Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Selain Indonesia, Ini 7 Jenis Nasi Goreng dari Berbagai Negara yang Tak Kalah Lezat

List Artikel
25 Oktober 2016 | 0 Komentar

Nasi goreng Indonesia menjadi salah satu masakan yang terkenal hingga ke mancanegara. Ternyata nasi goreng tak hanya dimiliki oleh Indonesia lho, hampir semua negara di Asia mempunyai masakan nasi gorengnya masing-masing. Meski namanya serupa, rasa yang ditawarkan setiap jenisnya berbeda karena memiliki bumbu dan rempah yang berbeda. Untuk kamu yang penasaran ingin tahu seperti apa nasi goreng di negara Asia lainnya, yuk simak ulasannya di bawah ini:



1. China



Sumber: jdfoodiary.com


Nasi goreng konon berasal dari China. Menyebarnya nasi goreng ke negara-negara Asia lainnya diduga karena orang China yang bermigrasi ke berbagai negara. Nasi goreng China yang paling populer adalah nasi goreng Yang Chow yang sudah ada sejak 4000 SM. Nasi goreng Yang Chow dimasak dengan menggunakan udang, daging babi, daun bawang, jamur, serta telur. Selain nasi goreng Yang Chow masih ada nasi goreng Fujian dari Hongkong yang diberi saus kental.



2. Jepang



Sumber: nasilemaklover.blogspot.co.id


Nasi goreng khas Jepang yang disebut yakimeshi, konon sudah ada sejak tahun 1860-an saat imigran China datang di Kobe. Yakimeshi berawal dari nasi sisa yang dimasak dengan menggunakan bumbu bawang putih, bawang bombay, daun bawang, soy sauce, saus tiram, garam, lada, serta telur. Selain yakimeshi, ada chahan yang memiliki ciri khas penggunaan katsuoboshi dan minyak wijen.



3. Thailand



Sumber: pergikuliner.com


Olahan nasi goreng di Thailand disebut dengan khao pad yang menggunakan beras khusus yakni beras Thai jasmine dengan aroma yang wangi. Beras yang sudah diolah menjadi nasi tersebut dimasak dengan bumbu soy sauce, gula, garam, saus cabai, serta kecap ikan. Untuk tambahannya ada udang, ayam, kepiting, telur, daging babi, hingga aneka sayuran. Khao pad ini punya beberapa jenis seperti khao pad maphrao yang menggunakan tambahan kelapa, khao pad sapparot yang menggunakan tambahan nanas, serta khao pad kaprao yang menggunakan tambahan daun basil.



4. Korea Selatan


Sumber: foodrecipe.com


Korea Selatan punya menu nasi goreng yang sangat khas yakni kimchi bokkeumbap. Seperti namanya, nasi goreng ini menggunakan kimchi sebagai bahan pelengkapnya. Kimchi bokkeumbap merupakan nasi yang dimasak dengan kimchi, gochujang, daun bawang, serta telur. Agar lebih nikmat, nasi goreng ini ditambahkan taburan rumput laut kering dan biji wijen sangrai.



5. Myanmar



Sumber: chumkieskitchen.com


Di Myanmar, nasi goreng disebut dengan htamin gyaw. Untuk memasak nasi goreng ini harus menggunakan beras lokal dengan butiran yang pendek. Htamin gyaw dimasak dengan cara yang sangat simple, yakni menggunakan bawang bombay, bawang putih, kecap, garam, serta tambahan daun bawang.



6. Filipina


Sumber: kawalingpinoy.com


Tak mau kalah dengan negara Asia lainnya, Filipina juga punya nasi goreng khasnya yang dinamakan sinangag. Nasi goreng ini terbuat dari nasi putih biasa yang dimasak dengan bawang putih, garam, dan lada. Yang unik dari sinangag adalah nasi goreng ini disajikan dengan aneka lauk pauk dalam bentuk kering. Sinangag sangat populer di Filipina sebagai menu sarapan.

 


7. Vietnam


Sumber: kimson.com


Nasi goreng di Vietnam dikenal dengan nama com chien yang dibuat dengan sangat mudah yakni dengan bumbu bawang putih, garam, lada, serta soy sauce yang ditambahkan dengan potongan daging, telur, serta aneka sayuran. Rasa com chien menjadi unik dan berbeda dengan nasi goreng Asia lainnya karena ada tambahan daun ketumbar di dalamnya.


Nasi Goreng Gila Buana Mas Maulud

Foto Nasi Goreng Gila Buana Mas Maulud
Foto Nasi Goreng Gila Buana Mas Maulud

Nasi Goreng Mafia

Foto Nasi Goreng Mafia
Foto Nasi Goreng Mafia
Foto Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Thole Kitchen

Foto Nasi Goreng Thole Kitchen
Foto Nasi Goreng Thole Kitchen

Nasi Goreng Pak Gendut

Foto Nasi Goreng Pak Gendut
Foto Nasi Goreng Pak Gendut
Foto Nasi Goreng Pak Gendut

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?