Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejarah Sate yang Menjadi Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia

List Artikel
13 Juli 2018 | 0 Komentar

Sate menjadi kuliner khas Indonesia yang cukup populer di luar negeri seperti rendang dan nasi goreng. Sate mudah disukai oleh orang asing karena cita rasanya yang khas. Seperti yang kamu tahu, sate dimasak dengan cara tradisional yakni dibakar di atas arang sehingga aromanya jadi sangat wangi dan khas. Ditambah lagi penambahan bumbu kacang yang legit sehingga bisa menambah kelezatannya. Sate selalu disajikan bersama dengan lontong, acar, dan taburan bawang goreng di atasnya. Terlepas dari cita rasa sate, tahukah kamu asal muasal dari kuliner yang satu ini?


 Sumber : Pergikuliner.com


Jika ditelusuri dari segi sejarahnya, sate merupakan hasil modifikasi dari kebab. Lho kok bisa? Indonesia merupakan negara yang letaknya sangat strategis sehingga sering dijadikan sebagai tempat berlabuh oleh para pedagang kain dari negara-negara Timur Tengah termasuk Turki pada zaman dahulu. Mereka yang berlayar dan singgah di Indonesia ini sering membawa kebab yang menjadi salah satu kuliner khas negara Timur Tengah. Tapi kebab yang mereka bawa bukanlah kebab yang kamu kenal sekarang ini, melainkan kebab yang merupakan daging domba atau sapi yang ditusuk dan dipanggang hingga matang.


Sumber : Pergikuliner.com


Pada saat itu, masyarakat Indonesia masih belum mengenal metode memasak dengan cara dibakar. Kebanyakan kuliner Indonesia hanya direbus atau dikukus saja. Setelah kedatangan para pedagang dari Timur Tengah inilah, masyarakat Indonesia mulai memasak daging dengan cara dibakar. Nama sate sendiri berasal dari bahasa India Tamil, catai yang berarti daging. Berhubung di Indonesia sangat gemar menggunakan bumbu kacang, maka sate yang awalnya hanya merupakan daging bakar polos kemudian diberi siraman saus kacang.


Sumber : Pergikuliner.com


Alhasil, inovasi tersebut ternyata membuahkan hasil karena ternyata tak hanya masyarakat Indonesia saja yang sangat gemar menyantap sate, tapi juga orang-orang luar negeri pun selalu menyempatkan untuk mencicip sate saat berpergian ke Indonesia. Berhubung keberadaan sate di Indonesia sudah dari jaman nenek moyang, maka tak heran jika ada banyak sekali jenis sate yang ada di Indonesia, mulai dari sate ayam, sate kambing, sate lilit, sate padang, hingga sate taichan yang populer tahun kemarin.

 

Buat kamu yang ngiler kepengen makan sate setelah membaca artikel ini, bagaimana jika mampir dulu ke salah satu tempat makan sate enak di bawah ini!

Sate & Seafood Senayan

Foto Sate & Seafood Senayan

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Pondok Sate Surya

Foto Pondok Sate Surya
Foto Pondok Sate Surya

Sate Padang H. Ajo Manih

Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih
Foto Sate Padang H. Ajo Manih

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?