Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sering Disebut Makanan Tidak Sehat, Ini Dia Fakta Gorengan Sebenarnya!

List Artikel
28 April 2018 | 0 Komentar

Gorengan menjadi salah satu makanan yang sangat identik dengan orang Indonesia. Tak hanya bisa dijadikan camilan, gorengan juga sering dijadikan lauk dalam sajian nasi karena teksturnya yang garing sehingga bisa membuat nafsu makan seseorang jadi bertambah. Menjadi kuliner yang merakyat, gorengan bisa dengan mudah kamu jumpai di pedagang kaki lima pinggir jalan yang menjajakan gorengan di gerobak. Jika dihitung, ada banyak sekali jumlah gorengan yang ada di Indonesia, mulai dari gorengan dengan rasa manis seperti ubi goreng, pisang goreng, singkong goreng, hingga gorengan yang mempunyai rasa asin seperti bakwan, tempe goreng, tahu goreng, cireng, cakwe, perkedel, hingga batagor. Memang bisa dikatakan kalau hampir sebagian besar kuliner yang ada di Indonesia dimasak dengan cara digoreng sehingga pastinya kamu tak akan pernah bisa luput dari menyantap gorengan setiap harinya. Hal inilah yang membuat banyaknya mitos tentang gorengan. Untuk mengecek kebenarannya, bagaimana kalau kamu simak terlebih dahulu beberapa mitos tentang gorengan di bawah ini. Apakah mitos-mitos tersebut merupakan fakta atau hanya mitos belaka?



Sumber : Pergikuliner.com


1. Gorengan Bisa Menyebabkan Batuk

Dari sekian banyak mitos tentang gorengan, mitos tentang gorengan yang bisa menyebabkan batuk adalah yang paling sering dibicarakan. Ketika kamu terserang batuk, maka hal yang pertama dikatakan oleh orang-orang di sekitarmu adalah "jangan-jangan karena kebanyakan makan gorengan". Sebenarnya mitos tersebut benar atau tidak ya? Pada dasarnya gorengan menyebabkan batuk atau tidak tergantung dari minyak yang digunakan. Minyak yang digunakan berkali-kali memang bisa berpotensi menyebabkan batuk karena struktur dan lemak pada minyak sudah berubah. Jadi kalau kamu membeli gorengan di pedagang kaki lima, pastikan terlebih dahulu minyak cukup bening alias tidak berwarna keruh.

 

2. Gorengan Bisa Menyebabkan Jerawat

Mitos kedua tentang gorenga ini banyak diperbincangan oleh para cewek. Mereka percaya kalau makan gorengan bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat karena kadar minyak yang ada di dalamnya. Sebenarnya, timbulnya jerawat ini umumnya disebabkan oleh fluktuasi hormon yang meningkat, tidak rajin mencuci muka, dan efek samping dari penggunaan make up. Jadi kalau kamu jerawatan, jangan lantas "mengkambinghitamkan" gorengan yang telah kamu makan ya!

 

3. Gorengan Bisa Menyebabkan Kegemukan

Tak hanya diidentikkan dengan penyebab jerawat, gorengan juga sering diidentikkan dengan penyebab kegemukan sehingga sangat dihindari ketika sedang berdiet atau menurunkan berat badan. Mitos ini memang ada benarnya karena kandungan minyak yang ada di dalamnya, belum lagi kalau minyak tersebut sudah digunakan berkali-kali. Kebanyakan orang menyantap gorengan saat sedang mengobrol bersama teman atau saat sedang lapar sehingga tanpa mereka sadar, mereka sudah makan gorengan melebihi batas. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, gorengan lantas tidak langsung membuat berat badan kamu bertambah kok.

 

4. Gorengan Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung dan Kolesterol

Ada juga mitos tentang gorengan yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan kolesterol. Perlu kamu ketahui kalau hal ini berlaku karena kebanyakan pedagang gorengan tidak mengganti minyak untuk menggoreng. Padahal, minyak untuk menggoreng masih sehat dan aman digunakan untuk dua hingga tiga kali goreng, sedangkan jika lebih dari itu, maka kandungan lemak jahat pada minyak gorengan bisa menyebabkan beragam penyakit seperti jantung dan kolesterol.

 

5. Gorengan Bisa Menyebabkan Kanker

Tak hanya penyakit jantung dan kolesterol, gorengan juga sering dikaitkan dengan penyebab penyakit kanker. Hal ini bisa menjadi mitos, tapi juga bisa menjadi fakta. Gorengan bisa menyebabkan kanker jika kamu menyantapnya dengan cara yang salah. Misalkan saja membungkus gorengan yang masih panas dengan plastik atau kertas koran. Kedua bahan pembungkus tersebut mengandung zat berbahaya seperti karsiogenik yang bisa mengurai jika terkena panas dari gorengan dan bisa memicu penyakit kanker. Gorengan yang masih panas akan aman jika kamu meletakkannya dalam wadah makanan atau piring.


Nah! Ternyata mitos-mitos tadi ada yang benar dan juga ada yang tidak tergantung dari kebersihan dari gorengan yang kamu makan ya teman PergiKuliner. Dan kalau kamu kepingin makan gorengan tanpa rasa takut, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat dengan menu aneka gorengan di bawah ini!

Bobby Bola Ubi Kopong

Foto Bobby Bola Ubi Kopong
Foto Bobby Bola Ubi Kopong
Foto Bobby Bola Ubi Kopong

Batagor Cuplis

Foto Batagor Cuplis

Cakue Ko Atek

Foto Cakue Ko Atek
Foto Cakue Ko Atek
Foto Cakue Ko Atek

Master Squid

Foto Master Squid

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?