Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Dijadikan Bekal, Cek Dulu Fakta Seputar Onigiri dari Negeri Sakura Ini!

List Artikel
12 November 2019 | 0 Komentar

Onigiri dikenal sebagai kuliner khas Jepang yang sering muncul pada anime serta manga Jepang. Kuliner ini merupakan nasi kepal yang bisa dijadikan sebagai bekal untuk makan siang maupun pinik. Onigiri bisa dikatakan sangat populer, tak hanya di Jepang saja, tetapi juga di negara-negara lain seperti Indonesia karena memang sangat praktis dan mudah disantap, apalagi bagi orang-orang yang sibuk dan memiliki aktivitas yang padat. Tak perlu datang ke restoran atau tempat makan untuk membeli onigiri karena kuliner ini justru kebanyakan lebih banyak dijumpai di minimarket yang ada di pinggir jalan. Buat kamu yang suka dengan nasi kepal ala Jepang ini, ternyata ada beberapa fakta yang perlu kamu ketahui seputar onigiri, yaitu:



Sumber : Theartfulappetite.com


Onigiri Sudah Ada Sejak Abad ke-11

Menurut sejarah, onigiri ini ternyata sudah ada sejak abad ke-11. Hal ini bisa dibuktikan dari buku harian milik Murasaki Shikibu Nikki dari Murasaki Shikibu yang merupakan novelis serta penyair Jepang pada zaman Heian. Dalam buku tersebut disebutkan kalau ada gumpalan butiran nasi yang sering disantap pada piknik makan siang. Waktu itu onigiri disebut dengan nama tonjiki.

 

Ada Peninggalan Onigiri yang Ditemukan Oleh Arkeolog

Pada tahun 1987, ada onigiri yang ditemukan oleh seorang arkeolog. Onigiri ini ditemukan saat digali di Prefektur Ishikawa. Pada saat itu ada gumpalan nasi yang terkarbonisasi dari peninggalan zaman Yayoi. Inilah yang kerap kali menjadi perdebatan, apakah sebenarnya onigiri sudah ada sebelum abad ke-11? Dalam peninggalan tersebut gumpalan nasi tersebut ditemukan bekas tekanan jari manusia sehingga arkeolog menyimpulkan kalau gumpalan nasi tersebut adalah onigiri.

 

Onigiri Ada Puluhan Jenisnya

Jika ditanya ada berapa jenis onigiri khas Jepang? Jawabannya pasti tidak diketahui secara pasti berapa jenisnya karena memang ada banyak sekali jenis onigiri. Banyaknya jenis onigiri ini dipengaruhi dari perbedaan jenis isian di dalamnya. Ada isian tuna, daging ayam, daging sapi, hingga acar. Beda isian, maka nama jenis onigirinya juga pasti akan berbeda.

 

Onigiri Tidak Dimakan dengan Sumpit

Saat mendengar kata kuliner Jepang, beberapa di antara kita pasti akan mengaitkannya dengan alat makan sumpit karena memang kuliner Jepang rata-rata disantap dengan menggunakan sumpit. Tapi tidak dengan onigiri yang justru akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan tangan. Hal ini dikarenakan bentuknya yang cukup besar sekepalan tangan sehingga susah disantap menggunakan sumpit.

 

Rumput Laut Sengaja Digunakan untuk Pembungkus Onigiri

Mungkin beberapa orang di antara kamu ada yang bertanya-tanya, kenapa onigiri ini pada bagian luarnya kebanyakan menggunakan rumput laut untuk membungkusnya? Ternyata ada alasannya loh. Penggunaan rumput laut ini memang disengaja agar orang bisa lebih mudah menyantapnya karena nasinya tidak akan berantakan ke mana-mana. Ditambah lagi, berhubung bahan utama onigiri adalah nasi dan isiannya kebanyakan adalah protein, maka keberadaan rumput laut bisa menjadi penyumbang serat yang bagus untuk tubuh.

 

Itulah beberapa fakta seputar onigiri yang perlu kamu tahu. Nah, jika ingin menikmati aneka kuliner khas Jepang lainnya, kamu bisa datang ke salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro
Foto Sushi Hiro

Abura Soba Yamatoten

Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten
Foto Abura Soba Yamatoten

Okuzono Japanese Dining

Foto Okuzono Japanese Dining
Foto Okuzono Japanese Dining
Foto Okuzono Japanese Dining

Itacho Sushi

Foto Itacho Sushi
Foto Itacho Sushi
Foto Itacho Sushi

Fujin Teppanyaki & Japanese Whisky

Foto Fujin Teppanyaki & Japanese Whisky
Foto Fujin Teppanyaki & Japanese Whisky
Foto Fujin Teppanyaki & Japanese Whisky

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?