Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sehat dan Lezat, Inilah 4 Manfaat Kikil Untuk Kesehatan

List Artikel
24 Juli 2017 | 0 Komentar

Kikil merupakan salah satu makanan khas nusantara yang dapat ditemui pada beberapa jenis hidangan seperti soto, sop, dan sate. Kikil berasal dari bagian tulang rawan sapi yang paling enak dimasak dengan bumbu santan atau rempah-rempah lainnya. Tak hanya lezat dimakan, ternyata makanan yang kaya akan purin ini juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Untuk itu, dianjurkan kepada kita untuk mengetahui manfaat-manfaatnya. Mari simak yuk!



sumber : pergikuliner.com 


1.Mempertahankan Elastisitas Kulit

Kikil mengandung protein yang berbentuk kolagen. Sekitar 30% kandungan kolagen tersebut dapat kita temui pada kikil atau kaki sapi, kerbau, atau kambing. Selain mengandung kolagen, kikil juga memiliki sejumlah kandungan keratin dan elastin yang dapat dimanfaatkan untuk membentuk struktur pada jaringan kulit. Tentu saja proses regenerasi kulit ini sangat baik untuk mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit kita.


2. Mencegah Risiko Penyakit Berbahaya

Di dalam kikil terdapat pula selenium yaitu semacam mineral yang berguna untuk mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh. Enzim tersebut bernama glutathione peroksidase yang mampu melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu, selenium dalam kikil juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel darah putih yang sangat penting untuk mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti leukemia.


3. Membantu Pertumbuhan Sel

Setelah berhasil membuat kulit awet muda dan mencegah penyakit masuk dalam tubuh, ternyata kikil juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan sel. Dimana kandungan protein dan kalsum pada kikil diketahui dapat berfungsi untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh, menjaga agar tulang tetap kuat, sekaligus mencegah terjadinya osteoporosis atau penyakit tulang keropos.


4. Menghitamkan Rambut

Jika kamu sedang berencana untuk menghitam rambut maka tak usah repot-repot untuk datang ke salon. Kamu dapat memanfaatkan kikil sebagai makanan mujarab yang bisa membantu menghitamkan rambutmu secara alami. Kikil memang sudah sejak lama dipercaya ampuh dalam hal menghitamkan rambut terutama bagi rambut yang telah memutih atau beruban.


Itu dia manfaat dari mengkonsumsi kikil yang perlu teman PergiKuliner tau. Selain pada sop, soto dan sate kikil juga banyak disediakan sebagai pendamping bakso. Dan buat teman PergiKuliner yang ingin makan soto, sop dan bakso yang ada kikilnya, kamu bisa mengunjungi tempat makan rekomendasi PergiKuliner di bawah ini. Di jamin rasanya endes lho!

Kenaungan Soto Banjar

Foto Kenaungan Soto Banjar
Foto Kenaungan Soto Banjar
Foto Kenaungan Soto Banjar

Soto Betawi Babe Jamsari

Foto Soto Betawi Babe Jamsari

Soto Mie Pak Kumis

Foto Soto Mie Pak Kumis
Foto Soto Mie Pak Kumis

Sop Kaki Kambing Bang Anen

Foto Sop Kaki Kambing Bang Anen

Bakso Kikil Pak Jaka

Foto Bakso Kikil Pak Jaka

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?