Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sebelum Masak Daging Kurban, Ketahui Dulu Bagian-bagian Terbaik dari Kambing

List Artikel
27 Juni 2023 | 0 Komentar

Hari Raya Idul Adha, sebagai perayaan penting bagi umat Muslim, memberikan kesempatan bagi semua orang untuk menikmati santapan daging. Tak hanya terbatas pada kalangan mampu, bahkan mereka yang kurang mampu dapat menikmati daging melalui pembagian daging kurban yang dilakukan, sehingga mereka dapat mengolah dan menyantapnya di rumah. Dalam tradisi kurban, daging kambing menjadi jenis daging yang paling banyak dibagikan. Daging kambing ini memiliki potensi besar untuk diolah menjadi berbagai hidangan khas Indonesia yang lezat, seperti sate kambing, tongseng, semur, sop, dan gulai.


Sebelum memasak daging kurban, penting bagi kamu untuk mengetahui bagian-bagian utama dari daging kambing, karena setiap bagian memiliki kecocokan tertentu dalam diolah menjadi hidangan. Dengan memahami bagian-bagian terbaik dari daging kambing, kamu dapat memaksimalkan kelezatan dan tekstur hidangan yang akan kamu sajikan.


Mari kita jelajahi bagian-bagian terbaik daging kambing untuk memasak hidangan spesial dalam perayaan Hari Raya Idul Adha! Dengan pengetahuan ini, kamu akan mampu menghadirkan hidangan daging kambing yang lezat dan memuaskan untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-temanmu.


Sumber : Detik.net.id


1. Iga

Bagian pertama yang paling banyak diincar adalah bagian iga kambing yang memiliki tekstur daging cukup kenyal. Lemak pada bagian iga ini tergolong cukup banyak sehingga aroma khas daging kambing lebih tercium kuat dibanding bagian lain. Meski begitu, kamu bisa menghilangkan baunya dengan membalurkan nanas atau tomat. Iga kambing cocok dibakar begitu saja atau dijadikan sup iga kambing yang segar.


2. Has Dalam

Bagian selanjutnya ada has dalam atau tenderloin yang menjadi salah satu bagian terbaik dari daging kambing. Tekstur daging has dalam ini sangat lembut dan empuk dan tidak sulit untuk memotong-motongnya. Oleh karena itu, daging kambing has dalam ini sangat cocok jika dijadikan berbagai macam olahan masakan berbahan dasar daging kambing seperti gulai, tongseng, sate, rendang, atau steak.

 

3. Has Luar

Ada has dalam, pastinya ada has luar alias sirloin juga donk. Daging kambing has luar ini memiliki tekstur yang juga empuk, tapi jika dibandingkan dengan has dalam, teksturnya agak lebih kenyal sedikit. Ini dikarenakan pada daging has luar terdapat lemak yang membuat daging terasa kenyal. Tapi dengan adanya lemak ini membuat rasa daging jadi lebih gurih. Daging kambing has luar lebih banyak diolah menjadi sate atau kuliner berkuah seperti tongseng, sop, dan gulai.

 

4. Bahu

Bagian bahu kambing atau punuk ini adalah bagian terbaik dan memiliki harga jual yang paling mahal jika dibandingkan bagian-bagian daging kambing lainnya. Pasalnya bagian ini memiliki daging yang banyak dengan lemak yang sangat sedikit sehingga teksturnya paling empuk. Bahu kambing ini cocok diolah menjadi kuliner apa saja, tapi yang paling enak dijadikan rendang, dendeng, atau steak ala barat.

 

5. Panggul

Biasanya bagian daging kambing yang paling banyak dibagian adalah bagian panggul. Bagian ini memiliki kadar lemak yang tidak terlalu banyak sehingga memiliki tekstur daging yang lumayan empuk. Meski begitu, aroma kambingnya cukup tercium, jadi saat mengolahnya usahakan untuk menambahkan banyak rempah. Bagian panggul sangat cocok dijadikan gulai, tongseng, dan juga sate.

 

6. Kaki Depan

Bagian daging kambing selanjutnya adalah kaki depan yang memiliki tekstur kenyal dan agak keras karena memiliki lebih banyak otot dibanding bagian lainnya. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengolahnya atau memasaknya dalam jangka waktu yang lama sehingga teksturnya bisa lebih empuk. Kaki depan paling sering diolah menjadi masakan berkuah seperti kari, semur, gulai, dan sup.

 

7. Kaki Belakang

Terakhir ada daging kambing bagian kaki belakang yang dijuluki dengan nama sengkel. Meski sama-sama kaki, tapi bagian kaki belakang ini jauh lebih empuk karena lebih banyak lemak dibanding otot. Kaki belakang kambing ini sangat cocok jika dijadikan semur, gulai, atau tongseng. Sama seperti kaki depan, kamu juga harus memasaknya dalam waktu yang cukup lama agar teksturnya jadi lebih empuk.


Itu dia tujuh bagian dari daging kambing yang terbaik untuk diolah jadi ragam masakan saat Idul Adha. Nah, kalau kamu malas mengolah daging kurban kamu, kamu bisa lho makan sate kambing, sop daging kambing, tongseng dan lain sebagainya di restoran yang PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Sop & Sate Kambing Asihan

Foto Sop & Sate Kambing Asihan
Foto Sop & Sate Kambing Asihan
Foto Sop & Sate Kambing Asihan

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958

Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto

Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto
Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto
Foto Sate Kambing & Tengkleng Rica Rica Pak Manto

Sate Ayam & Kambing Megaria

Foto Sate Ayam & Kambing Megaria
Foto Sate Ayam & Kambing Megaria
Foto Sate Ayam & Kambing Megaria

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?