Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sehat Melalui Biji Buah yang Bermanfaat Ini!

List Artikel
20 Juni 2017 | 0 Komentar

Kalau teman PergiKuliner makan buah, pasti bijinya akan selalu dibuang bukan? Karena biji buah biasanya tidak memiliki manfaat dan bertekstur keras sehingga sulit dimakan dan kerap kali dihindari. Tetapi jangan salah lho, ternyata menurut para ahli ada juga biji buah-buahan yang dapat dimakan dan bermanfaat bagi kesehatan. Setidaknya ada 7 jenis biji buah-buahan yang ternyata sehat untuk dikonsumsi. Disamping itu, dalam kandungan biji buah-buahan ini terdapat pula serangkaian vitamin dan nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh kita. Ingin tahu biji buah-buahan apa saja itu? PergiKuliner akan kupas penjelasannya disini!



Sumber: manfaat.co.id


1. Biji Semangka

Siapa yang menyangka jika buah semangka yang segar ternyata memiliki biji buah yang berkhasiat bagi kesehatan. Biasanya jika teman PergiKuliner makan buah semangka, seringkali menghindari bahkan membuang bijinya. Padahal biji semangka tersebut bisa langsung dimakan dan mengandung vitamin B, magnesium, dan zat besi yang berkhasiat untuk sistem kekebalan tubuh dan sistem saraf. Selain itu, biji semangka juga dipercaya dapat mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit jantung kronis.


2. Biji Markisa

Selanjutnya, ada biji buah markisa yang kaya akan antioksidan dan magnesium. Kedua zat tersebut diyakini mampu mencegah penyakit pikun atau alzheimer, demensia, jantung, diatabetes, penuaan, dan masalah gangguan pada pencernaan.


3. Biji Pepaya

Jika kamu suka mengkonsumsi buah pepaya maka usahakan untuk tidak membuang bijinya. Kamu dapat mengolah dan mengkonsumsi biji pepaya secara rutin guna melancarkan sistem kerja pencernaanmu. Di dalam biji pepaya sendiri juga terkandung zat antiseptik dan enzim carpaine yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit akibat sulit buang air besar serta membersihkan racun dan infeksi parasit yang menempel di dalam tubuh.


4. Biji Jeruk

Ada begitu banyak jenis jeruk yang kita kenal, namun setidaknya ada lima jenis biji jeruk yang ternyata aman untuk dikonsumsi seperti jeruk lemon, jeruk bali, jeruk purut, jeruk limau, dan jeruk keprok. Semua jenis biji jeruk tersebut dapat kamu konsumsi melalui proses penggilangan atau disangrai dan sangat berkhasiat bagi kesehatan seperti lemak omega untuk mengurangi peradangan dan juga asam salisilat yang bermanfaat bagi perawatan kulit.


5. Biji Pir

Biji buah berikutnya yang juga bisa dimakan adalah biji buah pir. Kandungan antioksidan dalam biji buah pir dipercaya bisa membantu mencegah beberapa jenis penyakit kanker. Namun perlu diketahui bahwa biji pir juga mengandung sedikit kadar sianida sehingga disarankan bagi Teman PergiKuliner untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.


6. Biji Apel

Sama halnya dengan biji buah pir, buah pel juga dikabarkan memiliki kandungan zat sianida di dalam bijinya. Namun hal ini masih bisa ditolerir karena kandungan vitamin B17 dalam biji apel jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kandungan sianida. Maka dari itu, kamu dapat mengkonsumsinya untuk membantu menjaga sistem saraf dan mencegah penyakit kanker asal jangan berlebihan.


7. Biji Alpukat

Biji buah yang terakhir adalah biji alpukat. Kita ketahui bahwa biji buah alpukat sangat besar dan tidak mungkin untuk dikonsumsi secara langsung. Cara alternatif untuk mengkonsumsinya adalah dengan melakukan proses penggilangan atau menghancurkannya melalui proses blending. Biji alpukat memiliki beberapa nutrisi seperti zat kalium, antioksidan, dan serat yang mampu mencegah penyakit jantung, kanker, stroke, dan beberapa penyakit pencernaan lainnya.


Itu dia beberapa biji buah yang bermanfaat bagi kesehatan kamu. Jangan lupa untuk selalu mengatur pola makan yang sehat agar tubuh selalu fit dan terbebas dari berbagai resiko penyakit. Dan nggak ada salahnya kalau teman PergiKuliner mulai mencoba aneka makanan dan minuman di beberapa tempat makan sehat, seperti yang telah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Nalu Bowls

Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls

Vita-Mine Smoothie Bar

Foto Vita-Mine Smoothie Bar
Foto Vita-Mine Smoothie Bar
Foto Vita-Mine Smoothie Bar

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Jamba Juice

Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?