Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Dijadikan Dessert, Ini Manfaat Kesehatan yang Kamu Dapat Dari Dark Chocolate

List Artikel
17 April 2018 | 0 Komentar

Cokelat selalu diidentikkan dengan cemilan yang paling disukai kaum perempuan. Hal ini dikarenakan cokelat sering digunakan sebagai topping atau campuran bahan dessert sepert kue atau es krim. Cokelat pada dasarnya dikelompokkan menjadi tiga jenis, yakni white chocolate, milk chocolate, dan dark chocolate. Perbedaan ketiganya adalah pada campuran bahan, rasa serta warnanya. Dari ketiga jenis cokelat tersebut, dark chocolate menjadi cokelat yang paling sehat untuk dikonsumsi karena kandungan kakao di dalamnya bisa lebih dari 50%. Inilah alasan kenapa dark chocolate memiliki warna lebih gelap dan pekat dibanding jenis cokelat lainnya. Berhubung kandungan kakaonya lebih banyak, sudah pasti rasanya jadi agak pahit. Meski demikian, dark chocolate ini ternyata punya banyak manfaat untuk tubuh kamu, seperti:


Sumber: livemint.com 


1. Mencegah Depresi

Manfaat dari dark chocolate yang satu ini mungkin sudah diketahui oleh orang banyak. Dark chocolate memang bisa mencegah depresi dan menghilangkan stress karena di dalamnya terdapat zat yang bisa meningkatkan hormon endorphine yang bisa menimbulkan perasaan senang pada seseorang. Jadi jangan heran ketika mood pasanganmu bisa membaik setelah menyantap dark chocolate pemberianmu. 

 

2. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Dark chocolate juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan yang ada di dalam dark chocolate ini ternyata dapat memperlambat pembekuan trombosit dalam darah sehingga pengentalan darah bisa dicegah. Manfaat ini bisa didapat jika kamu menyantap dark chocolate dalam keadaan utuh alias tidak dijadikan campuran kue. Tapi kamu masih bisa menyantap dark chocolate yang diberi campuran kacang atau buah-buahan kering kok.

 

3. Menurunkan Kolesterol

Kebanyakan orang sering salah kaprah tentang manfaat dark chocolate karena mereka menganggap cokelat mengandung lemak dan bisa menyebabkan kolesterol meningkat. Berbeda dengan white chocolate dan milk chocolate, sebagian besar kandungan dark chocolate mengandung kakao asli, bukan gula atau susu, maka manfaat dari kakao itu sendiri jadi lebih besar. Dark chocolate bisa menurunkan kolesterol LDL lebih dari 5mg/dl.

 

4. Mencegah Radiasi Matahari

Kalau manfaat yang satu ini memang jarang diketahui orang banyak. Yup, dark chocolate ternyata bisa mencegah dampak radiasi matahari dan melawan sinar UVB yang bisa menyebabkan penuaan dini dan keriput pada kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat flavanol yang sangat bagus untuk kulit. Alasan inilah yang membuat banyak klinik kecantikan yang menerapkan treatment cokelat agar kulit menjadi lebih sehat.

 

5. Menjaga Kesehatan Mata

Zat flavonol dalam dark chocolate ternyata juga bisa menjaga kesehatan mata kamu. Cara kerja zat flavonol ini adalah dengan meningkatkan dan melancarkan aliran darah ke retina sehingga penglihat kamu bisa jadi lebih tajam. Selain itu, dark chocolate juga bisa membantu untuk merilekskan mata yang lelah akibat terlalu lama melihat layar komputer. Jadi setelah seharian bekerja di depan layar komputer, kamu bisa menyeruput secangkir dark chocolate hangat.

 

Dari sekian banyak manfaat yang ada pada dark chocolate, kamu jadi tidak ragu lagi untuk menyantapnya bukan? Jadi, yuk konsumsi aneka makanan dengan berbahan dark chocolate seperti di bawah ini!

Dapur Cokelat

Foto Dapur Cokelat
Foto Dapur Cokelat

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

Colette & Lola

Foto Colette & Lola
Foto Colette & Lola

Chicory European Patisserie

Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?