Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Selain Sate, Ini Dia 5 Kuliner Dunia yang Disajikan dengan Cara Ditusuk

List Artikel
25 Oktober 2018 | 0 Komentar

Jika kamu mendengar kuliner yang disajikan dengan cara ditusuk, pasti yang terbayang dalam benak kamu adalah sate. Sate merupakan kuliner khas Indonesia yang terbuat dari daging yang dipotong-potong lalu ditusuk dan dibakar di atas bara arang lalu diberi saus kacang. Selain Indonesia, ternyata di negara lain ada juga lho kuliner yang disajikan dengan cara ditusuk. Kuliner yang ditusuk ini biasanya menggunakan tusukan yang terbuat dari bambu yang sudah dihaluskan di bagian pinggirannya, tapi sedikit ditajamkan di bagian ujungnya. PergiKuliner kali ini sudah mencari tahu lima kuliner dunia apa saja yang disajikan dengan cara ditusuk, simak yuk!

 

1. Corndog



Sumber : Thehappening.com


Kuliner yang pertama adalah corndog yang berasal dari Amerika. Dinamakan corndog karena bentuknya yang mirip dengan jagung, Corndog sebenarnya terbuat dari sosis yang bagian luarnya dilapisi adonan tepung jagung. Corndog termasuk cemilan yang selalu ada pada saat acara festival karena mudah dimakan, bahkan kamu bisa menyantapnya sambil berjalan kaki dengan hanya memegang tusuknya. Teksturnya sudah pasti renyah diluar karena digoreng, sementara bagian dalamnya tetap lembut. Corndog disantap dengan tambahan mustard, mayonaise, atau saus sambal.

 

2. Odeng



Sumber : PergiKuliner.com


Dari Amerika, kita beralih ke Korea Selatan. Kuliner satu ini bisa dengan mudah kamu jumpai di gerobak-gerobak pinggir jalan karena odeng termasuk dalam kategori street food. Odeng terbuat dari campuran daging ikan giling dengan tepung dan aneka bumbu lainnya yang kemudian dibentuk dan dicetak menjadi lembaran. Sebelum direbus, lembaran tersebut dilipat-lipat dan ditusuk dengan tusukan bambu yang ukurannya cukup besar. Odeng disajikan dengan kuah rebusan yang di dalamnya terdapat lobak, daun bawang, rumput laut, dan ikan teri. Di Jepang, odeng disebut dengan oden.

 

3. Dango



Sumber : Gatsuone.blogspot.co.id


Jepang memang memiliki banyak kuliner yang dimasak dengan cara ditusuk, sebut saja yakitori yang sering dijuluki dengan nama sate khas Jepang. Yakitori menjadi kuliner favorit untuk disantap di malam hari. Selain yakitori, ada dango yang merupakan kue berbentuk bulat yang terbuat dari bahan baku tepung beras yang di dalamnya diberi isian gula. Setelah dibentuk jadi adonan yang bulat, dango kemudian ditusuk dengan tusukan bambu. Satu tusuknya terdapat tiga hingga empat butir  dango yang memiliki warna beragam.

 

4. Tornado Potato



Sumber : Macheesmo.com


Kalau di Amerika, corndog sangat identik dengan kuliner festival Amerika, sedangkan tornado potato sangat identik dengan kuliner festival di Korea Selatan. Kuliner ini hanya terbuat dari kentang yang dibumbui dengan garam dan bubuk perasa lainnya. Tornado potato memiliki bentuk yang unik yakni melingkar-lingkar seperti angin tornado sehingga dinamakan tornado potato. Untuk dapat membuat bentuk yang melingkar-lingkar ini, kamu nggak bisa mengerjakannya secara manual karena dibutuhkan sebuah alat khusus yang membentuknya.

 

5. Elote



Sumber : Mexicanappetizerandmore.com


Terakhir ada elote yang berasal dari Meksiko. Elote merupakan jagung yang dipotong dan ditusuk dengan tusukan bambu lalu dibakar hingga matang dan dilumuri dengan mayonaise, bawang putih, keju, saus sambal, dan parsely. Jika ingin rasanya lebih pedas, biasanya elote akan ditambahkan dengan bubuk cabai. Tapi jika ingin ada tambahan rasa asamnya, biasanya orang Meksiko menyantapnya dengan perasan air jeruk nipis. Kuliner ini selalu tersaji saat acara festival serta acara barbeque.

 

Itu dia lima kuliner dunia yang disajikan dengan cara ditusuk, terlihat nikmat bukan? Buat kamu yang sudah nggak sabar ingin mencobanya, langsung saja yuk kunjungi beberapa referensi tempat makan di bawah ini!

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Samjin Amook

Foto Samjin Amook
Foto Samjin Amook
Foto Samjin Amook

Shao Kao

Foto Shao Kao
Foto Shao Kao
Foto Shao Kao

Shigeru

Foto Shigeru
Foto Shigeru

Old Chang Kee

Foto Old Chang Kee
Foto Old Chang Kee
Foto Old Chang Kee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?