Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejarah Singkat Cannoli, Pastry Klasik Dari Italia

List Artikel
16 Februari 2021 | 0 Komentar

Ada berbagai macam kuliner Italia lezat yang populer di dunia. Sebut saja pizza, pasta, gelato, tiramisu, dan masih banyak lagi. Berbicara tentang kuliner khas Italia, ada satu pastry yang bernama cannoli. Cannoli ini adalah pastry klasik dari Italia yang keberadaannya di Indonesia mulai banyak kita jumpai, terutama di bakery ternama di Ibu Kota. Cannoli merupakan pastry klasik yang asalnya dari kota Sisilia, salah satu daerah yang terletak di bagian Selatan Italia. Cannoli dikenal dengan bentuknya yang unik yakni berbentuk seperti pipa dengan kedua bagian ujungnya yang diisi dengan krim sehingga terlihat dari luar. Bentuknya yang seperti pipa tabung inilah yang membuat kuliner ini dinamakan dengan nama cannoli yang asalnya diambil dari nama cannoli yang artinya adalah tabung kecil.



Sumber: Viva.co.nz


Cannoli ini dibuat dari bahan dasar tepung, mentega, gula, dan telur. Cara pembuatannya tak jauh berbeda dengan pastry-pastry kebanyakan sehingga menghasilkan tekstur sangat garing karena termasuk dalam golongan pastry kering dan renyah. Saat kamu menggigitnya, maka akan ada perpaduan dua tekstur sekaligus, yakni garing dari kulit dan lembut dari krim yang ada di dalamnya. Krim yang ada di dalam cannoli kebanyakan dibuat dari bahan krim keju dari keju ricotta atau mascarpone. Perpaduan isian ini menjadikan cannoli memiliki campuran rasa asin gurih dan manis. Menjadi pastry yang terkenal dari Sisilia, tahukah kamu kalau cannoli ini dianggap sebagai simbol maskulinitas bagi masyarakat setempat. Ternyata ada kisah unik di baliknya.



 Sumber: Taste.com.au


Menurut sejarah,sekitar 1000 tahun kerajaan Arab menguasai kota Caltanisetta yang ada di Sisilia. Pada masa itu, kaum perempuan setempat disuruh untuk membuat sajian manis yang akan disuguhkan untuk para pemimpin kerajaan sebagai lambang maskulinitas dan kekuasaan. Lalu dibuatlah kue dengan bahan dasar tepung, gula, dan mentega yang bagian dalam diisi dengan keju ricotta karena jenis keju ini sangat mudah dijumpai di daerah tersebut dan dibuat dalam jumlah banyak. Bentuk dari cannoli ini diduga terinspirasi dari bentuk tongkat yang sering digunakan oleh para raja. Tapi ada cerita lain yang menjelaskan mengenai pastry klasik dari Italia ini. Konon, cannoli ini sudah ada pada zaman era Yunani Kuno ini justru bukan menyimbolkan maskulinitas, tetapi sebagai simbol kesuburan perempuan. Jadi diduga, selama peringatan Thesmophoria untuk menghormati dewi Persefone dan Demeter, orang-orang membuat kue cannoli sebagai bentuk persembahan kepada dua dewa tersebut yang menjadi lambang kesuburan.


 

Sumber: Imperialsugar.com


Di masa kini kebiasaan tersebut  dilakukan pada saat perayaan festival, parade, dan pesta topeng yang dilakukan di Sisilia serta beberapa daerah yang ada di Italia. Jadi ketika ada perayaan-perayaan tersebut, pastry klasik dari Italia ini selalu muncul dan hadir sebagai salah satu kue yang disantap sebagai camilan maupun starter sebelum mengawali makan besar. Meski asalnya dari Italia, tapi cannoli ini juga populer di Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan ada imigran asal Italia yang memperkenalkannya kepada masyarakat setempat. Hingga kini, cannoli sudah banyak dijumpai, tak hanya di Italia dan Amerika saja, tetapi juga di beberapa negara seperti Indonesia.


Itu dia sejarah singkat tentang cannoli, pasrty klasik asal Italia. Saat ini sudah banyak toko kue di Indonesia yang menjual ragam sajian pastry enak. Nah, buat teman kuliner yang ingin membeli pastry untuk cemilan atau bingkisan, bisa langsung mampir ke tempat-tempat di bawah ini ya!

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Chicory European Patisserie

Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie

Mihimihi

Foto Mihimihi
Foto Mihimihi
Foto Mihimihi

Olive Tree House of Croissants

Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?