Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Selai dan Spread, Sama-sama Olesan Roti Tapi Apa yang Membedakannya?

List Artikel
7 November 2018 | 0 Komentar

Suka makan roti? Roti menjadi sumber karbohidrat yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia selain nasi. Biasanya roti disantap dengan menggunakan olesan mentega, meises, keju parut, selai, spread, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu apa perbedaan dari selai dan spread? Selai dan spread merupakan olesan roti yang paling banyak digunakan. Keduanya sama-sama dijual dalam bentuk toples. Tapi tahukah kamu kalau kedua jenis olesan roti ini ternyata berbeda satu sama lain, baik itu dari segi tekstur dan proses pembuatannya. Lantas apa perbedaannya?



 Sumber : Simplygluten-free.com


Masyarakat Indonesia terbiasa mengenal olesan roti yang dijual dalam toples dengan nama selai atau jam. Sebut saja selai strawberry, selai cokelat, selai kacang dan lain sebagainya. Pada dasarnya, selai terbuat dari campuran dasar air atau water base dan buah-buahan yang dimasak hingga tekstur buah menjadi lembut lalu ditambahkan dengan gula dan petcin sehingga ada campuran rasa asam buah alami dan juga manis. Setelah dibuka, selai biasanya hanya tahan hingga 3 bulan lamanya sehingga kamu harus menyimpannya dalam suhu sekitar 20 derajat celcius.



Sumber : Pergikuliner.com


Sedangkan spread bisa tahan disimpan dalam suhu udara hingga 30 derajat celcius. Selain itu spread juga akan menjadi agak keras jika disimpan di kulkas karena spread terbuat dari bahan dasar minyak atau oil base sehingga memiliki tekstur yang lebih kental dan padat jika dibandingkan dengan selai. Cita rasanya juga lebih creamy dan legit. Beberapa jenis spread yang terkenal di dunia adalah peanut spread, chocolate spread, cheese spread, dan masih banyak lagi.

 

Jadi sekarang kamu bisa membedakan kan antara selai dan spread? Jangan keliru lagi ya teman PergiKuliner. Nah jika kamu ingin segera menyantap roti-roti tersebut, mampir saja ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini ya!

Roti Eneng

Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng
Foto Roti Eneng

Dapoer Roti Bakar

Foto Dapoer Roti Bakar
Foto Dapoer Roti Bakar

Roti Bakar 88

Foto Roti Bakar 88

Roti Srikaya & Bakpao Achin

Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin
Foto Roti Srikaya & Bakpao Achin

Kedai Roti Kobi

Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?