Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejarah Es Teh Manis "Si Minuman Sejuta Umat" di Indonesia

List Artikel
3 Maret 2021 | 0 Komentar

Es teh manis menjadi salah satu minuman yang memiliki julukan sebagai minuman sejuta umat di Indonesia.Apapun jenis makanannya, minumnya yang enak ya es teh manis. Es teh manis sangat populer di Indonesia, tak hanya sebagai pelepas dahaga, tetapi juga sering dikonsumsi sebagai teman makan saat sedang makan besar. Rasanya manis dan sensasi dinginnya sangat cocok dinikmati pada cuaca tropis yang ada di Indonesia. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau sehingga aman di kantong. Menjadi minuman kebangsaan banyak orang, tahukah kamu sejarah es teh manis di Indonesia? Es teh manis ini ternyata ada sejarah perjalanannya loh dan pastinya asal usulnya ini punya cerita panjang. Simak yuk!



Sumber: Idntimes.com


Sejarah es teh manis tidak langsung diciptakan begitu saja karena awalnya masyarakat Indonesia bahkan belum mengenai yang namanya tanaman teh sebelum masa penjajahan Belanda. Barulah ketika Belanda datang ke Indonesia, kita mulai mengenal yang namanya tanaman teh. Tanaman teh dibawa oleh Belanda melalui jalur perdagangan Maluku saat hendak berdagang rempah-rempah di Indonesia. Lalu sekitar abad ke-17an, Belanda sangat tertarik dan jatuh cinta dengan kesuburan tanah Indonesia, terutama yang ada di Pulau Jawa. Oleh karena itu, Belanda membawa tanaman teh ke Batavia (Jakarta) melalui Pantai Sukabumi. Lalu di daerah Jawa Barat inilah perkebunan teh pertama kali dibuat dan dikembangkan secara besar-besaran. Tercatat ada sekitar 131 perkebunan teh yang ada di Pulau Jawa dan yang terbanyak terdapat di daerah Jawa Barat.

 


Sumber: Kompas.com


Mirisnya, meski terdapat banyak perkebunan teh di Pulau Jawa, tapi masyarakatnya tidak menggunakan daun teh untuk dijadikan minuman teh, melainkan menggunakan batang tanaman teh yang sebenarnya adalah sampah yang dibuang karena tidak dipakai. Pada masa itu, daun teh menjadi salah satu komuditas perdagangan yang sangat menguntungkan sehingga nilai jualnya sangat mahal sekali. Hal inilah yang membuat tidak semua orang bisa membeli daun teh. Tapi anehnya, meski hanya dibuat dari batang teh saja, hasil teh buatan masyarakat setempat sangatlah nikmat dikonsumsi. Tak heran kalau hingga saat ini masih ada beberapa kedai atau tempat makan di Jawa Barat, Tengah, dan Timur seringkali memberikan secara gratis segelas teh tawar kepada pelanggannya. Ini dikarenakan sudah menjadi tradisi turun temurun karena teh awalnya hanya dibuat dari bahan dasar batang teh yang gratis didapat.

 


Sumber: Idntimes.com


Beberapa saat kemudian setelah perkebunan teh dibuat dalam skala besar, muncullah perkebunan tebu di Pulau Jawa. Belanda yang waktu itu melihat kecocokan tanah di Pulau Jawa untuk menanam tanaman tebu pun akhirnya membuka banyak perkebunan tebu. Di masa itu, tebu belum diolah menjadi gula pasir melainkan baru diolah menjadi minuman bercita rasa manis saja. Lalu di abad yang sama yakni masih di sekitar abad ke-17an, Belanda membuat gula dari tebu. Didirikanlah pabrik gula tebu di berbagai daerah di Pulau Jawa. Dengan banyaknya pabrik gula di Pulau Jawa, maka masyarakat setempat bisa dengan mudah mendapatkannya. Sejarah es teh manis pun dimulai di sini. Masyarakat Jawa yang pada dasarnya memang sudah suka dengan kuliner manis kemudian menikmati sajian teh mereka dengan ditambahkan gula pasir yang terbuat dari tebu di dalamnya.



Sumber: Orami.co.id


Pada abad ke-18, masuklah es batu di Indonesia yang dibawa oleh kapal dari Boston, Amerika Serikat. Saat itu es batu menjadi kuliner yang sangat mahal harganya, tapi pada abad ke-19, es batu sudah mulai bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Berhubung cuaca di Indonesia terbilang cukup panas, masyarakat setempat kemudian memasukkan es batu ke dalam minuman teh manis mereka. Harga teh dan gula yang sangat terjangkau di Indonesia membuat minuman ini sangat populer dan banyak disukai.


Tidak banyak yang tahu akan sejarah es teh manis, meskipun es teh manis menjadi minuman sejuta umat di Indonesia. Setelah membaca artikel ini, teman kuliner tentu senang dong karena sekarang jadi tahu bagaimana asal mula minuman satu ini? 
Zaman sekarang es teh manis mulai dikembangkan menjadi ragam inovasi minuman kekinian yang menyegarkan. Seperti beberapa diantaranya bisa teman kuliner temuka di tempat-tempat di bawah ini!

Teh Tarik Uncle G

Foto Teh Tarik Uncle G
Foto Teh Tarik Uncle G
Foto Teh Tarik Uncle G

Ben Gong's Tea

Foto Ben Gong's Tea
Foto Ben Gong's Tea
Foto Ben Gong's Tea

Tea Station

Foto Tea Station
Foto Tea Station
Foto Tea Station

House of Tea

Foto House of Tea
Foto House of Tea
Foto House of Tea

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?