Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejak Kapan Sebenarnya Manusia Mulai Memasak Makanannya?

List Artikel
26 Maret 2019 | 0 Komentar

Ada banyak sekali metode memasak yang ada di dunia, mulai dari mengukus, memanggang, menggoreng, membakar, mengetim, hingga merebus. Meski menggunakan bahan makanan dan bumbu yang sama, tapi jika metode memasaknya berbeda, maka hasilnya juga akan berbeda. Makanan yang dimasak memang memiliki citarasa yang berbeda tergantung dari cara memasaknya. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya sebenarnya sejak kapan manusia mulai mengenal metode memasak untuk makanannya?



Sumber : Foodandwine.com


Kapan manusia mulai memasak memang tidak bisa dipastikan kapan tepatnya. Tapi menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences diketahui kalau 1,9 juta tahun yang lalu, manusia purba sudah mulai memasak makanan mereka. Homunid yang termasuk dalam spesies Homo Erectus diketahui sudah mulai memasak dan mengolah makanan mereka. Hal ini bisa dibuktikan dari hasil penemuan jejak penggunaan api yang berada sekitar 30 meter dari goa tempat tinggal Homonid. Salah seorang peneliti yang berasal dari Boston University bernama Frensesco Berna meneliti goa tempat tinggal Homonid. Selain melihat jejak penggunaan api, ada juga alat-alat berbentuk batu yang berada di lokasi tersebut. Alat berbentuk batu ini diduga digunakan oleh Homonid untuk menyalakan api dan juga sebagai wadah memasak makanan mereka.



 Sumber : Pergikuliner.com


Dengan digunakannya metode memasak makanan ini, manusia purba Homo Erectus yang tadinya menghabiskan waktunya sebanyak 48% dalam sehari atau kira-kira 10 jam, setelah metode memasak makanan ditemukan, mereka hanya menghabiskan waktu untuk makan 20-30% saja dalam sehari. Ini dikarenakan makanan yang sudah matang akan lebih mudah untuk dikonsumsi dibanding yang masih mentah. Berhubung makanan yang dimakan sudah dalam bentuk matang, maka semenjak itu terjadi evolusi pada gigi graham manusia purba Homo Erectus yang semakin mengecil. Tak hanya gigi geraham saja yang berubah, tapi ukuran usus manusia purba Homo Erectus juga berubah menjadi lebih kecil karena makanan yang dimakan lebih mudah untuk dicerna.


Sekarang kamu sudah tahu bukan kapan manusia mulai memasak makanan mereka? Semakin berkembang teknologi, maka metode memasak yang digunakan oleh masyarakat akan semakin canggih lagi dan cita rasa makanan akan lebih lezat. Jadi lapar setelah membaca artikel di atas? Kamu bisa mencoba aneka kuliner lezat yang dimasak di bawah ini ya!

Amertha Warung Coffee

Foto Amertha Warung Coffee
Foto Amertha Warung Coffee
Foto Amertha Warung Coffee

Akira Back Indonesia

Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia
Foto Akira Back Indonesia

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?