Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Alami Gusi Berdarah? Atasi Saja dengan Menyantap Kuliner Ini

List Artikel
23 April 2018 | 0 Komentar

Bagi seorang pecinta kuliner, memiliki masalah mulut memang sangat merepotkan karena kamu tidak bisa makan dan minum dengan leluasa. Biasanya masalah mulut yang dialami selain sariawan, ada gusi berdarah yang merupakan akibat dari peradangan karena plak yang menumpuk dan menjadi karang gigi. Kuman-kuman yang berada di rongga mulut tersebutlah yang menjadi pemicu utama infeksi pada gusi. Lantas bagaimana menyikapinya? Ternyata gusi berdarah ini bisa kamu atasi dengan menyantap asupan-asupan tertentu yang mengandung vitamin dan zat besi seperti kuliner yang ada di bawah ini:


1. Pisang


Sumber: pergikuliner.com


Pisang mengandung banyak magnesium, potassium, dan mangan yang tinggi sehingga dengan cepat menyembuhkan penyakit radang serta gusi berdarah. Kamu bisa menyantap pisang begitu saja atau diberi tambahan lelehan dark chocolate agar rasanya jadi semakin bervariasi. Penambahan dark chocolate ini juga bisa membantu memulihkan peradangan karena dark chocolate mengandung theobromine yang bagus untuk proses penyembuhan.

 

2. Madu


Sumber: food.ntv.com


Madu memang dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan sehingga sering digunakan dalam pengobatan. Dalam madu alami terkandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Madu berfungsi untuk mencegah berkembangnya bakteri dalam rongga mulut sehingga bisa pendarahan pada gusi. Santap madu begitu saja atau kamu campurkan dalam smoothies pisang atau susu.

 

3. Susu


Sumber: pergikuliner.com


Kalau minuman yang satu ini sudah pasti memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Susu dapat mencegah perkembangan bakteri dalam mulut yang bisa memperparah gusi berdarah. Kamu bisa mengonsumsi susu setiap harinya dengan tambahan madu sebagai pemanis alami. Hindari penggunaan gula buatan agar khasiat susu jadi lebih terasa.

 

4. Keju


Sumber: pergikuliner.com


Sebagai olahan susu, keju memiliki gizi dan manfaat yang tak jauh berbeda. Keju memiliki kalsium dan protein yang tinggi sehingga mampu menjaga enamel gigi dan kondisi gusi. Jenis keju yang bisa kamu santap ada keju parmesan, keju cheddar, hingga keju mozarella yang mudah dijumpai pada olahan makanan seperti pizza, roti bakar, hingga pasta. Kamu juga bisa menyantap keju sebagai dessert yang dipadu dengan pisang bakar.

 

5. Strawberry


Sumber: pergikuliner.com


Strawberry mengandung sumber vitamin C yang sangat tinggi sehingga buah yang bercitarasa asam manis ini bisa dengan cepat meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau daya tahan tubuh meningkat, otomatis kamu akan terhindar dari gusi berdarah. Jika sudah terlanjur terkena gusi berdarah, kamu tetap bisa menyantap strawberry karena vitamin C juga sangat ampuh menyembuhkan penyakit mulut.


6. Mentimun


Sumber: ideegreen.it


Dikenal sebagai lalapan yang sering dijodohkan dengan sambal. Mentimun ternyata memiliki fungsi yang bisa mengontrol keseimbangan asam di dalam mulut sehingga ketika kamu sudah terlanjur terkena gusi berdarah, mentimun bisa menyembuhkannya dengan cepat. Kamu bisa menjadikan mentimun sebagai minuman dengan menyerutnya dan menambahkan air es serta madu sebagai pemanis alami.


7. Teh Hijau


Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada teh hijau yang identik dengan minuman yang bisa menguruskan badan. Teh hijau mengandung zat katerin yang mampu mengatasi radang dan bakteri pada gusi. Minuman yang satu ini sangat anti mikroba sehingga bisa dengan ampuh mengusih kuman dalam mulut. Kamu bisa mengonsumsi secangkir teh hijau secara rutin dengan tambahan madu di pagi hari.


Nah! Itu dia beberapa kuliner yang bisa atasi gusi berdarah kamu. Kalau kamu nggak mau menyantap makanan diatas begitu saja, kamu bisa lihat rekomendasi tempatnya di bawah ini!

Milky Snow

Foto Milky Snow
Foto Milky Snow

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Susu Papa

Foto Susu Papa

The Young Dong

Foto The Young Dong
Foto The Young Dong

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?