Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejarah Roti Unyil yang Ternyata Sudah Ada sejak Tahun 90-an

List Artikel
8 November 2023 | 0 Komentar

Siapa yang tidak kenal roti unyil? Roti jadul yang saat ini kembali ramai diperbincangkan. Roti unyil sebenarnya adalah roti klasik yang sangat terkenal di Indonesia. Roti ini memiliki ukuran yang terbilang lebih kecil dibandingkan roti-roti kebanyakan karena bisa disantap hanya dengan 1-2 kali gigitan saja. Keunikan dari segi bentuk inilah yang membuatnya masih diburu hingga sekarang. Meski ukurannya kecil, roti unyil memiliki varian rasa yang berbeda-beda karena isian dan topping yang digunakan bisa beragam, mulai dari topping manis hingga asin. Sebelum kamu menyantap roti unyil, mari kita simak napak tilas dari kuliner yang satu ini!



Sumber: pergikuliner.com

 

Muncul di Tahun 90-an

Roti unyil adalah roti klasik yang konon pertama kali muncul pada tahun 1992. Roti unyil pertama kali dibuat di Bogor oleh Hendra Saputra Hawidjaja dan kakaknya yang bernama Harlianty. Keduanya membuat roti yang sengaja dibuat dalam ukuran yang kecil-kecil sehingga dinamakan roti unyil. Dengan bentuknya yang unik dan berbeda dari roti kebanyakan, maka tak heran kalau roti unyil langsung dilirik oleh banyak orang di masa kemunculannya itu.

 

Awalnya Ditargetkan untuk Anak-anak

Sebenarnya pada awal kemunculannya, roti unyil sengaja dibuat dalam ukuran mini bukan tanpa alasan. Ternyata, roti unyil ini ditargetkan untuk anak-anak. Oleh karena itu, bentuknya sengaja dibuat kecil agar porsinya sesuai dengan anak-anak. Waktu itu di Bogor, ada banyak anak-anak yang menggemari roti dan menjadikannya sebagai bekal makan siang. Bentuknya yang kecil sangat cocok dengan porsi anak-anak sehingga saat itu mayoritas pembelinya adalah ibu-ibu yang membelikan bekal roti untuk anaknya sekolah.

 

Asal Namanya yang Terinspirasi dari Tokoh Si Unyil

Masih ada kaitannya dengan anak-anak, supaya roti berukuran mini cocok dengan pasaran anak-anak, maka roti ini dinamakan dengan nama roti unyil. Di era tahun 80 sampai 90-an, sebuah film seri televisi yang berjudul "Si Unyil" sempat melambung dan menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak Indonesia. Sesuai namanya, tokoh Unyil merupakan boneka yang terlihat kecil, ceria, dan selalu penuh dengan petualangan menarik. Nama roti unyil pun terinspirasi dari nama tokoh Unyil karena tokoh tersebut sangat disukai anak-anak. Dengan menggunakan nama karakter yang disukai anak-anak, kemunculan roti unyil pun berhasil menarik menarik minat dan perhatian anak-anak.



Sumber: pergikuliner.com

 

Roti Mini yang Jadi Oleh-oleh Khas Bogor

Roti unyil sangat identik dengan oleh-oleh khas Bogor. Setiap wisatawan yang datang ke Kota Hujan ini kerap kali membawa roti unyil sebagai oleh-oleh karena roti ini terbilang cukup unik dan menarik untuk dicoba. Roti unyil ini bahkan tidak pernah absen dari toko oleh-oleh yang ada di Bogor. Biasanya roti unyil dijual dalam bentuk eceran, tapi ada juga yang menjualnya per dus. Dalam satu dus, bisa berisi antara 10-12 buah roti dengan varian yang beragam. Dibandingkan eceran, roti unyil per dus ini memiliki harga yang lebih murah.

 

Viral Lagi setelah Puluhan Tahun

Meski roti unyil sudah muncul sejak tahun 90-an, roti ini kembali viral beberapa minggu belakangan ini. Tidak diketahui secara pasti mengapa roti unyil ini bisa kembali viral dan apa penyebabnya. Tapi pastinya roti unyil mulai kerap muncul dalam video TikTok, Instagram, hingga YouTube. Baik dalam bentuk postingan oleh-oleh maupun resep roti unyil. Banyak penikmat roti unyil yang merasakan keunikan dari melahap roti hanya dengan satu atau dua suapan saja. Selain itu, rasa dari roti unyil yang bervariasi diduga menjadi salah satu penyebab mengapa roti ini banyak digemari.

 

Itulah sekilas napak tilas sejarah dari roti unyil yang jadi roti viral. Roti unyil, dengan keunikan bentuknya yang kecil dan imut, telah mencuri perhatian banyak orang dari setiap kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Nah, buat kamu yang suka banget menyantap roti, di bawah ini ada beberapa rekomendasi toko roti enak yang bisa kamu kunjungi!

Roti Unyil Venus

Foto Roti Unyil Venus
Foto Roti Unyil Venus
Foto Roti Unyil Venus

Suisse Bakery

Foto Suisse Bakery
Foto Suisse Bakery
Foto Suisse Bakery

Michelle Bakery

Foto Michelle Bakery
Foto Michelle Bakery
Foto Michelle Bakery

Honey Loaf

Foto Honey Loaf
Foto Honey Loaf
Foto Honey Loaf

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?