Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejarah Kari, Benarkah Asalnya dari India?

List Artikel
14 November 2017 | 0 Komentar

Makanan dengan bumbu kari sudah sangat populer di berbagai belahan dunia. Ada makanan kari dari Jepang, makanan kari dari Arab, bahkan Eropa pun juga punya beberapa makanan dengan bumbu kari yang tentunya sudah disesuaikan dengan lidah orang sana. Namun sejatinya, dari manakah asal-muasal kari ini berasal. Kamu adalah salah satu penggemar masakan kari? Jangan cuma sekadar hobi menyantap kari, tetapi ketahui juga sejarahnya. Nah! Berikut ini PergiKuliner akan memaparkan sedikit mengenai sejarah dan asal-usul masakan kari. Yuk simak!


Sumber : pergikuliner.com


1. Apa Itu Kari? Benarkah Masakan Ini Berasal Dari India?

Kari merupakan nama untuk jenis masakan yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah hingga mempunyai cita rasa yang kuat dan pedas. Namun perlu diketahui, sebelum menjadi salah satu makanan yang sangat digemari di Asia dan Eropa, sebenarnya kari itu berasal dari Asia Selatan, tepatnya India. Jadi, jika kamu menduga kari itu asalnya dari Jepang, Thailand, apalagi Indonesia berarti kamu salah besar!

Kepopuleran kari kemudian menyebar dari India hingga ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, rasa kari akhirnya dikembalikan pada selera masyarakat di masing-masing negara. Dengan demikian, kamu yang menyukai rasa kari ala Jepang, belum tentu cocok dengan cita rasa kari asal India yang terkenal dengan bumbunya yang lebih kuat dan tajam. Begitu pun dengan rasa kari ala Thailand maupun Inggris. Sebab, rasa kari memang telah diadopsi ke dalam masing-masing masakan negara tersebut.

Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari memang sangat beragam. Bumbu yang umumnya digunakan antara lain adalah ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkeh. Namun, jenis rempah-rempah yang digunakan bergantung dari jenis kari dan negara asalnya.


2. Asal-Usul Nama Kari

Dalam bahasa Dravida, kari berarti sayuran dalam saus. Sementara dalam kata kerja karughi dalam bahasa Tamil, kari mengandung arti menggoreng dengan minyak banyak (membakar). Dalam bahasa Kanada pun, kari juga berarti menggoreng atau hidangan gorengan. Dalam sebagian bahasa di India Selatan, kari secara harfiah berarti lauk (berbagai macam masakan sayuran dan daging) yang dimakan bersama nasi atau roti. Sementara di negara-negara Barat, curry telah menjadi kosa kata bahasa Inggris untuk semua jenis masakan khas Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah.


Dan itu dia sejarah kari yang telah PergiKuliner rangkum buat kamu. Sekarang waktunya kamu mencicipi aneka kari dari beberapa negara di Asia seperti India, Jepang dan Thailand di beberapa tempat makan di bawah ini!

Queen's Tandoor

Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor
Foto Queen's Tandoor

Karei-Ya

Foto Karei-Ya
Foto Karei-Ya
Foto Karei-Ya

Thai Jim Jum

Foto Thai Jim Jum

Go! Curry

Foto Go! Curry
Foto Go! Curry
Foto Go! Curry

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?