bagian lainnya. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengolahnya atau memasaknya dalam jangka waktu yang lama sehingga teksturnya bisa lebih empuk. Kaki depan paling sering diolah menjadi masakan berkuah seperti kari, semur, gulai, dan sup.

 

7. Kaki Belakang

Terakhir ada daging kambing bagian kaki belakang yang dijuluki dengan nama sengkel. Meski sama-sama kaki, tapi bagian kaki belakang ini jauh lebih empuk karena lebih banyak lemak dibanding otot. Kaki belakang kambing ini sangat cocok jika dijadikan semur, gulai, atau tongseng. Sama seperti kaki depan, kamu juga harus memasaknya dalam waktu yang cukup lama agar teksturnya jadi lebih empuk.


Itu dia tujuh bagian dari daging kambing yang terbaik untuk diolah jadi ragam masakan saat Idul Adha. Nah, kalau kamu malas mengolah daging kurban kamu, kamu bisa lho makan sate kambing, sop daging kambing, tongseng dan lain sebagainya di restoran yang PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Sop & Sate Kambing Asihan

Foto Sop & Sate Kambing Asihan
Foto Sop & Sate Kambing Asihan
Foto Sop & Sate Kambing Asihan

Pondok Sate Surya

Foto Pondok Sate Surya
Foto Pondok Sate Surya
Foto Pondok Sate Surya

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Kambing Bakar Barakah

Foto Kambing Bakar Barakah
Foto Kambing Bakar Barakah
Foto Kambing Bakar Barakah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?