Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Selain Enak, Ini Manfaat Sarapan Bubur Buat Kesehatan!

List Artikel
13 Oktober 2018 | 0 Komentar
Bubur merupakan hidangan populer yang biasa disajikan sebagai menu sarapan. Hampir semua negara di Asia mempunyai hidangan bubur lho. Di Jakarta sendiri, bubur merupakan menu sarapan favorit bagi sebagian besar masyarakatnya. Makanan yang terbuat dari beras yang diolah ini memiliki tekstur yang lembut, kemudian disajikan dengan tambahan kerupuk, cakwe, dan ayam suwir sebagai pelengkapnya. Bukan hanya membuat perut kenyang sampai jam makan siang, ternyata ada banyak manfaat sarapan bubur lho buat kesehatan. Buat kamu pecinta bubur, ini ada beberapa manfaat sarapan bubur bagi tubuh.


Sumber : PergiKuliner.com

1. Sistem Pencernaan
Bubur dipercaya dapat menghangatkan sistem pencernaan, termasuk lambung dan limpa. Limpa memiliki bagian penting, dari sistem kekebalan tubuh manusia. Agar tubuh dan limpa berfungsi dengan baik, nutrisi yang terdapat dalam bubur dapat membantu mengoptimalkan fungsi organ. Makanan ini juga memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah di cerna dan memudahkan proses pencernaan anda. Jika mengalami gangguan pencernaan, makan semangkuk bubur adalah salah satu cara terbaik untuk memerangi kesengsaraan perut.

2. Menyembuhkan Demam
Makan bubur nggak hanya mengisi perut, tetapi juga memberikan energi untuk melawan infeksi. Bubur memiliki sifat meningkatkan kekebalan tubuh dan antioksidan yang membantu memerangi demam. Hal inilah yang membuatnya baik untuk dikonsumsi.

3. Menurunkan Berat Badan
Makan semangkuk bubur dapat membantu menurunkan berat badan. Bubur merupakan makanan rendah kalori, sehingga dapat menjaga asupan kalori Anda. Kandungan kalori yang rendah akan bermanfaat untuk mencegah rasa lapar sehingga nggak akan membuat gemuk meskipun rutin mengkonsumsinya.

4. Mencegah Sembelit
Sembelit merupakan kelainan pada sistem pencernaan yang menyebabkan kesakitan pada saat buang air besar. Namun hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi bubur. Makanan satu ini penuh dengan bakteri baik yang membantu pertumbuhan bakteri usus, serta melunakan tinja karena kadar air yang tinggi. Selain itu, mengkonsumsi bubur juga dapat mengurangi rasa sakit perut yang disebabkan oleh sembelit.

5. Menghilangkan Stres
Makan bubur untuk sarapan setiap hari nggak hanya meningkatkan kesehatan usus, tetapi juga penghilang stres. Bubur mengandung bakteri probiotik, antioksidan dan lemak baik, sehingga membantu otak mengatasi rasa sakit dan emosi dengan meningkatkan mood sehingga suasana hati kamu membaik.

6. Menjaga Sistem Imun Tubuh
Sistem imun merupakan suatu sistem dalam tubuh yang bekerja untuk melawan bakteri, penyakit atau racun yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menjaga sitem imu, kamu bisa rutin mengkonsumsi bubur ayam ini. Kandungan mineral dalam makanan dapat membantu menjaga sistem imunitas tubuh.

7. Mencegah Diabetes
Makan bubur secara teratur juga dapat membantu menstabilkan tingkat gula darah dan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Penyakit ini biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki berat badan berlebih dan kurang gerak fisik. Biasanya pola hidup yang tidak aktif juga menjadi penyebab terjadinya penyakit ini. Kandungan serat dalam bubur dapat memperlambat sistem tubuh dalam menyerap gula dari makanan. Gula darah yang terkendali sama artinya menurunkan risiko terjangkit penyakit jantung, ginjal, hingga stroke.

Nah, itu dia manfaat sarapan bubur bagi kesehatan. Buat kamu pecinta bubur, senang dong ternyata makanan favorit kalian ini ternyata banyak manfaatnya. Yuk, kita sarapan bubur di beberapa referensi tempat makan bubur di bawah ini! Selain ngenyangin sampai makan siang, juga bikin sehat lho!

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1

Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong

Foto Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong
Foto Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong
Foto Bubur Ayam Samping BCA Khas Mayong

Bubur Ayam Barito

Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito
Foto Bubur Ayam Barito

Bubur Ayam Tangki 18 Aguan

Foto Bubur Ayam Tangki 18 Aguan
Foto Bubur Ayam Tangki 18 Aguan
Foto Bubur Ayam Tangki 18 Aguan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?