Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Semangka Merah vs Kuning, Lebih Suka yang Mana?

List Artikel
3 Oktober 2019 | 0 Komentar

Semangka menjadi salah satu buah yang punya kadar air sangat tinggi. Oleh karena itu semangka sangat identik dengan buah musim panas karena memang akan terasa sangat lezat jika kamu santap siang-siang di tengah teriknya panas sinar matahari untuk menghalau dahaga. Semangka kebanyakan disantap begitu saja, tapi ada juga yang menjadikannya jus atau es buah supaya citarasanya jadi lebih kaya lagi. Dengan makan semangka, maka kamu bisa terhindar dari dehidrasi. Tak hanya itu saja manfaat yang bisa didapat, ada kandungan vitamin C, kalsium, magnesium dan vitamin lainnya yang bagus untuk tubuh. Berhubung kadar airnya tinggi dan kadar lemaknya sangat rendah, maka semangka juga sering dijadikan cemilan bagi orang yang sedang berdiet.


Sumber : Freepik.com


Selama ini buah semangka sangat identik dengan warna merah karena memang pada bagian dalam buahnya ini berwarna kemerahan. Tapi ternyata ada juga buah semangka yang bagian dalamnya berwarna kuning lho. Lantas apa perbedaannya? Jika dilihat dari tampilan luarnya, tak ada yang berbeda dari kedua jenis semangka ini karena sama-sama memiliki kulit buah yang berwarna hijau muda dan hijau tua dengan guratan-guratan garis yang melingkarinya. Barulah setelah kamu membelahnya akan terlihat daging buah yang berbeda warnanya. Keduanya ini sama-sama memiliki varietas biji dan non biji. Cita rasanya juga tidak terlalu berbeda. Hanya saja untuk semangka merah, cita rasanya agak sedikit lebih manis jika dibandingkan dengan semangka kuning. Tapi bukan berarti semangka kuning ini tidak manis lho. Semangka kuning yang ditanam dengan benar juga memiliki cita rasa manis alami yang bisa membuat kamu merasakan kelezatannya.



 Sumber : Indochinavoyage.com


Perbedaan dari semangka merah dan kuning bisa dilihat dari segi kandungan vitamin dan gizi yang ada di dalamnya. Dalam setiap 100 gram semangka merah mengandung fosfor, magnesium, zat besi, selenium, folat, vitamin B6, C, E dan K. Tak hanya itu, protein, niasin dan serat. Pada semangka kuning, kamu juga bisa mendapatkan kandungan vitamin tersebut, janya saja ada tambahan kandungan vitamin lain seperti sam amino, likopen, kalium, vitamin A dan C yang sangat tinggi. Berhubung ada sedikit perbedaan dari segi kandungan gizinya, maka sudah pasti manfaat yang diberikan keduanya ini berbeda-beda. Untuk semangka kuning yang mengandung serat alami dan gula sangat aman untuk penderita diabetes. Ditambah lagi adanya kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada semangka kuning sehingga bagus untuk menjaga kesehatan mata, tekanan darah tinggi, mencegah stroke, serta menjaga kesehatan jantung. Sedangkan untuk semangka merah bisa mencegah kanker, sembelit, mengatasi dehidrasi, mengatasi nyeri otot serta peradangan. Kamu juga bisa mendapatkan sumber kolagen alami dari semangka merah.

 

Jadi sekarang sudah tahu bukan apa saja perbedaannya? Meski ada perbedaan sedikit dari segi manfaatnya, tapi keduanya ini sama-sama bagus dikonsumsi dan bisa menyehatkanmu. Jadi tak ada salahnya menyantap keduanya bukan? Nah, kalau kamu sendiri lebih suka menyantap semangka merah atau kuning? Jika kamu ingin menyantap aneka hidangan buah yang lainnya, kamu bisa mendatangi salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Muju Avenue

Foto Muju Avenue
Foto Muju Avenue

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

PUSH Juice

Foto PUSH Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?