Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Segudang Manfaat Wasabi untuk Kesehatan

List Artikel
2 Oktober 2015 | 0 Komentar
Bagi kalian para pecinta makanan Jepang, seperti Sushi dan Sashimi, kalian pasti sudah sangat mengenal rasa khas menyengat yang berasal dari Wasabi—sejenis pasta tambahan yang biasa digunakan sebagai pendamping makanan Sushi dan Sashimi. 

Wasabi yang berasal dari parutan tumbuhan asal Jepang tersebut memang berfungsi sebagai penyedap rasa makanan. Jika cabai memiliki rasa khas pedas di lidah, maka Wasabi justru memberikan sensasi pedas menyengat di hidung dan tenggorokan si penikmatnya. Rasa pedas menyengat tersebut tidak jarang membuat para penikmat Sushi dan Sashimi menjadi enggan memakannya. Padahal di balik rasa pedas menyengat tersebut, terdapat banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit.


Sumber: www.wired.com

Berikut adalah beragam manfaat Wasabi bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan:

1. Mencegah Terjadinya Keracunan
Selain untuk menghilangkan rasa bau amis, penggunaan Wasabi pada menu Sashimi berfungsi untuk menghindari terjadinya keracunan makanan oleh mikroba yang mungkin masih terdapat di dalam daging mentah pada Sashimi. 

Tumbuhan Wasabi memiliki kandungan alil isothiocyanate, insektisida dan juga bakteriosida yang dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan bakteri, mengaktifkan zat antioksidan di dalam tubuh, mengaktifkan fase enzim untuk proses pengeluaran racun dari dalam tubuh, dan menetralisir atau membunuh seluruh spora jamur yang mungkin masuk ke dalam tubuh melalui makanan mentah.

2. Mencegah Penyakit Kanker
Kandungan alil isothiocyanate yang terdapat di dalam Wasabi ternyata memiliki peran penting dalam mencegah penyakit kanker. Selain dapat mengaktifkan zat antioksidan dan membunuh zat radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh kita, ternyata alil isothiocyanate juga dapat merusak dan mematikan sel kanker dalam waktu yang cepat, tanpa ikut merusak sel sehat lainnya di dalam tubuh kita. Wasabi juga memiliki kandungan yang baik bagi sistem pencernaan manusia, yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker perut dan juga kanker usus besar. 

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Tidak hanya berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit kanker, Wasabi juga ternyata memiliki kandungan anti-hiperkolesterolemia yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Wasabi juga mengandung senyawa 6-MSITC yang dapat berperan untuk menghambat terjadinya penggumpalan trombosit di dalam tubuh. Turunnya kadar kolesterol dan lancarnya sistem peredaran darah di dalam tubuh tentunya sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung kita.

4. Melegakan Sistem Pernapasan
Rasa dan aroma Wasabi yang sangat pedas menyengat juga ternyata dapat dimanfaatkan untuk melegakan sistem pernapasan manusia, terutama bagi para penderita sinus. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu mencium aroma Wasabi dari jarak yang tidak terlalu dekat secara perlahan. Kandungan alil isothiocyanate di dalam Wasabi juga ternyata mampu menghambat pertumbuhan bakteri pathogen pada saluran pernapasan yang seringkali menyebabkan penyakit flu pada manusia. 

5. Menjaga Kebersihan Kulit Wajah
Selain dengan cara dikonsumsi, penggunaan Wasabi juga dapat dilakukan dengan cara mengaplikasikannya langsung pada kulit wajah. Kandungan anti bakteri di dalam Wasabi tersebut dimanfaatkan untuk membunuh semua bakteri ataupun kuman yang terdapat di dalam wajah, yang seringkali menjadikan wajah terlihat lebih kusam. Saat ini, sudah banyak sekali produk kecantikan wajah yang menggunakan Wasabi sebagai kandungan utama di dalamnya.

Itulah berbagai manfaat mengonsumsi wasabi untuk kesehatan. Namun yang perlu kamu juga ingat, bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi atau digunakan secara berlebihan dapat memberikan efek negatif pada penggunanya. Oleh karena itu, konsumsi dan manfaatkan Wasabi sesuai fungsinya yah guys.

Sushi Masa

Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa
Foto Sushi Masa

Nama Sushi by Sushi Masa

Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa
Foto Nama Sushi by Sushi Masa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?