Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejarah Resep Asli Kimchi Khas Korea

List Artikel
22 Juni 2022 | 0 Komentar

Kimchi menjadi salah satu kuliner khas Korea yang sangat populer di dunia, termasuk Indonesia. Kuliner ini punya cita rasa yang unik karena dibuat dengan cara difermentasikan sehingga rasanya menjadi lebih kaya. Ada perpaduan rasa asam, asin, dan terkadang ada beberapa jenis kimchi yang rasanya agak manis. Kimchi ini bukanlah kuliner utama, melainkan kuliner pendamping untuk disantap sebagai lauk pauk. Di Korea, mereka menyebut kimchi sebagai banchan yang cocok disantap bersama dengan nasi, mie, hingga kuliner yang lainnya. Berhubung dibuat dengan cara difermentasikan, maka tak heran kalau kimchi mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita, mulai dari bisa melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat penuaan, meningkatkan kesehatan jantung, hingga mampu melawan infeksi yang terjadi pada tubuh. Ditambah lagi, kimchi dibuat dari bahan dasar sayuran.



Sumber: Pergikuliner.com


Selama ini kita selalu mengenal kimchi yang terbuat dari sawi putih sebagai kimchi klasik yang keberadaannya sudah ada sejak awal. Tapi tahukah kamu kalau sejarah resep asli kimchi khas Korea ini bukanlah menggunakan sawi putih. Menurut sejarah resep asli kimchi khas Korea,  ini awalnya hanya menggunakan lobak putih yang difermentasikan dan dinamakan dengan kimchi. Ditambah lagi, kimchi lobak tersebut tidaklah menggunakan bubuk cabai sehingga warnanya justru putih kekuningan. Kimchi dibuat oleh masyarakat Korea awalnya dengan tujuan untuk mengawetkan hasil panen sayuran mereka agar tak mudah busuk, terutama pada saat panen musim dingin. Masyarakat Korea pada saat Tiga Periode Kerajaan atau sekitar tahun 57 SM-668 M. Resep asli kimchi khas Korea menggunakan bahan dasar lobak yang difermentasikan dengan cara yang sangat sederhana, yakni diberi garam untuk mengawetkannya. Cara ini memang sangat efektif digunakan dalam periode waktu yang lama.

 


Sumber: Pergikuliner.com


Mengapa sejarah resep asli kimchi ini tidak menggunakan sawi putih? Ternyata di tahun tersebut, sawi putih masih belum dikenal oleh masyarakat Korea. Barulah di tahun 1392-an perdagangan di Korea sedang tumbuh pesat dan dari sinilah masyarakat Korea mengenal sawi putih atau kubis China dan mulai menanamnya di ladang mereka. Meski demikian, resep asli kimchi khas Korea bukanlah yang seperti saat ini. Meski sudah sama-sama dibuat dari bahan dasar sawi putih, tapi warnanya masih belum kemerahan karena masih belum menggunakan bubuk cabai. Hanya saja, kimchi tersebut sudah mengalami inovasi dari segi bumbu yang digunakan. Jika awalnya proses fermentasi hanya menggunakan garam saja, kali ini bumbu yang digunakan sudah menggunakan bawang putih, bawang bombay, daun bawang, dan lain sebagainya. Selain itu, jenis sayuran yang digunakan tak lagi hanya lobak dan sawi putih melainkan ada mentimun, rebung, dan lain sebagainya.



 Sumber: Pergikuliner.com


Barulah di tahun 1392-1910, yakni pada zaman Dinasti Joseon, perdagangan antar negara dan kerajaan di Korea semakin berkembang dan rempah-rempah dari luar Korea pun mulai masuk, salah satunya adalah cabai. Penambaham cabai pada kimchi membuat rasanya berubah drastis karena memiliki rasa yang agak pedas. Perpaduan rasa pedas, asam, dan asin ini sangatlah disukai oleh masyarakat Korea. Resep asli kimchi khas Korea inilah yang saat ini masih digunakan. Tercatat pada tahun 1872, tercatat ada lebih dari 80-an jenis kimchi khas Korea yang dibuat dari beragam jenis sayuran dan bahan campuran. Jumlahnya semakin bertambah hingga sekarang terdapat sekitar 200-an jenis kimchi yang berbeda.

 

Sekarang kamu sudah tahu bukan, bagaimana resep asli kimchi khas Korea ditemukan? Ternyata resep kimchi sudah melalui perjalanan yang cukup panjang sehingga tak heran kalau kuliner ini dianggap sebagai salah satu aset budaya dan warisan budaya bagi masyarakat Korea. 

Dalam penyajiannya, kimchi biasanya disajikan sebagai banchan atau makanan pendamping dari semua makanan khas Korea seperti Korean BBQ, sundubu jiggae, dan lain sebagainya. Nah, kalau teman kuliner tertarik mau makan kimchi dan makanan Korea lainnya, langsung mampir ke tempat-tempat di bawah ini ya!

Noodle King

Foto Noodle King
Foto Noodle King
Foto Noodle King

Jjang Korean Noodle & Grill

Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill
Foto Jjang Korean Noodle & Grill

Chung Gi Wa

Foto Chung Gi Wa
Foto Chung Gi Wa
Foto Chung Gi Wa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?