Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sejarah Unik Nasi Ayam Hainan yang Pernah Jadi Rebutan Tiga Negara

List Artikel
16 Maret 2022 | 0 Komentar

Nasi ayam Hainan merupakan salah satu makanan yang sering kita jumpai di restoran Malaysia atau Singapura. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar ayam dan nasi. Jadi, ayam utuh akan dimasak dalam air dan rempah dalam waktu yang terbilang cukup lama. Biasanya rempah yang wajib digunakan adalah bawang putih dan jahe, tapi ada juga bumbu tambahan lainnya. Nantinya air dari rebusan ayam akan digunakan untuk memasak nasi. Setelah matang, nasi akan disajikan dbersama dengan ayam yang sudah diiris-iris, pokcoy atau mentimun, dan aneka saus. Selain disajikan begitu saja, ayam yang sudah direbus hingga matang ini akan diolesi dengan aneka saus lalu lalu dipanggang hingga bagian luarnya garing. Menjadi kuliner yang kepopulerannya sangat mendunia membuat nasi ayam Hainan ini selalu perbincangan hangat, terutama jika membicarakan tentang sejarah atau asal usulnya.

 

Menjadi Rebutan Negara Malaysia, Singapura, dan China



Sumber: gotravelly.com


Hingga saat ini tidak diketahui secara pasti asal usul dari nasi ayam Hainan karena ada tiga negara yang mengklaim keaslian dari kuliner ini, yakni Malaysia, Singapura, dan China. Ketiganya sama-sama memiliki sejarah tersendiri tentang nasi ayam Hainan sehingga tak heran kalau Malaysia, Singapura, dan China mengklaim kalau kuliner ini berasal dari negara mereka. Perdebatan tentang asal negara dari nasi ayam Hainan ini bahkan melibatkan para pakar sejarah karena menyangkut warisan budaya dari suatu negara. Tapi sayangnya hingga sekarang masih belum ada titik terang mengenai dari mana asal sejarah unik nasi ayam Hainan.

 

Wen Chang Chicken adalah Asal Muasal Nasi Ayam Hainan



Sumber: reservasiku.com


Nasi ayam Hainan diduga berasal dari sebuah pulau di China yang bernama Pulau Hainan. Masyarakat setempat di pulau ini memiliki sebuah hidangan tradisional yang bernama wen chang chicken yang tampilan dan rasanya mirip dengan nasi ayam Hainan. Ciri khas dari wen chang chicken adalah penggunaan ayamnya. Ayam yang digunakan harus khusus ayam yang berkeliaran bebas di Pulau Hainan. Ayam di pulau ini memakan kelapa yang jatuh dari pohonnya dan juga mengonsumsi kulit kacang. Inilah yang membuat tekstur dan rasa daging ayamnya berbeda dari ayam kebanyakan. Konon masyarakat di Pulau Hainan yang merantau telah membawa kuliner tradisional mereka yakni wen chang chicken ke negara-negara Asia Tenggara sehingga diduga inilah asal dari nasi ayam Hainan.

 

Ternyata Nasi Ayam Hainan Sudah Ada Lebih Dulu di Malaysia



Sumber: pinimg.com


Sedangkan Malaysia sendiri juga mengklaim tentang keberadaan asal dari nasi ayam Hainan. Pasalnya nasi ayam Hainan diklaim sudah ada di negara Malaysia sejak 1920-an. Diduga, nasi ayam Hainan adalah hasil adaptasi dari kuliner wen chang chicken karena terdapat beberapa perbedaan yang digunakan dalam bahan serta bumbunya. Contohnya saja jenis ayam yang digunakan, lalu adanya penambahan daun pandan dan bahan lainnya.

 

Keberadaannya di Singapura



Sumber: pergikuliner.com


Seperti yang kita ketahui kalau nasi ayam Hainan lebih dikenal sebagai salah satu makanan khas Singapura. Salah satu alasan mengapa nasi ayam Hainan ini lebih kita sebagai kuliner khas Singapura adalah karena nasi ayam Hainan ini lebih banyak kita jumpai di negara Singapura ketimbang di Malaysia. Ketika Singapura memisahkan diri dari Federasi Malaysia di tahun 1965, diduga Singapura turut membawa serta nasi ayam Hainan sehingga tak heran kalau kuliner ini juga diklaim sebagai salah satu kuliner khas Singapura. Nasi ayam Hainan pertama kali muncul di Singapura pada sekitar tahun 1940-an di sebuah restoran bernama Swee Kee Chicken Rice. Tempat makan ini sangat populer di kalangan para wisatawan. Tak heran kalau wisatawan mengira kalau nasi ayam Hainan ini berasal dari Singapura.  

 

Itulah sekilas sejarah unik nasi ayam Hainan yang pernah menjadi rebutan tiga negara. Menurutmu, nasi ayam Hainan sendiri berasal dari negara mana?

 

Hang Tuah Kopi & Toastery

Foto Hang Tuah Kopi & Toastery
Foto Hang Tuah Kopi & Toastery
Foto Hang Tuah Kopi & Toastery

Harum Segar

Foto Harum Segar
Foto Harum Segar
Foto Harum Segar

Nasi Ayam Singapore

Foto Nasi Ayam Singapore
Foto Nasi Ayam Singapore
Foto Nasi Ayam Singapore

Wee Nam Kee

Foto Wee Nam Kee
Foto Wee Nam Kee
Foto Wee Nam Kee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?